Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Itu Freelance? Berikut Arti dan Contohnya

Apa itu freelance ? - Setiap manusia membutuhkan pekerjaan untuk bertahan hidup dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari. Banyak jenis pekerjaan yang bisa dilakukan setiap orang sesuai dengan bidang keahlian mereka masing-masing.

Dizaman modern ini banyak jenis pekerjaan yang bertambah macamnya karena faktor berkembangnya bidang baru diberbagai sektor industri terutama industri digital. Dengan berkembangan aktivitas bidang pekerjaan baru ini memunculkan sistem kerja baru dengan istilah pekerja freelance untuk mengisi berbagai macam aktivitas pekerjaan.

Apa Itu Freelance

Lalu apa itu freelance dan bagaimana sistem kerja pekerjaan freelance itu ? tentu Anda juga bertanya-tanya sebenarnya seperti apa sistem pekerjaan freelance itu apalagi jika Anda adalah seorang yang baru mau masuk kedunia pekerjaan.

Jangan kawatir pertanyaan-pertanyaan yang muncul pada diri Anda akan kami ulas dalam artikel ini. Dengan demikian Anda akan lebih mengetahui tentang apa itu freelance dan bagaimana sistem pekerjaan freelance itu dilakukan. Simak ulasan kami dalam artikel apa itu freelance berikut ini.

Baca juga Cara Mendapatkan Uang Dari YouTube Bagi Pemula

 

Apa itu Freelance ?

Banyak orang awam yang memasuki ketahap dunia kerja menanyakan tentang apa itu freelance dan bagaimana sistem pekerjaan freelance bekerja. Wajar jika Anda adalah seseorang yang baru mengenal dan mau akan bekerja disebuah perusahaan yang membutuhkan pekerjaan jenis ini.

Pekerjaan freelance saat ini banyak dibutuhkan seiring berkembangnya bidang pekerjaan diberbagai sektor yang dibutuhkan. Selain itu pekerjaan freelance juga banyak diminati karena waktu yang fleksibel dan jenis pekerjaan freelance yang secara umum bisa dikerjakan dimana saja.

Banyak jenis pekerjaan freelance yang bayarannya mahal namun memerlukan skill keahlian khusus sehingga orang berbondong-bondong mempelajari skill tersebut contohnya adalah menjadi seorang programmer, arsitek. grafik desainer dan lain sebagainya.

 

Pengertian Pekerjaan Frelance

Pekerjaan freelance adalah jenis pekerjaan yang hanya dilakukan ketika dibutuhkan untuk menyelesaikan suatu tugas pekerjaan. Jenis pekerjaan ini secara umum membutuhkan skill keahlian yang kusus sehingga banyak pekerjaan freelance yang dibayar tinggi. Pekerjaan freelance tidak terikat dengan waktu sehingga jenis pekerjaan ini sangat fleksibel tidak harus menyesuaikan dengan jam kerja.

Batasan waktu dari pekerjaan freelance sendiri adalah terikat pada deadline yang sudah ditentukan antara pemberi kerja dengan pekerja sehingga sudah disepakati antaranya keduanya. Tempat dan waktu pengerjaan sendiri ditentukan oleh sipekerja freelance tersebut.

Tanggung jawab utama seorang pekerja freelance adalah menyelesaikan tugas pekerjaan sesuai dengan deadline yang sudah di sepakati bersama. Kesepakatan ini bisa didapatkan dari kantor perusahaan dengan pekerjaa freelance tersebut atau dari seorang individu.

Bagaimana sudah terjawabkah pertanyaan Anda mengenai apa itu freelance ?

Baca juga Cara Jualan di Shopee Tanpa Stok Barang Tips Pemula

 

Jenis-Jenis Pekerjaan Freelance

Banyak berbagai jenis pekerjaan freelance di masyarakat yang bisa Anda jumpai. Kebanyakan pekerjaan freelance ini banyak dijumpai pada sektor teknologi berbasis digital karena pekerjaan tersebut bisa dilakukan dimana saja.

Rata-rata pekerja freelance sendiri dilakukan oleh para generasi milenial keatas karena pada zaman tersebut mereka berkambang tumbuh beriringan dengan perkembangan teknologi. Berikut adalah berbagai jenis pekerjaan freelance yang sering dibutuhkan perusahaan maupun individu.

