Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Itu Reseller? Ini Penjelasan Lengkapnya

 Apa itu reseller ? pertanyaan ini sering muncul bagi seorang yang ingin memulai dalam melakukan bisnis online. Wajar jika Anda adalah seorang yang awam dan belum banyak mengenal kosa kata dibidang dunia online. Selain reseller terdapat juga istilah dropshiper dalam dunia online sehingga sangat banyak sekali bahasa istilah didunia online yang harus Anda pelajari jika ingin terjun kedalam bisnis online.

Ulasan tentang istilah reseller ini tentu akan kami bahas dalam pembahasan yang lebih dalam mengenai dunia reseller dan bagaimana agar Anda bisa menjadi seorang reseller handal untuk memulai bisnis yang Anda geluti nantinya.

Apa Itu Reseller

Lalu sebenarnya apa itu reseller dan bagaimana menjadi seorang reseller? Simak penjelasan kami secara detail dibawah ini.

Baca juga Jualan Baju Online Tips Sukses untuk Pemula

 

Apa itu Reseller ?

Seperti yang telah diketahui bahsa kata reseller berasal dari istilah kata bahasa inggris dimana kata dasarnya adalah seller yang berarti penjual sedangkan kata re- bisa diterjemahkan dengan kata berulang atau kembali. Jika digabungkan maka kata reseller bisa diamaknai dengan penjual kembali.

Atau secara istilah bisa dikatakan reseller adalah seorang penjual yang mendapatkan produk dari produsen barang untuk dilakukan penjualan kembali. Sehingga secara tidak langsung penjual produk memakai produk orang lain untuk berjualan atas nama penjual tersebut.

Bisa disederhanakan juga artinya bahwa seorang reseller adalah seseorang yang menjualkan barang orang lain. Lalu bagaimana sistem reseller tersebut bekerja? jawabannya adalah dengan mengambil margin keuntungan yang harganya kita tentukan sendiri.

Sebagai contoh jika si A mengambil barang dari si B dengan harga 10.000 per barang maka si A menjualnya kembali dengan harga 12.000 per barang sehingga mendapat keuntungan 2.000 perbarang. Sedangkan harga jual tersebut sama dengan harga jual yang dijual si B sebagai produsen.

 

Perbedaan Reseller dan Pedagang

Sebenarnya kalau tidak jeli hampir sama ya antara reseller dengan pedagang. Perbedaan reseller dengan pedangang adalah jika pedangang kulakan barang dengan harga murah lalu dijual dengan harga yang lebih mahal atau harga umumnya sedangkan reseller menjual dengan harga yang sama dengan harga produsen.

Jadi disini sudah ada kesepakatan antara si reseller dengan produsen yang memproduksi barang bahwa jika ada konsumen yang membeli barang langsung ke produsen maupun lewat reseller harganya tetap sama. Inilah yang dinamakan kerjasama dalam berbisnis online sehingga sama-sama diuntungkan antara produsen dan reseller.

Bagaimana sampai sini sudah paham ya maksud dari apa itu reller. Tentu Anda sekarang lebih memahami apa itu reseller dan bagaimana membedakan reseller dengan pedagang secara umumnya.

Baca juga Cara Jualan di Shopee Tanpa Stok Barang Tips Pemula

 

Cara Menjadi Reseller

Untuk menjadi reseller caranya sangatlah mudah banyak platform situs online yang menyediakan berbagai macam produk yang Anda jual untuk menjadi seorang reseller. Untuk menjadi seorang reseller Anda perlu melakukan stok barang dengan demikian Anda harus menacari produsen barang yang sesuai dengan barang yang ingin Anda jual.

Tentu hal ini sama seperti Anda dagang seperti konvensional yang membutuhkan dana untuk membeli produk yang akan dijual. Sebagai contoh jika Anda ingin menjual produk hijab maka Anda harus mencari produsen yang membuat produk hijab. Biasanya banyak produsen hijab yang membuka sistem reseller diseluruh wilayah Indonesia.

Hal ini bisa Anda manfaatkan untuk Anda melangkah berjualan online melalui sistem reseller ini. Jika Anda mencari di Google dengan kata kunci "reseller hijab" maka akan ditemukan banyak produk hijab yang memiliki website menawarkan sistem reseller bagi mereka yang ingin memulai bisnis online.

Baca juga Cara Mulai Bisnis Online untuk Pemula

 

Keuntungan Menjadi Reseller

Jika Anda menjadi seorang reseller banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan terutama jika Anda baru memulai bisnis online. Pertama Anda tidak perlu repot menyiapkan produk sendiri karena produk sudah disediakan oleh produsen.

Keuntungan lainnya adalah Anda tinggal fokus melakukan pemasaran produk dan memanajemen penjualan produk sehingga tidak perlu melakukan manajemen produksi jika barang mau habis. Anda tinggal menyiapkan modal jika produk yang Anda jual mulai habis untuk melakukan restok barang dari produsen.

Selain itu jika Anda menjadi seorang reseller biasanya akan dibantu oleh produsen dalam memasarkan produk untuk tahap awal untuk berbelanja di toko online yang Anda miliki untuk wilayah yang dekat dengan lokasi Anda.

 

Jadi Anda sudah tahu tentang Apa itu reseller?

Demikian artikel kami mengenai apa itu reseller dan bagaimana cara menjadi seorang reseller yang bisa Anda manfaatkan untuk bahan pembelajaran dalam memulai bisnis online. Setelah Anda mengetahui tentang apa itu reseller selanjutnya Anda tinggal melakukan aksi untuk memulai bisnis online yang Anda dambakan.

Tentu semua tergantung pada diri Anda untuk memulai bisnis yang akan Anda mulai agar mendapatkan hasil yang maksimal. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Anda sekian dan terimakasih.

Posting Komentar untuk "Apa Itu Reseller? Ini Penjelasan Lengkapnya"