Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Marketing Funneling Pengertian Manfaat dan Tahapannya

Marketing funneling adalah salah satu teknik dalam pemasaran untuk melakukan pengenalan produk terhadap pelanggan melalui proses dari awal sampai akhir sebelum pelanggan melakukan pembelian produk. Proses tersebut meliputi awareness hingga calon pelanggan siap melakukan pembelian produk yang ditawarkan.

Dengan marketing funneling teknik pemasaran produk dapat memberikan visibilitas terhadap pelanggan sehingga pelanggan akan lebih tertarik dengan minat produk hingga proses penjualan terjadi.

Marketing Funneling

Contohnya adalah jika anda melakukan pemasaran produk secara online maka dibutuhkan bahasa pemasaran tertulis dari A sampai Z yang menjelaskan produk tersebut dengan tujuan calon pelanggan mau mengunjungi situs website yang di tuju dan menghasilkan lonjakan traffic website. Dari kasus tersebut terjadi kemungkinan keputusan pelanggan untuk melakukan klik pembelian produk, dari hal itulah dibutuhkan marketing funneling sehingga semua itu dapat di jalankan.

Baca juga Jenis jenis Pemasaran Online Digital Marketing

Teknik marketing funnel sangat penting untuk melihat statistik suatu data penjualan produk sehingga dapat dilakukan analisa mendalam mengenai produk yang dijual untuk perencanaan jenis konten pemasaran yang baik kedepannya.

Manfaat Marketing Funneling

Banyak manfaat yang didapat jika menerapkan strategi marketing funneling diantaranya adalah akan didapatkan insight mengenai jenis pelanggan dan perilaku pelanggan terhadap suatu produk yang dijual, sehingga dapat dilakukan analisis pemasaran penjualan mengenai produk yang dijual

Manfaat lainnya tentu akan meningkatkan penjualan dengan cara menerapkan strategi promosi yang tepat sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Sebagai contoh jika kita menjual produk perlengkapan bayi makan akan lebih cocok jika dilakukan promosi ke segmen ibu-ibu dengan mencari group atau lokasi yang tepat untuk berkumpulnya para ibu-ibu untuk diterapkan promosi.

Selain itu juga adapat dilakukan analisa mengenai jenis lokasi yang perlu ditingkatkan untuk penjualan berdasarkan potensi segmen pasar yang dituju. Proses analisa ini dapat dilihat dari wilayah mana yang sering terjadi penjualan, kurang minatnya pelanggan terhadap produk, atau hilangnya pelanggan dari suatu wilayah.

Baca juga Contoh Iklan Penawaran yang Menarik untuk Konsumen

 

Tahapan Marketing Funneling

Terdapat 4 tahapan dalam menentukan dan proses berjalannya marketing funneling yang harus anda ketahui diantaranya adalah proses awarness, interest, Desire dan Action. Berikut adalah penjelasan masing-masing dari 4 tahapan tersebut.

 

1# Awareness

Proses marketing funneling ini adalah tahapan awal ketika masyarakat mengenali produk yang dijual baik dari brand maupun perusahaan yang menjual produk tersebut. Tahapan awarness sendiri dapat dilakukan dengan memanfaatkan berbagai cara seperti melakukan promosi produk, melihat iklan di sosial media, terdapat seseorang yang mereview produk melalui youtubu dan blog, serta jenis lainnya yang membicaran mengenai produk tersebut.

Dari beberapa publikasi yang dibicaran di berbagai media tersebut akan membuat masyarakat mengenal produk dan jika dilakukan berulang-ulang maka didapatkan pengenalan produk melalui brand atau perusahaan yang menjual produk tersebut.

Proses ini harus melibatkan semua pihak terutama tim marketing perusahaan untuk membuat kampanye yang menarik sehingga banyak orang yang tertarik terhadap sebuah produk yang ditawarkan. Tahapan ini bisa melihat dari aspek demografi lokasi tujuan pemasaran produk sehingga target penjualan lebih mudah tercapai.

 

2# Interest

Proses tahapan marketing funneling interest adalah proses dimana calon pelanggan mulai meminati dengan produk yang dijual. Proses ini terjadi karena pelanggan merasa butuh dengan produk yang ditawarkan melalui proses tahapan awareness sebelumnya.

Dengan mulai meminati produk yang dipasarkan tentu calon pelanggan akan mempertimbangkan secara matang akan kebutuhan yang mereka inginkan. Proses pertimbangan ini bisa diambil dari sisi kelebihan produk, manfaat produk, perbandingan produk dengan pesaingnya dari sisi harga kualitas dan lain sebagainya.

 

3# Desire

Tahapa marketing funneling ini merupakan tujuan dari calon pelanggan dimana calon pelanggan benar-benar menginginkan produk yang ditawarkan. Tahapan ini calon pelanggan mulai berfikir mengenai produk yang benar-benar mereka butuhkan melalui hal positif yang terdapat pada produk. Dari proses ini tugas seorang sales sangat dibutuhkan untuk lebih menyakinkan terhadap calon pelanggan.

Sales akan bertugas meyakinkan ke calon pelanggan dengan memberikan manfaat yang lebih penting mengenai produk yang dijual dibanding produk pesaing. Tahapan interest dan desire sering terjadi beriringan karena proses ini kebanyakan dilakukan oleh calon konsumen secara spontanitas sehingga tim marketing perusahaan akan menggabungkan proses ini secara bersamaan.

 

4# Action

Tahapan terakhir dari marketing funneling adalah proses action dimana proses ini calon konsumen akan melakukan tindakan untuk melakukan pembelian. Secara garis besar teknik marketing funneling harus di fokuskan ke materi promosi yang digambarkan kepada calonkonsumen agar terdorong melakukan sebuah tindakan.

Berbagai analisa aspek pemasaran dan strategi promosi perlu di diskusikan agar proses perencanaan marketing funneling berjalan sesuai sehingga didapatkan aksi tindakan dari calon konsumen untuk melakukan pembelian.

Tahapan marketing funneling ini dapat disesuaikan dengan rencana pemasaran pada masing-masing perusahaan sesuai dengan produk yang dijual. Tujuan akhirnya tentu adalah untuk mendapatkan penjualan produk sesuai dengan target penjualan yang telah di tentukan perusahaan.

Baca juga Rencana Pemasaran Pengertian dan Tujuannya

 

Penutup Marketing Funneling

Dengan menerapkan strategi marketing funneling perusahaan akan lebih terarah dalam melakukan pemasaran sehingga terjadi peningkatan penjualan sesuai dengan target pemasaran. Selain itu pemasaran yang dilakukan juga lebih terukur agar pemasaran yang dilakukan tidak sia-sia sehingga dapat menghemat biaya anggaran pemasaran di suatu perusahaan.

Demikian ulasan kampustekno mengenai marketing funneling ini semoga artikel yang kami sampaikan dapat menambah wawasan anda mengenai strategi pemasaran yang dilakukan dalam sebuah perusahaan.

Posting Komentar untuk "Marketing Funneling Pengertian Manfaat dan Tahapannya"