Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mulai Bisnis Online untuk Pemula

Cara mulai bisnis online - Melakukan sebuah bisnis merupakan bukan suatu perjalanan yang mudah karena banyak hal yang harus dilalui dan dipelajari untuk mendapatkan kesuksesan dalam berbisnis. Salah satu bisnis yang sedang trend di zaman serba teknologi ini adalah bisnis online.

Dengan melakukan bisnis online segala sesuatu usaha yang dulunya dilakukan secara konvensional harus memiliki lokasi dan barang kini tidak wajib lagi. Bisnis online menawarkan kepada pelaku bisnis untuk menjual berbagai produk dan jasa yang tidak wajib memiliki toko dan barang secara fisik untuk memulainya.

Cara Mulai Bisnis Online

Yang Anda butuhkan adalah koneksi internet yang memadai dan niat kuat untuk memulainya. Sesimpel itu untuk bisa memulai bisnis online yang Anda inginkan, namun tetap ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum Anda memulai bisnis online tersebut.

Baca juga 7 Alasan Mengapa Bisnis Online Menjanjikan di Masa Depan

Berikut akan kami ulas kepada Anda bagaimana cara mulai bisnis online agar Anda tidak salah dalam menentukan langkah untuk memulainya.

 

Cara Mulai Bisnis Online

Banyak para pakar bisnis online yang awal memulainya harus melalui proses jatuh bangun dan bahkan sampai merasakan kerugian yang besar. Hal ini terjadi bukan karena mereka tidak berhasil justru hal tersebut adalah ilmu baru yang harus mereka peroleh untuk dijadikan pelajaran dalam melangkah selanjutnya.

Begitupun Anda akan banyak hal yang harus Anda pelajari dalam menjalani bisnis online ini nantinya agar mental dan niat Anda teruji sebelum menuju ketingkat kesuksesan.

Baca juga Cara Jualan di Shopee Tanpa Stok Barang Tips Pemula

 

1# Cari produk yang Sesuai Passion

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah Anda wajib mencari produk yang sesuai dengan passion Anda. Tujuannya adalah Anda agar lebih mengenal produk tersebut dan lebih menguasai tentang produk yang Anda jual tersebut.

Dengan demikian Anda tidak perlu menghabiskan banyak waktu untuk mempelajari hal dari hulu ke hilir tentang produk yang Anda jual. Selain itu dengan menjual produk sesuai dengan passion, Anda akan lebih bersemangat untuk menjalankannya.

Produk-produk tersebut bisa berupa produk yang berhubungan dengan hobi atau keahlian skill yang Anda miliki untuk dijual sebagai jasa. Sebagai contoh jika Anda ahli dalam memasak jual produk yang bisa Anda bikin untuk dipasarkan secara online dan lain sebagainya.

 

2# Cara Mulai Bisnis Online - Lakukan Riset Pasar

Langkah kedua cara memulai bisnis online adalah dengan melakukan riset pasar apakah produk yang Anda ciptakan atau miliki tersebut memang dibutuhkan dan laku. Untuk melakukan riset pasar ini biasanya Anda perlu trial eror produk sampai beberapa kali hingga menemukan produk yang cocok sesuai dengan karakter dan passion Anda.

Anda harus mengkombinasikan antara keahlian Anda dengan kebutuhan pasar pada titik ini. Produk yang bagus adalah produk yang selalu dibutuhkan cutomer dan memiliki nilai jual dalam jangka panjang. Langkah awal ini seperti terdengar susah namun jika Anda sudah mencobanya Anda akan menemuka formula yang tepat sesuai dengan naluri dan insting yang Anda miliki.

Untuk melakukan riset pasar Anda bisa mencoba melakukan promosi melalui platform media sosial facebook dan lain sebagainya. Uji coba produk tersebut dan coba lihat respon masyarakat mengenai produk yang Anda jual tersebut.

Baca juga Cara Usaha Tanpa Modal Uang dan Tips untuk Memulai

 

3# Analisa Target Konsumen

Setelah Anda melakukan riset pasar langkah selanjutnya cara memulai bisnis online adalah dengan menganalisa segmen konsumen yang Anda butuhkan. Dari proses analisa tersebut nantinya target konsumen akan Anda dapatkan seperti apa karakteristik konsumen yang harus dituju.

