Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jualan Baju Online Tips Sukses untuk Pemula

Jualan Baju Online Tips Sukses untuk Pemula - Salah satu usaha yang banyak dijalani orang adalah jualan baju. Dalam startegi pemasarannya jualan baju ini bisa dilakukan secara offline dengan memiliki toko fisik maupun secara online. Kelebihan dari jualan baju online adalah kita tidak perlu memiliki toko secara fisik yang harus kita sewa, sehingga sangat minim biaya untuk modal diawal jualan baju.

Bisnis di bidang ini sangat menjanjikan di era digital ini, yang menjadi alasan utama adalah karena kebutuhan akan baju masyarakat Indonesia sangatlah tinggi dan termasuk kebutuhan pokok untuk setiap orang. Selain itu di zaman sekarang untuk memasarkan produk baju juga tidaklah susah karena sudah di dukung dengan teknologi. Tergantung kita bagaimana memanfaatkan secara maksimal.

Pada ulasan artikel kali ini kita akan membahas bagaimana prospek jualan baju online ini dan apa saja yang perlu dilakukan untuk memulainya terutama bagi Anda yang pemula dan ingin mencoba bisnis ini. Mari simak ulasan kami berikutnya pada artikel yang berjudul Jualan Baju Online Tips Sukses untuk Pemula ini.

 

Peluang jualan baju online

Banyak faktor yang melatar belakangi mengapa jualan baju secara online ini sangat menjadi peluang yang sangat besar di era digital ini. Jualan baju online ini tidak hanya bisa dijalankan di kota namu bagi Anda yang bertempat tinggal di desa sekalipun bisa melakukan bisnis ini, berikut adalah beberapa faktor yang menjadi alasan terbukanya peluang jualan baju online ini.

 

jualan baju online

 

Modal jualan baju online sangat minim

Untuk memulai membuka usaha ini tidaklah diperlukan modal yang besar bahkan sangat minim, Anda hanya butuh modal handphone dan kuota internet. Untuk masalah produk pun Anda bisa memulai dengan menjual produk orang lain atau bisa juga Anda stok produk sendiri jika Anda memiliki modal.

Jika Anda ingin memulai dengan tanpa modal Anda dapat menjadi reseller atau dropshiper. Anda tinggal cari partner yang cocok yang sesuai dengan produk baju yang Anda inginkan. kelebihan dari sistem dropshiper adalah Anda tidak perlu repot stok baju dan mengemas baju jika ada pesanan. Tugas Anda hanya tinggal mencari pelanggan untuk membeli produk yang Anda promosikan.

 

Pangsa pasar yang luas

Berbeda jika Anda berjualan dengan sistem offline yang hanya dikenal oleh pelanggan lokal sekitar toko, jualan baju online dapat menjangkau pasar yang luas. Anda bisa promosi keseluruh wilayah Indonesia, dan tentu pelanggan Anda pun terdapat dari berbagai daerah, tinggal seberapa kreatif Anda melakukan promosi baju yang akan jual nantinya untuk bisa mencari pelanggan dari berbagai daerah tersebut.

Dengan memanfaatkan smartphone dan sosial media Anda dapat menjagkau seluruh wilayah Indonesia, selain itu juga Anda juga bisa memanfaatkan platform marketplace seperti shopee, bukalapak dan tokopedia untuk menjaring pelanggan dari berbagai daerah.

 

Jualan baju online tidak memerlukan toko fisik

Salah satu alasan yang menjadikan jualan baju secara online ini sangat menguntungkan adalah tidak wajib memiliki toko secara fisik, sehingga sangat menghemat biaya sewa toko atau kios. Jika pada umumnya untuk berjualan baju Anda perlu kios atau lokasi yang ramai dan di pinggir jalan maka dengan berjualan online Anda tidak memerlukan bangunan toko secara fisik.

Tentu hal ini sangat memangkas biaya modal di awal untuk sewa lokasi, dan bisa Anda alokasikan modal sewa ini untuk membeli stok produk jika jualan online Anda sudah berjalan nantinya. Anda bisa berjualan di rumah tanpa repot memikirkan biaya sewa atau repot harus memakan waktu untuk bolak balik ke toko dan kerumah seperti berjualan secara offline.

