Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Iklan Komersial Pengertian dan Contohnya

Iklan Komersial Pengertian dan Contohnya - Industri periklanan berkembang sangat maju seiring adanya perkembangan dunia usaha yang sangat pesat. Berbagai industri atau usaha yang menggunakan iklan komersial untuk melakukan strategi promosi untuk mendapatkan ketertarikan dari para konsumen.

Melalui sebuah iklan komersial perusahaan dapat mengenalkan brand atau nama merk produk yang dijual sehingga dapat lebih dikenal dan diingat konsumen sehingga menjadi sebuah produk dengan brand yang kuat diingatan konsumen. Dampaknya adalah produk dengan nama brand yang kuat akan memiliki pasar tersendiri dimata konsumen.

Dengan adanya industri iklan komersial tentu roda ekonomi saling berputar dan saling menopang antara perusahaan dan agensi dan dampaknya pun akan dirasakan masyarakat secara luas, dari terciptanya lapangan kerja hingga kebutuhan barang pokok tersedia melalui perusahaan-perusahaan baru yang berdiri.

 

Pengertian Iklan Komersial

Iklan komersial adalah sebuah strategi memasarkan produk dengan tujuan melakukan kampanye sebuah produk jasa yang ditawarkan, dengan tujuan produk jasa yang ditawarkan dikenal kepada masyarakat luas dan memberikan dampak ekonomi penjualan bagi perusahaan.

Dari pengertian iklan komersial diatas dapat disimpulkan bahwa tujuan utama dilakukannya iklan komersial adalah untuk mendapatkan feedback dari masyarakat berupa pengenalan sebuah produk atau brand sehingga terdapat hubungan secara psikologis untuk menarik masyarakat dan meningkatkan brand awareness bagi perusahaan.

 

Ciri-ciri Iklan Komersial

Dalam iklan komersial terdapat ciri-ciri didalamnya yang dapat kita pelajari, cici tersebut tentu merupakan hal yang mudah dipahami dan dimengerti bagi Anda yang baru belajar dalam dunia periklanan. Berikut adalah ciri-ciri dari sebuah iklan komersial.

 

1# Memiliki Target Audien

Sebuah iklan komersial tentu terdapat target pasar atau audien yang dituju, hal ini bertujuan agar iklan komersial yang dibuat tidak sia-sia dan sesuai dengan pasar yang diharapkan. Dalam penayangan iklan komersial pun dizaman sekarang sudah sangat luas cakupannya.

Jika dahulu penayangan iklan komersial hanya terdapat di TV, media cetak  dan radio, berbeda dengan zaman sekarang yang media distribusi iklan komersial sangat tersedia pada banyak channel dengan adanya bantuan teknologi internet.

2# Menggunakan Strategi Persuasif yang Menarik

Dalam menyampaikan sebuah iklan komersial untuk menarik minat konsumen haruslah menggunakan langkah persuasif dengan ide-ide kreatif untuk mencari perhatian konsumen. Tujuan akhir dalam sebuah iklan komersial adalah terjadinya penjualan produk untuk keuntungan perusahaan, maka dari itu dibutuhkan gambaran iklan komersial mengapa produk yang diiklankan sangat penting dan dibutuhkan oleh calon konsumen.

Strategi persuasif ini bisa dilakukan dengan cara menarik perhatian melalui emosi konsumen dengan menanyangkan hal secara logis mengapa harus memilik produk yang di iklankan. Selain itu juga dalam sebuah iklan komersial juga harus bisa melihatkan bahwa produk yang ditawarkan dapat memenuhi kebutuhan konsumen.

 

3# Ditujukkan untuk Masyarakat Umum

Sebuah iklan komersial merupakan iklan yang bersifat umum dan tidak ditujukan untuk personal. Maka dari itu dalam materi iklan komersial baik dari segi penyajian secara visual maupun gambar harus memenuhi unsur yang berhubungan dengan audien secara umum.

Dalam hal ini harus digambarkan dengan jelas melalui kampaye iklan komersial dan materi iklan yang Akan dibuat nantinya sehingga masyarakat umum mudah memahami isi konten iklan komersial yang dilakukan.

 

4# Produk Komunikasi Berbayar

Ciri lainnya mengenai iklan komersial adalah menunjukan produk komunikasi berbayar, maksudnya adalah iklan komersial yang dibuat memiliki syarat hak cipta bagi perusahaan yang megeluarkan iklan komersial tersebut. Dengan demikian harus ada prosedur izin tertentu yang harus dipenuhi untuk mempublikasikan sebuah iklan komersial yang dibuat.

