Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Media Promosi Adalah ? Berikut Penjelasan dan Fungsinya

Media promosi adalah sarana baik secara online maupun offline yang di gunakan untuk memasarkan sebuah produk. Melalui media promosi berbagai macam produk dapat di pasarkan untuk menjangkau target pasar yang ditentukan dari perusahaan.

Dalam sebuah usaha baik skala besar, menengah maupun kecil di butuhkan strategi promosi yang harus mampu menarik calon konsumen untuk di jadikan konsumen. Sarana yang cocok untuk melakukan itu adalah dengan memanfaatkan media promosi dengan strategi promosi yang telah direncanakan dengan konsep yang matang.

Media Promosi Adalah

Faslititas media promosi sendiri sudah sangat berkembang dari zaman dahulu melalui tulisan, media televisi, media cetak dan yang terbaru adalah melalui media digital marketing. Jika sebuah usaha ingin berkembang maju di butuhkan strategi pemasaran dengan memanfaatkan berbagai media promosi agar produk yang di jual laku dan mampu menghidupi roda jalannya perusahaan.

 

Fungsi Media Promosi Adalah

Terdapat beberapa fungsi media promosi dalam sebuah perusahaan. Dari beberapa fungsi tersebut sangat berperan penting dalam membuat kemajuan usaha yang dilakukan sehingga dapat menemukan strategi yang cocok dalam menentukan promosi suatu produk. Berikut adalah beberapa fungsi dari media promosi.

1# Menarik Perhatian dan Minat Masyarakat

Fungsi media promosi yang pertama adalah untuk menarik minat dan perhatian masyarakat. Dengan dilakukannya promosi melalui berbagai macam media masyarakat akan lebih mengenal produk dan perusahaan.

Secara tidak langsung jika promosi dilakukan berulang-ulang masyarakat akan lebih mengingat produk yang ditawarkan. Dengan demikian suatu saat jika di butuhkan masyarakat akan butuh dan membeli produk yang ditawarkan melalui berbagai macam media promosi tersebut.

Cara ini membutuhkan strategi marketing funneling yang dimana konsepnya adalah mempengaruhi konsumen dengan strategi marketing yang telah disusun sesuai dengan target pasar sehingga konsumen pada akhirnya tertarik untuk membeli produk tersebut.

Baca juga Marketing Funneling Pengertian Manfaat dan Tahapannya

 

2# Meningkatkan Penjualan Produk

Fungsi media promosi kedua adalah meningkatkan menjualan produk atau jasa perusahaan. Dengan dilakukannya promosi yang intens konsumen akan selalu ingat dengan produk yang dijual perusahaan sehingga mereka akan tahu mengenai fungsi produk tersebut dan sesuai dengan produk yang mereka butuhkan untuk dibeli.

Dengan demikian penjualan produk perusahaan akan bertambah sesuai dengan target penjualan yang sudah ditentukan oleh perusahaan.

 

3# Meningkatkan Brand Awareness

Manfaat media promosi lainnya adalah dapat meningkatkan brand awareness baik nama bran produk maupun nama brand perusahaan. Konsumen atau masyarakat akan lebih mudah ingat jika dilakukan promosi yang berkelanjutan dan berulang.

Untuk meningkatkan brand awareness ini bisa diciptakan dengan strategi marketing mix. Oleh karena itu dibutuhkan SDM pemasaran yang handal di suatu perusahaan agar setiap promosi yang dilakukan dapat sukses dan mampu meningkatkan awareness produk atau perusahaan.

Baca juga Contoh Iklan Produk yang Menarik untuk Promosi

 

4# Menjaga Loyalitas Konsumen

Manfaat media promosi keempat adalah dapat menjaga loyaltas konsumen.  Konsumen akan bertambah loyal jika selalu di ingatkan mengenai produk yang dijual perusahaan melalui media iklan. Secara psikologis konsumen sesuatu selalui di ulang mengenai manfaat dan kelebihan produk yang dijual secara tidak langsung konsumen akan selalu mengingatnya.

Sehingga jika konsumen sudah terbiasa menggunakan produk tersebut akan susah untuk berpaling ke produk lainnya yang sejenis. Kecuali terjadi persaingan yang ketat yang membuat produk tersebut kalah saing karena beberapa faktor baik secara internal maupun eksternal.

Menjag loyalitas konsumen ini sangatlah penting dan dapat dilakukan dengan berbagai cara slah satunya adalah selalu di ingatkan menggunakan media promosi yang tepat sesuai dengan target pasar yang dituju.

 

Jenis Jenis Media Promosi Adalah

Jenis media promosi yang digunakan untuk memasarkan produk sangat banyak. Di zaman dengan perkembangan teknologi digital sekarang ini jenis media promosi digital menjadi salah satu favorit para pebisnis untuk mempromosikan produk yang dimilikinya.

Salah satu jenis media promosi yang pernah kami ulas yaitu promosi media cetak dan promosi dengan media digital marketing. Kedua media tersebut menjadi salah satu cara promosi yang cukup murah untuk dilakukan dibandingkan promosi melalui mendia Televisi.

Baca juga Jenis jenis Pemasaran Online Digital Marketing

Untuk jenis promosi sendiri bisa dilakukan perusahaan dengan menggunakan berbagai macam media seperti media televisi, radio, media cetak, media digital menggunakan sosial media facebook ads, instagram ads, google ads, tiktok ads dan lain sebagainya.

Dengan memanfaatkan berbagai media promosi tersebut dapat meningkatkan penjualan produk dari usaha yang anda lakukan dan meningkatkan awareness perusahaan yang anda miliki. Selain itu bagi anda pemilik usaha bisa juga memanfaatkan media promosi dengan memiliki website perusahaan. Dengan memiliki website perusahaan akan memudahkan usaha yang kita miliki lebih dikenal ke masyarakat luas hingga ke dunia internasional.

 

Penutup - Media Promosi

Dari artikel yang kampustekno sampaikan diatas bisa anda manfaatkan untuk merancang media promosi yang tepat untuk usaha yang ingin anda jalankan. Yang terpenting adalah anda harus menguasai teknik strategi marketing yang akan dijalankan nantinya sehingga promosi yang dijalankan tidak sia-sia.

Baca juga Iklan Komersial Pengertian dan Contohnya

Demikian adalah ulasan kampustekno mengenai media promosi ini, semoga artikel yang kami ulas ini dapat menjadi inspirasi bagi anda.

Posting Komentar untuk "Media Promosi Adalah ? Berikut Penjelasan dan Fungsinya"