Hal ini tentu sangat menguntungkan bagi Anda, selain itu juga Anda tetap bisa beraktivitas dirumah, mengerjakan pekerjaan rumah tanpa mengganggu aktivitas jualan baju online Anda. Ini sangat cocok bagi Anda jika Anda adalah seorang ibu rumah tangga yang ingin menambah penghasilan tambahan.

 

Bisa dijalankan sendiri tanpa karyawan

Keunggulan lainnya jika Anda jualan baju online adalah Anda tidak memerlukan karyawan untuk memulainya, Anda bisa menjalankan sendiri secara langsung melalui smartphone tanpa mengganggu aktivitas Anda sebelumnya. Berbeda jika Anda jualan baju dengan memiliki toko secara fisik, maka Anda harus menunggu toko tersebut atau kalau tidak Anda harus mencari karyawan untuk siap setiap saat melayani pelanggan.

 

Tips jualan baju online

Setelah kita mengetahui peluang berjualan baju secara online ini, selanjutnya kami akan membagikan tips kepada Anda untuk memulai bisnis di bidang ini. 

Banyak hal yang perlu Anda ketahui sebelum memulai jualan baju online terutama strategi pemasaran yang pas agar target market Anda sesuai dengan baju yang Anda jual. Berikut adalah beberapa tips untuk pemula agar Anda tahu bagai mana harus melangkah untuk memulai bisnis ini.

 

Lalukan riset produk dan marketnya

Langkah awal sebelum Anda memulai jualan baju online adalah Anda harus melakukan riset produk, banyak bidang di dunia fashion yang bisa Anda jalani, mulai dari jualan baju anak, dewasa, produk baju laki-laki maupun perempuan. Untuk langkah awal kami sarankan fokus pada 1 bidang produk terlebih dahulu.

Contoh jika Anda mengambil bidang produk baju anak-anak, maka langkah selanjutnya adalah Anda harus melakukan riset pasar apakah produk yang Anda jual nantinya banyak diminati atau tidak. Faktor yang menjadi alasan mengapa produk diminati adalah karena produk tersebut dibutuhkan oleh calon konsumen.

Selain kualitas produk yang Anda jual, momen pada saat menjual produk juga sangat berpengaruh, sebagai contoh jika Anda menjual baju busana muslim anak-anak pada bulan ramadhan / puasa, maka akan perpotensi besar produk tersebut banyak yang membutuhkannya untuk suasana relegius pada bulan tersebut.

Riset produk ini sangat penting karena sangat berpengaruh pada panjualan Anda nantinya, usahakan untuk penjualan Anda harus benar-benar menjual produk yang berkualitas, agar konsumen tidak kecewa ketika membeli untuk pertama kalinya. Jika produk Anda berkualitas besar kemungkinan konsumen akan melakukan repeat order kedepannya.

 

Tentukan pilihan mau jualan baju online dengan sistem dropship atau reseller

Setelah Anda meriset produk dan target pasar, maka langkah selanjutnya adalah Anda harus menentukan apakah mau jadi reseller atau dropshiper. Jika Anda memiliki modal Anda bisa menjadi reseller dengan membeli produk terlebih dahulu dengan harga reseller. Setelah itu Anda bisa menentukan harga jual sesuai dengan keuntungan bersih yang ingin Anda ambil.

Kelebihan berjualan sistem reseller adalah Anda mengetahui secara langsung stok barang yang Anda miliki, dan bisa memanage secara langsung produk yang Anda jual mulai dari mengambil foto produk yang sesuai dengan keinginan,  hingga packing barang ketika terjadi penjualan produk untuk di kirimkan kepada pembeli.

Jika Anda belum siap menjadi reseller untuk memanage produk secara langsung Anda bisa menjadi dropshiper. Sistem jualan baju online dengan sistem dropship ini cocok bagi Anda yang tidak ingin repot mengelola produk secara langsung. Yang perlu Anda lakukan hanya promosi melalui gambar produk yang sudah di sediakan oleh supplier lalu Anda jual dengan mengambil margin sesuai dengan yang Anda inginkan.

Setelah ada orderan masuk Anda tinggal konfirmasi ke supplier Anda untuk mengirimkan barang ke pembeli. Jadi Anda tidak perlu repot mengemas dan mengirimkan barang ke jasa pengiriman secara langsung. Sistem dropship ini juga memiliki kelebihan utama dimana Anda tidak perlu modal untuk stok produk.

