Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Itu Portofolio Kerja? Berikut Arti, Fungsi dan Manfaatnya

Apa itu Portofolio Kerja ? Bagi Anda yang masih belum memiliki banyak pengelaman pekerjaan tentu bertanya-tanya sebenarnya apa itu portofolio kerja dan seperti apa contoh portofolio kerja yang diharapkan perusahaan untuk menerima karyawan.

Wajar jika Anda adalah seorang fresh graduate yang belum memilili banyak pengalaman sehingga Anda belum memiliki portofolio kerja. Anda tidak perlu berkecil hati karenanya karena membangun sebuah portofolio kerja bukanlan sesuatu yang didapatkan dengan mudah.

Apa Itu Portofolio Kerja

Butuh proses dan pengalaman untuk menghasilkan sebuah portofolio kerja yang bagus, maka dari itu bagi Anda seorang yang baru akan masuk kedunia kerja hal ini menjadi sebuah tantangan untuk Anda lakukan. Berikut akan kami jelaskan dalam artikel ini apa itu portofolio kerja dan bagaimana cara kita agar memiliki sebuah portofolio pekerjaan yang kita lakukan, simak penjelasan kami dibawah ini.

Baca juga Apa Itu Freelance? Berikut Arti dan Contohnya

 

Apa itu Portofolio Kerja ?

Portofolio kerja adalah sebuah hasil yang harus ditunjukan kepada seseorang mengenai pekerjan-pekerjaan yang pernah kita lakukan. Sebuah portofolio memiliki berbagai macam jenis nyabisa berupa portofolio soft skill maupun portofolio hard skill.

Contoh portofolio hard skill adalah dimana Anda memiliki kemampuan membuat desain logo dan Anda sudah mengerjakan banyak desain logo dari perusahan-perusahaan ternama, hasil dari berbagai logo yang Anda buat tersebut bisa dinamkan dengan portofolio kerja.

Sedangkan contoh portofolio kerja soft skill adalah berupa pekerjaan-pekerjaan yang pernah ditangani dari proses A sampai Z biasanya jenis pekerjaan tersebut adalah jenis pekerjaan yang berhubungan dengan manajerial didalam sebuah perusahaan baik dikerjakan dilapangan maupun didalam kantor.

 

Arti Portofolio dalam Bidang Lain

Portofolio sendiri memiliki banyak arti sesuai dengan berbagai latar belakang bidang keahlian. Berbeda jika portofolio dalam konteks karya seni maka bisa diartikan bahwa portofolio adalah kumpulan dari hasil karya seni yang pernah dibuat oleh seroang seniman tersebut.

Selain itu portofolio juga bisa diartikan dalam bidang saham dalam hal ini yang dimaksud portofolio saham adalah sekumpulan investasi saham yang dipegang oleh seorang investor. Bagaimana sampai sini sudah mulai ada gambaran apa itu portofolio?

Dengan memahami berbagai makna portofolio Anda tinggal menganalisa sendiri arti kata portofolio dalam berbagai jenis bidang dengan demikian Anda akan lebih banyak mengetahui tentang arti portofolio sesuai dengan konteks yang dimaksudkan.

Baca juga Apa Itu Investasi ? Ini Pengertian dan Contohnya

 

Fungsi Portofolio

Dalam sebuah portofolio kerja memiliki fungsi yang wajib Anda ketahui, setelah tadi Anda mengenal apa itu portofolio kerja selanjutnya adalah memahami fungsi dari sebuah portofolio. Berikut adalah fungsi dari portofolio kerja.

  1. Sebagai gambaran prestasi yang pernah diraih dalam bidang pekerjaa.
  2. Sebagai dokumentasi pekerjaan yang pernah dilakukan.
  3. Sebagai gambaran keahlian seseorang dalam bidang tertentu.
  4. Sebagai sumber informasi kepada pihak lain yang membutuhkan portofolio kerja.
  5. Sebagai sarana demontrasi secara tertulis lewat portofolio yang dimiliki.
  6. Sebagai penentuan kriteria perusahaan untuk melihat sejauh mana kemampuan seseorang melalui portofolio yang dimiliknya.

 

Manfaat Portofolio Kerja

Setelah Anda mengetahui fungsi dari portofolio kerja, selanjutnya Anda harus memahami seberapa besar manfaat jika Anda memiliki sebuah karya portofolio kerja. Berikut adalah manfaat jika Anda memiliki portofolio kerja.

1# Menggambarkan keahlian

Manfaat pertama yang didapatkan jika Anda memiliki sebuah portofolio pekerjaan adalah perusahaan akan lebih tahu gambaran secara detail keahlian yang Anda miliki. Dengan demikian potensi Anda untuk diterima kerja akan lebih tinggi. Selain itu melalui portofolio pekerjaan juga akan dinilai seberapa pintar Anda dalam menyelesaikan sebuah pekerjaan yang pernah dilakukan.

2# Meingkatkan kredibilitas

Manfaat lainnya jika Anda memiliki portofolio kerja adalah bisa meningkatkan kredibilitas dalam diri Anda dimata orang lain atau perusahaan. Melalui sebuah portofolio orang lain akan melihat Anda bahwa pekerjaan yang sudah dilakukan memiliki hasil yang baik dari membangun kepercayaan terhadap klien, komunikasi terhadap teman kerja hingga hasil akhir sebuah pekerjaan.

3# Memiliki lebih banyak peluang

Dengan portofolio kerja Anda akan memiliki lebih banyak peluang untuk diterima bekerja atau diterima klien dalam pengajukan proposal penawaran pekerjaan. Semakin banyak portofolio yang Ana miliki semakin banyak peluang lolos yang Anda miliki.

4# Sebagai sarana persaingan yang sehat

Dengan memiliki portofolio pekerjaan bisa menjadikan salah satu sarana persaingan yang sehat untuk mendapatkan pekerjaan yang diinginkan. Dalam melamar pekerjaan atau pengajukan proyek tentu banyak kompetitor yang harus kita hadapi maka dari itu kita lampirkan sebuah portofolio pekerjaan agar sebagai pembeda dari yang lain sehingga kita akan lebih perpotensi diterima.

Baca juga Pinjaman Online Bunga Rendah Pencairan Cepat

 

Apa itu Portofolio Kerja - Penutup

Setelah kita membahas berbagai arti tentang apa itu portofolio kerja dan apa manfaat jika kita memiliki portofolio kerja tiba kami dipengujung pembahasan artikel ini. tips dari kami bagi Anda yang belum memiliki portofolio kerja adalah perbanyak relasi terhadap orang-orang disekitar Anda.

Lakukan magang kerja jika Anda belum memiliki portofolio kerja, melalui magang Anda akan mendapatkan pengelaman kerja dan bisa Anda jadikan sebuah portofolio. Selain itu Anda juga harus perbanyak skill keahlian yang wajib Anda miliki untuk dijadikan sebuah portofolio.

Demikian ulasa kampustekno mengenai artikel apa itu portofolio kerja ini, semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda dan dapat menambah wawasan untuk Anda tentang apa itu portofolio kerja.

 

Posting Komentar untuk "Apa Itu Portofolio Kerja? Berikut Arti, Fungsi dan Manfaatnya"