  1. Pekerjaan freelance arsitek.
  2. Pekerjaan freelance desain grafis.
  3. Pekerjaan freelance pembuatan website.
  4. Pekerjaan freelance entry data.
  5. Pekerjaan freelance content writer.
  6. Pekerjaan freelance membuat desain logo.
  7. Pekerjaan freelance pembuatan program & aplikasi.
  8. Pekerjaan freelance admin database server.
  9. Pekerjaan freelance digital marketing.
  10. Pekerjaan freelance service komputer
  11. Dan lain sebagainya.

Selain jenis pekerjaan freelance diatas tentu masih banyak jenis pekerjaan lainnya yang terdapat pada sekitar kita. Anda dapat mencari peluang disekitar Anda pekerjaan freelance yang bisa Anda lakukan untuk menambah pundi-pundi rupiah.

 

Kelebihan dan Kekurangan Pekerjaan Freelance

Segala sesuatu hal pasti memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing begitu pula dengan jenis pengerjaan freelance ini. Kelebihan jika Anda memiliki jenis pekerjaan freelance in adalah tentu Anda akan memiliki banyak waktu luang bersama keluarga dirumah, selain itu waktu yang Anda miliki juga bisa buat menambah manfaat dan skill keahlian lainnya.

Kelebihan lainnya adalah Anda dapat bekerja dimapun dan kapanpun pekerjaan Anda akan dilakukan, sehingga lebih bisa meningkatkan mood bekerja agar hasil lebih maksimal. Prospek pekerjaan freelance ini sendiri masih sangat terbuka lebar dan sangat kompetitif untuk Anda geluti serta penghasilan yang ditawarkan juga sangat bagus bisa melebihi gaji bulanan pekerjaan pakntor pada umumnya.

Kekurangan pekerjaan freelance dari segi waktu sering kali pekerjaan molor jika Anda tidak terbiasa disiplin memanajemen waktu. Selain itu juga tidak jarang melakukan pekerjaan freelance ini membutuhkan inspirasi yang lebih untuk menghasilkan ide-ide kreatif.

Sehingga banyak pekerja freelance yang sering kehilangan ide-ide untuk menghasilkan produk yang bagus hal ini disebabkan karena deadline pekerjaan sudah mepet sehingga membuat stress pekerja itu sendiri. Masalah lainnya muncul adalah jika pekerjaan sudah selesai namun uang belum terbayarkan sesuai dengan kesepakatan waktu yang telah ditentukan.

Baca juga Pinjaman Online Bunga Rendah Pencairan Cepat

 

Situs Penyedia Pekerjaan Freelance

Setelah kita ulas mengenai apa itu freelance serta kelebihan dan kekurangan dari jenis pekerjaan ini selanjutnya akan kami bahas situs yang menyediakan jasa pekerjaan jenis freelance ini. Banyak yang sukses melakukan pekerjaan jenis ini diberbagai situs baik dari situs nasional maupun internasional. Beirkut adalah situs freelance yang bisa Anda jelajahi.

  1. Upwork
  2. Freelancer
  3. Project.co.id
  4. Sribulancer
  5. Fiverr
  6. Fastwork
  7. Superprof

Selain dari ketujuh situh diatas masih terdapat situs penyedia jasa pekerjaan freelance yang bisa Anda jelajahi untuk menjadi seorang freelancer. Dengan informasi situs penyedia pekerjaan freelance ini akan menambah informasi Anda tentang dunia freelance dan gamabran tentang apa itu freelance.

 

Penutup - Apa Itu Freelance

Dari ulasan kami mengenai apa itu freelance diatas terdapat poin yang harus diperhatikan untuk memulai sebagai seorang freelancer. Hal utama yang harus dimiliki sebagai seorang freelancer adalah harus memiliki skill keahlian. Skill bisa Anda dapat melalui kurus pelatihan dan lain sebagainya.

Dari ilmu yang Anda dapatkan tersebut nantinya bisa Anda kembangkan untuk bisa mendapatkan pekerjaan freelance sesuai dengan keinginan Anda. Untuk menjadi seorang freelancer profesional dibutuhkan jam terbang yang tinggi agar pekerjaan yang Anda lakukan berbuah maksimal.

Demikian ulasan kampustekno mengenai apa itu freelance sesuai dengan informasi yang Anda butuhkan, semoga artikel tentang apa itu freelance ini bermanfaat buat Anda.

Posting Komentar untuk "Apa Itu Freelance? Berikut Arti dan Contohnya"