 

Cari supplier yang tepat untuk jualan baju online

Setelah Anda menentukan ingin menjadi reseller atau dropshiper langkah sleanjutnya Anda harus mencari supplier yang tepat dan menyediakan dapat produk yang berkualitas. Jangan sampai Anda salah langkah dalam hal menentuka supplier ini, selain dari segi produk yang berkualitas yang perlu Anda perhatikan adalah dari segeli pelayanan supplier tersebut apakah fast respon jika ada masalah mengenai produk atau tidak.

Hal ini bertujuan untuk megantisipasi masalah jika terjadi kekeliruan atau produk yang bermasalah sehingga supplier Anda bisa diajak kerja sama untuk menyelesaikan masalah dengan konsumen dan meminimalisir kekecewaan terhadap konsumen. Berikut adalah indikator apakah supplier yang Anda pilih sudah tepat untuk jualan baju online atau belum, simak beberapa poin dari kami dibawah ini.

  1. Respon Cepat atau fast respon
  2. Pelayanan ramah dan bisa diajak komunikasi dengan baik
  3. Produk berkualitas dan gambar produk sesuai dengan produk aslinya
  4. Bersedia menerima komplain dengan penyelesaian yang bijak
  5. Harga produk yang bersaing, Anda bisa menjual dengan harga umum dan masi bisa mengambil keuntungan dari harga jual
  6. Gambar produk bebas Anda gunakan untuk kebutuhan promosi tanpa di batasi harus menggunakan watermark dari supplier

Beberapa poin diatas adalah secara garis besar bagaimana kriteria untuk menemukan supplier produk yang tepat untuk jualan baju online yang akan Anda lakukan. Anda harus mengamatinya dengan seksama untuk diterapkan.

 

Lakukan promosi di platform digital

Untuk berjualan baju online tentu promosi yang dilakukan adalah dengan memanfaatkan teknologi digital, Anda harus memulai memasarkan produk dagangan Anda dengan memanfaatkan berbagai platform digital. Jika dirasa Anda masih gaptek tidak perlu khawait dengan itu, karena semua bisa dipelajari untuk memulai usaha jualan baju online.

Banyak pilihan platform digital untuk memasarkan produk baju yang Anda jual, mulai dari platform sosial media seperti facebook, twitter, instagram dan platform marketplace seperti shopee, bukalapak dan tokopedia. 

Anda bisa memulai dengan memilih salah satunya untuk langkah awal atau bisa juga memilih beberapa platform yang sudah Anda kuasai untuk jualan baju online, upload foto produk-produk yang tersedia dari reseller ke marketplace dan beri deskripsi keterangan pada produk.

Manfaatkan juga aplikasi massengger whatsapp sebagai sarana komunikasi dengan konsumen jika ingin bertanya mengenai produk lebih detail. Selain itu melalui whatsapp Anda juga bisa melakukan promosi dengan membuat story gambar produk di whatsapp untuk jualan baju online.

 

Maksimalkan pelayanan online dan konsisten

Tahapan selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah dengan memaksimalkan pelayanan online, maksudnya adalah Anda harus ramah dalam setiap pelayanan. Sama seperti memiliki toko secara fisik, melakukan pelayanan secara online juga dibutuhkan cepat tanggap dan ramah jika ada calon konsumen ingin mengtahui tentang produk lebih lanjut.

Usahakan dalam setiap pelayanan lakukan dengan fast respon. Dan jika Anda dalam keadaan sibuk ketika ada calon konsumen bertanya mengenai produk Anda. Anda wajib memberi tahu konsumen bahwa chat akan dilayani dengan mode slow respon. Hal ini bertujuan agar calon konsumen tidak menunggu terlalu lama balasan chat dari kita.

Itu adalah ulasan singkat secara garis besar tips dari kami mengenai jualan baju online untuk Anda, ada beberapa tips lanjutan Agar jualan baju online yang Anda lakukan bisa berkembang. Untuk lebih detailnya akan kami ulas pada artikel selanjutnya. Semoga bermanfaat.

 

Posting Komentar untuk "Jualan Baju Online Tips Sukses untuk Pemula"