Sebagi contoh jika Anda memiliki produk makanan kemudian Anda melakukan riset pasar kemudian mendapatkan respon positif dari pembeli dan banyak mendapatkan transaksi penjualan. Nah disitu bisa Anda segmentasikan apakah yang membeli produk tersebut banyak ibu-ibu, bapak-bapak atau anak-anak.

Jika kebanyakan mayortitas pembeli adalah ibu rumah tangga maka Anda perlu melakukan strategi promosi yang dirancang khusus untuk komunitas atau group ibu rumah tangga. Selanjutnya Anda akan lebih intens menarget pemasaran pada segmen pasar ibu rumah tangga.

Dengan demikian potensi penjualan yang Anda lakukan akan lebih besar dengan melakukan analisa target konsumen yang telah dilakukan.

 

4# Lakukan Strategi Promosi

Langkah selanjutnya setelah ketiga poin diatas Anda sudah melakukannya adalah Anda melakukan strategi promosi. Karena kita mebahas cara mulai bisnis online maka strategi promosi yang kita lakukan adalah dengan memanfaatkan promosi dengan berbasis digital.

Anda dapat memanfaatkan berbagai platform aplikasi  atau website untuk melakukan penjualan produk seperti shopee, tokopedia dan bukalapak untuk melakukan display produk yang Anda miliki. Kemudian Anda juga harus gencar promosi ke sosial media seperti facebook, twitter dan lainnya. Tujuannya adalah agar banyak respon dari warga negara media sosial sesuai dengan target pemasaran Anda.

Sebagai contoh Jika Anda memanfaatkan media sosial facebook untuk berjualan makanan, Anda bisa masuk kedalam group facebook ibu rumah tangga untuk melakukan promosi produk makanan yang Anda miliki. Cantumkan juga link jualan Anda di shopee, bukalapak dan tokopedia jika Anda untuk mempermudah proses order produk yang Anda miliki.

 

5# Berikan Pelayanan Terbaik

Untuk menjaga hubungan baik antara usaha yang Anda miliki dan pelanggan Anda harus siap melayani dengan sepenuh hati. Hindari perkataan dalam pelayanan melalui chat yang bisa membuat kurang enak hati pelanggan. Anda harus banyak belajar mengenai bagaimana menguasai hati pelanggan melalui pesan chat whatsapp atau platform chating lainnya.

Dengan menjaga hubungan baik dengan pelanggan pasti ada kemungkinan pelanggan tersebut melakukan repat order untuk kedua kalinya. Semakin Anda baik pelayanannya semakin banyak potensi penjualan yang bisa Anda lakukan.

Baca juga Jualan Makanan yang Laku Setiap Hari, Ide dan Tips Usahanya

 

6# Lakukan Berulang-ulang

Cara mulai bisnis online terakhir yang harus Anda laukan adalah melakukan berulang-ulang poin-poin yang kami sampaikan diatas hingga Anda berhasil menemukan rumus yang tepat untuk menjalankan bisnis Anda. Dalam proses tersebut nantinya Anda akan menemui hal-hal baru yang bisa Anda petik pelajarannya untuk melangkah ketahap selanjutnya.

Anda harus melalui banyak percobaan untuk menemukan formasi yang sesuai untuk menjalankan bisnis online yang Anda tekuni. Kuncinya adalah keseriusan dan ketekunan agar hasil yang Anda inginkan tercapai.

 

Rangkuman Cara Mulai Bisnis Online

Dari beberapa ulasan yang kampustekno sampaikan diatas, Anda harus selalu mengingat poin poin untuk Anda pelajari agar selalu Anda terapkan. Berikut kami rangkum ulasan kami agar Anda lebih mudah dalam cara mulai binsis online.

  1. Cari produk sesuai passion.
  2. Lakukan riset pasar.
  3. Lakukan analisa target konsumen.
  4. Lakukan promosi.
  5. Berikan pelayanan terbaik.
  6. Lakukan strategi dengan berulang-ulang.

Demikian rangkuman kami mengenai cara mulai bisnis online yang bisa Anda terapkan. Semoga artikel ulasan kami mengenai cara mulai bisnis online ini bermanfaat bagi Anda yang ingin memulai berbisnis online.

 

Posting Komentar untuk "Cara Mulai Bisnis Online untuk Pemula"