Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Job Desk Digital Marketing yang Wajib Anda Tahu !

Job desk digital marketing - Menjadi seorang digital marketing merupakan suatu pekerjaan yang baru di era modern ini, seiring berkembangkan dunia digital menjadikan pekerjaan digital marketer banyak dicari oleh perusahaan-perusahaan untuk melakukan penjualan produk atau jasa yang mereka miliki.

Melakukan pekerjaan didunia digital marketing tugas dan cakupannya sangat luas, secara garis besar job desk digital marketing adalah mengurusi bidang yang berhubungan dengan dunia digital atau internet untuk tujuan pemasaran sehingga didapatkan respon dari masyarakat dunia maya untuk lebih mengenal perusahaan.

 

Pengertian Digital Marketing

Digital Marketing adalah sebuah proses pekerjaan yang dilakukan untuk memasarkan produk atau jasa menggunakan layanan digital yang memanfaatkan teknologi internet. Lingkup pekerjaan digital marketing meliputi tanggung jawab membuat konten tentang produk atau jasa, melakukan iklan menggunakan platform digital dan merancang ide-ide serta strategi kreatif yang berhubungan dengan pemasaran produk.

Dengan menggunakan strategi digital marketing nilai brand sebuah perusahaan akan lebih tertarget sesuai dengan market perusahaan, sehingga dapat meningkatkan brand awareness dan meningkatkan penjualan perusahaan.

Dalam dunia digital marketing banyak hal yang harus dikerjakan selain pemasaran, diantaranya adalah menguasai berbagai teknik tools periklanan seperti facebook Ads, google ads, pembuatan landing page, pembuatan konten baik tertulis maupun video, teknik SEO dan lainnya yang berhubungan dengan teknik meningkatkan minat market didunia digital.

 

Job Desk Digital Marketing

Pekerjaan secara rinci atau job desk digital marketing banyak sekali cabangnya yang harus dilakukan, maka dari itu biasanya pekerjaan di dunia digital marketing terdapat sebuah tim yang dalam penugasannya dibagi dalam hal yang lebih spesifik sesuai dengan kemampuan masing-masing pada seorang digital marketing.

Berikut ini kami akan sampaikan secara umum pekerjaan seorang digital marketing sesuai dengan keahlian yang dimiliki.

 

Job Desk Digital Marketing

 

1# Membangun Sebuah Website

Seorang digital marketing biasanya diwajibkan bisa membangun sebuah website, membangun sebuah website yang dimaksud adalah tidak harus membuatnya dari nol. Biasanya website bisa dibeli atau dibuatkan dari pihak ketika melalui order ke jasa pembuatan website profesional.

Yang dimaksud membangun sebuah website disini adalah, mengelola website dari website tersebut tidak memiliki pengunjung hingga memiliki pengunjung harian yang rutin. Cara ini sangat berhubungan dengan keahlian SEO dan keahlian menulis konten artikel pada sebuah website.

Sebuah perusahaan yang dalam promosi fokus kedalam digital marketing wajib memiliki sebuah website dengan tujuan untuk memasarkan produk atau jasa yang dimiliki, sehingga pengunjung akan lebih tau secara detail mengenai produk jasa yang ditawarkan.

 

2# Membuat Konten Tulisan SEO

Seorang digital marketing juga wajib memiliki keahlian dibidang copywriting. keahlian copywriting merupakan keahlian menulis konten yang bertujuan dapat menarik minat para pembaca sehingga mendapat respon baca yang menghasilkan goal penjualan.

Teknik copywriting ini nantinya akan dipraktekan dalam membuat konten tulisan di sebuah website yang dimiliki perusahan. Dalam menulis artikel copywriting di website perusahaan ini tentu harus mengikuti kaidah SEO (Search Engine Optimization) agar tulisan yang kita buat dapat terindex di Google dan dapat tampil dihalaman 1 Google.

