Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Itu E-commerce ? Ini Pengertian, Jenis dan Manfaatnya

Apa Itu E-commerce ? Bagi Anda yang masih awam di dunia teknologi bisnis melalui internet tentu bertanya-tanya sebenarnya apa itu e-commerce dan untuk apa e-commerce itu sebenarnya. Wajar jika Anda ingin mengetahui lebih dalam mengenai apa itu e-commerce dan manfaat e-commerce bagi para penggunanya.

Apa Itu E-commerce

E-commerce sendiri sudah berdiri dan berkembang di dunia internet lebih dari 20 tahun lamanya dimana dalam situs ini menyajikan berbagai produk kebutuhan para pembeli yang dijual secara online. Melalui situs e-commerce seseorang bisa mendapatkan produk yang mereka inginkan sesuai dengan alamat situs e-commerce yang dituju.

Lalu sebenarnya apa itu e-commerce ? dan manfaatnya bagi kita secara umum seperti apa ? Untuk informasi lebih jelasnya kami akan mengulasnya dalam artikel ini. Simak penjelasan kami dibawah ini.

 

Apa itu e-commerce ?

E-commerce adalah sebuah model bisnis yang melakukan penjualan berbagai macam produk kebutuhan konsumen dengan berbagai media elektronik dan internet. Media bisnis yang digunakan bisa menggunakan sarana elektronik seperti televisi, telfon dan internet untuk melakukan berbagai macam aktivitas bisnis.

Pengertian secara umum di zaman sekarang e-commerce lebih di identikan dengan marketplace dan toko online yang memiliki alamat situs domain yang bisa dituju oleh konsumen sehingga konsumen bisa melihat produk yang ditawarkan didalam toko online tersebut.

Baca juga Cara Jualan di Shopee Tanpa Stok Barang

Marketplace dan toko online merupakan salah satu dalam model bisnis e-commerce karena keduanya dijalankan dengan memanfaatkan teknologi internet. Pemahaman masyarkat tersebut dilatar belakangi karena perkembangan teknologi internet sangat berkembang pesat dengan munculnya berbagai situs marketplace jual beli secara online seperti tokopedia, shopee, bukalapak, olx dan lain sebagainya.

 

Perbedaan e-commerce dan marketplace

Banyak yang mengira bahwa marketplace sama dengan e-commerce sebenarnya hal tersebut kurang tepat. Marketplace merupakan salah satu jenis model bisnis di dalam e-commerce yang dimana dalam model bisnis ini dilaukan melalui media internet.

Marketplace merupakan salah satu cara dalam memasarkan produk melalui teknologi digital marketing. Dengan memanfaatkan teknologi internet berbagai macam produk bisa dipasarkan melalui sebuah marketplace yang di dalamnya berisi informasi berbagai jenis produk mulai dari informasi produk, foto produk, harga produk dan sebagainya.

Tidak hanya itu, konsumen juga bisa melakukan transaksi melalui situs marketplace untuk melakukan pembelian barang hingga barang tersebut sampai kerumah Konsumen. Bagaimana sampai sini Anda mulai paham ya tentang apa itu e-commerce ?

Baca juga Jualan Baju Online Tips Sukses untuk Pemula

 

Jenis-jenis e-commerce

Terdapat beberapa jenis e-commerce yang wajib Anda ketahui yang dilakukan dalam beberapa jenis model bisnis ini. Berikut adalah jenis-jenis e-commerce yang wajib Anda ketahui.

1# Business to consumer (B2C) - Apa itu e-commercer model B2C ?

Jenis model e-commerce yang pertama adalah model e-commerce business to consumer dimana jenis ini merupakan jenis bisnis perusahaan yang menjual barang kepada konsumen. Contoh secara langsung tenang jenis bisnis Business to consumer adalah marketplace shopee, blibi lazada.

 

2# Business to business (B2B) - Apa itu e-commerce model B2B ?

Jenis model business to bussiness merupakan model bisnis dimana perusahan menjual produk dan jasa ke perusahaan lainnya. Sehingga tujuan mereka melakukan bisnis memang berkonsentrasi dengan kebutuhan produk  perusahaan. Contoh model e-commerce ini seperti adalah perusahaan yang menjual keperluan alat kantor atau perusahaan yang menjual produk keamanan anti kebakaran gedung.

 

3# Consumer to consumer (C2C) - Apa itu e-commerce model C2C ?