 

Contoh Iklan Komersial

Contoh iklan komersial produk lokal di Indonesia sangat banyak baik itu berupa produk kebutuhan sehari-hari maupun kebutuhan lainnya yang berhubungan dengan kebutuhan masyarakat. Berikut adalah contoh beberapa iklan komersial yang terdapat di lingkungan kita.

 

1# Iklan Komersial Indomie

Indomie merupakan salah satu produk makanan mie instan yang sangat populer di Indonesia bahkan manca negara. Hal ini tidak terlepas dari berbagai produk yang dimilikinya dengan strategi iklan komersial yang telah dilakukan selama puluhan tahun.

Iklan Komersial

 

Sebagai contoh adalah produk indomie terbaru satu ini yang dibuatkan kampaye iklan komersial agar masyarakat mengenal produk baru indomie dengan nama indomie goreng rasa ayam POP khas Sumatera Barat. Dalam strategi iklan komersial yang dilakukan indomie membawa nama ciri khas nama daerah untuk diangkat dan dipopulerkan mengenai ciri khas masakan daerah tersebut.

Hal ini tentu menimbulkan hubungan psikologis konsumen secara tidak langsung, seperti apa rasa ayam khas Sumatera Barat tersebut khususnya bagi konsumen diluar daerah tersebut untuk mengenal lebih dalam tentang budaya cita rasa makanan daerah.

 

2# Iklan Komersial Garnier

Garnier merupakan produk perawatan wajah baik ditujukan untuk pria maun wanita. Namu pada iklan komersial produk garnier Men ini di khususkan untuk audien pria yang memiliki banyak aktivitas diluar ruangan. Dengan menampilkan bintang iklan komersial yang melakukan aktivitas terik terkena matahari kemudian terdapat muka kotor, maka solusi yang ditawarkan adalah dibersihkan menggunakan sabun muka garnier.

Iklan Komersial

 

Tentu dalam iklan komersial garnier ini terdapat manfaat yang dirasakan yaitu dengan slogran 3 in1 charcoal yang dapat membersihkan masalah minyak pada wajah dengan 3 fungsi (wash, scrub, mask ) dalam 1 produk garnier turbolight oil control.

Secara tidak langsung iklan komersial tersebut menyampaikan kemudahaan perawatan wajah bagi seorang laki-laki. Karena sifat laki-laki yang memiliki karakter simpel tanpa ribet.

 

3# Iklan Komersial Tolak Angin

Tolak angin merupakan produk kesehatan untuk kekebalan imun tubuh dengan bahan tradisional yang dibuat dan dikemas dengan cara modern. Dalam menjalankan strategi iklan komersialnya tolak angin memiliki jargon yang sangat populer yang sudah melekat pada ingatan masyarakat Indonesia.

Iklan Komersial

 

" Orang pintar, minum tolak Angin ! " , itulah jargon minuman herbal satu ini sehingga strategi marekting secara komersil yang mereka lakukan berhasil menarik perhatian konsumen.

Disisi lain produk tolak angin ini juga menawarkan solusi dalam menjaga kesehatan dengan cara yang mudah, praktis dan murah dengan produk herbal yang dimiliki, sehingga sangat kental dengan nuansa tradisional yang berhubungan dengan sosial budaya masyarakat Indosesia. Secara pesikologis konsumen tentu hal ini menjadi ketertarikan tersendiri mengenai produk tolak angin ini.

 

4# Iklan Komersial Sprite

Sprite merupakan produk minuman bersoda yang sudah lama beroperasi di Indonesia, dalam melakukan kampanye iklan komersial melalui produk yang dikeluarkan, sprite melakukan teknik yang sederhana tamun dapat menarik audien untuk melihat sampai habis video iklan komersial yang mereka miliki.

Iklan Komersial

 

Contohnya adalah produk sprite dengan kemasan PAS diatas, yang dilakukan strategi kampanye iklan komersial dengan bahasa guyonan yang di bintangi oleh suara komedian cak lontong dengan visual dan bahasa yang humoris. Secara tidak langsung audien akan mengikuti dan memperhatikan secara seksama bahasa guyonan yang dikeluarkan dipadukan dengan visual gambar yang sesuai.

Selain itu dalam produk sprite sudah memiliki jargon-jargon yang mudah di ingat msyarakat "Nyatanya Nyegerin ! ", tentu dengan mengucapkan jargon ini ingatan konsumen secara otomatis akan tertuju pada produk minuman sprite.

 

 

Posting Komentar untuk "Iklan Komersial Pengertian dan Contohnya"