 

3# Membuat Konten Video dan Desain

Selain membuat konten tulisan SEO, job desk digital marketing juga mencakup membuat konten video dan melakukan desain promosi. Untuk yang satu ini biasanya ada orang tersendiri yang tugasnya dibedakan dengan team digital marketing bagian SEO dan membangun website.

Membuat konten video pendek dan desain promosi ini seringnya dimanfaatkan untuk konten sosial media seperti instagram, twitter, tiktok dan facebook. Tidak menutup kemungkinan juga konten video yang dibuat di posting situs Youtube.

Dalam pembuatan video atau desain tentu harus dibuat semenarik mungkin, dan pembuatan konten tentang ini tidak melulu yang berhubungan dengan produk perusahaan. Bisa juga yang berhubungan dengan berbagai tips manfaat dan lainnya yang tujuannya mendapatkan interaksi dengan para followers baik berupa like, komen hingga share postingan.

Dalam membuat konten video dan desain ini dibutuhkan kerjasama dengan admin sosial media dalam perusahaan. sehingga pekerjaan akan lebih terkoordinasi.

 

4# Job Desk Digital Marketing - Melakukan Iklan

Job desk digital marketing lainnya yang sering ditugaskan perusahaan adalah melakukan iklan digital marketing. Untuk proses iklan produk maupun brand perusahaan ini sering dilakukan di platform seperti Facebook Ads, Google Ads, twitter Ads dan Tiktok Ads.

Untuk teknik iklan melalui masing-masing platform diatas memerlukan teknik analisa keahlian khusus agar iklan berbayar yang dilakukan tidak bancos atau rugi tanpa mendapatkan respon dari masing-masing audien platform tersebut.

Pekerjaan iklan ini biasanya berhubungan dengan bagian keuangan perusahaan, yang menganggarkan budget untuk dilakukan iklan perusahaan. Tentunya analisa untuk iklan ini harus diputuskan secara bersama mau strategi apa yang digunakan agar iklan berjalan sukses.

 

5# Mengelola Sosial Media Marketing

Sosial media marketing ini hampir mirip dengan admin sosial media. Bedanya jika sosial media marketing lebih diberikan tanggung jawab untuk bisa melakukan penjualan produk atau menarik minat followers untuk melakukan interaksi dengan akun perusahaan.

Sosial media marketing merupakan bagian dari job desk digital marketing yang memerlukan keahlian dalam membuat caption atau kata-kata di akun sosial media. Pekerjaan ini juga dibutuhkan kerjasama dengan tim digtal marketing bagian konten video dan desain.

Tanggung jawab seorang sosial media marketing adlaah dapat meningkatkan followers perusahaan dan menciptakan hubungan yang erat antara followers dengan akun perusahaan. Sosial media marketing yang biasa digunakan adalah seperti twitter, facebook, instagram, tiktok dan lain sebagainya.

 

Rangkuman Jobs Desk Digital Marketing

Beberapa ulasan diatas adalah bagian-bagian dari job desk digital marketing yang harus dikerjakan seorang digital marketing. Bagi perusahaan maju pekerjaan job desk digital marketing diatas disesuaikan dengan bidangnya masing-masing dengan tujuan strategi marketing yang diterapkan akan lebih fokus dengan hasil maksimal.

Namun biasanya bagi perusahaan yang sedang berkembang pekerjaan dan job desk digital marketing dijadikan satu pada seseorang saja. Maklum saja tentu tujuannya adalah menghemat biaya untuk menggaji karyawan, dan biasanya hasilnya pun tidak akan maksimal karena seseorang harus melakukan multitasking pekerjaan untuk melakukan masing-masing job desk digital marketing.

Semoga artikel tentang job desk digital marketing ini bermanfaat buat Anda yang sedang menginginkan atau mendapatkan pekerjaan sebagai seorang digital marketing !

 

 

 

Posting Komentar untuk "Job Desk Digital Marketing yang Wajib Anda Tahu !"