Consumer to consumer atau C2C merupakan jenis e-commerce yang menawarkan produk oleh customer dan dibeli oleh customer lainnya. Model bisnis ini biasanya dilakukan oleh perusahaan berbasi platform atau aplikasi. Contoh model bisnis yang dilakukan dengan sistem ini adalah seperti situs olx dan forum jual beli kaskus.

Baca juga Usaha Makanan Ringan Serba 5000 Ini Layak di Coba !

 

4# Consumer to business (C2B) - Apa itu e-commerce model C2B ?

Model bisnis ini merupakan model bisnis yang dilakukan oleh seseorang yang menawarkan produk dan jasa kepada pelaku bisnis. Tentu untuk melakukan model ini bisa dilakukan langsung oleh individu maupun melalui jasa pihak ketiga.

Model bisnis seperti ini juga banyak dilakukan oleh perusahaan berbasis platform aplikasi, contoh perusahaan yang melakukan dengan sistem model bisnis consumer to business adalah situs pencari kerja freelancer , project.co.id dan upwork.

 

5# Business to public administration (B2A) - Apa itu e-commerce model B2A ?

Model bisnis e-commerce ini adalah model yang dilakukan oleh pelaku bisnis terhadap lembaga pemerintahan. jenis model ini hampir sama sistem kerjanya dengan model bisnis B2B bedanya adalah perusahaan menawarkan produk atau jasa terhadap instansi pemerintahan.

Contoh model bisnis ini adalah seperti perusahaan yang menawarkan jasa pembuatan website pemerintah dan pengadaan komputer untuk instansi pemerintahan.

 

6# Consumer to public administration (C2A) - Apa itu e-commerce model C2A ?

Model bisnis e-commerce yang terakhir yang wajib Anda ketahui adalah consumer to public administration dimana model bisnis ini dilakukan oleh perseorangan yang menawarkan produk terhadap instansi pemerintah.

Jenis bisnis ini jarang ditemui karena untuk melakukan bisnis dengan pemerintah harus terdapat bendera usaha. Biasanya model bisnis ini dilakukan oleh peseorangan dalam bentuk jasa seperti jasa perbaikan atap bocor, wc kantor mampet dan lain sebagainya.

 

Manfaat e-commerce

Dengan adanya e-commerce tentu membawa manfaat bagi masyarakat kususnya konsumen yang ingin mencari produk yang di inginkan. Banyak manfaat yang didapatkan jika terdapat e-commerce di sekitar kita. Manfaat utama dari e-commerce adalah tersedia wadah bisnis untuk mempromosikan produk dengan jangkauan yang lebih luas.

Dengan e-commerce produk yang ditawarkan tidak terbatas ruang dan waktu sehingga model bisnis ini sangat bermanfaat bagi para pelaku usaha baik individu maupun organisasi. Selain itu dengan hadirnya e-commerce juga tercipta berbagai macam jenis pekerjaan baru seperti menjadi seorang reseller atau dropshiper dari berbagai marketplace.

Selain beberapa manfaat diatas tentu masih banyak manfaat lainnya dengan hadirnya sistem bisnis e-commerce. Melalui sistem e-commerce berbagai kemudahaan melakukan bisnis secara online dapat dilakukan serta pengelolaan manajemen bisnis akan lebih mudah.

Baca juga Cara Mulai Bisnis Online untuk Pemula

 

Penutup

Banyak pelaku usaha yang memanfaatkan model bisnis e-commerce melalui website sebagai media promosi digital marketing mereka. Berbagai jenis website dapat dimanfaatkan perusahaan untuk mengembangkan bisnis produk dan jasa yang mereka miliki. Website yang sering digunakan untuk melakukan strategi digital marketing bagi perusahaan contohnya seperti website company profile, website toko online dan website landing page.

Melalui situs website tesebut mempermudah perusahaan dalam digitalisasi produk dan jasa agar lebih dikenal kepada masyarakat yang lebih luas untuk promosi.

Demikian ulasan kampustekno mengenai apa itu e-commerce yang wajib Anda ketahui. Dengan ulasan kami diatas tentu Anda lebih mengetahui tentang pengertian e-commerce serta jenis-jenis e-commerce berserta manfaatnya.

 

Posting Komentar untuk "Apa Itu E-commerce ? Ini Pengertian, Jenis dan Manfaatnya"