Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Copywriting Adalah ? Berikut Penjelasan dan Jenisnya

Copywriting adalah salah satu teknik dalam dunia digital marketing yang digunakan untuk media promosi berbagai produk dan jasa. Bagi anda yang belum mengenal apa itu copywriting tentu masih bertanya-tanya sebenarnya bagaimana copywriting itu dilakukan dan apa fungsinya untuk dunia bisnis terutama yang berhubungan dengan bisnis digital.

Copywriting Adalah

Banyak perusahaan-perusahaan yang sudah mulai merambah kedunia digital marketing untuk menjalankan strategi promosinya, hal ini tidak lepas dari persaingan dan metode baru dalam pemasaran sehingga harus di ikuti seiring berkembangnya teknologi. Salah satu teknik yang digunakan dalam menjalankan promosi adalah teknik copywriting.

Lalu apa itu copywriting ? pada awalnya copywriting adalah sebuah metode untuk menulis ulang artikel dengan mengemasnya kedalam bahasa yang baru.

Namun seiring berkembangnya dunia pemasaran digital teknik copywriting banyak digunakan dalam berbagai macam aspek pemasaran digital, untuk menjelaskan lebih dalam mengenai copywriting ini simak ulasan kami dibawah ini.

Baca juga Job Desk Digital Marketing yang Wajib Anda Tahu !

 

Pengertian Copywriting Adalah

Copywriting adalah sebuah metode menulis materi berupa tulisan yang digunakan untuk menarik minat pembaca yang digunakan untuk promosi dengan tujuan bisa mmeberi pengaruh pembaca untuk melakukan tindakan baik berupa pembelian, ajakan, mengklik tautan, menyumbangan dan lain sebagainya.

Materi yang dibahas dalam copywriting sendiri berdasarkan produk atau jasa yang ingin dipromosikan nan nantinya di publikasikan kedalam berbagai media baik media cetak maupun online.

Teknik copywriting ini sebenarnya banyak Anda temukan disekitar Anda hampir semua yang berhubungan dengan bisnis menggunakan teknik ini baik untuk iklan, pengumuman, pengenalan produk dan lain sebagainya. Anda bisa melihat berbagai contoh iklan produk di internet yang bisa dijadikan contoh hasil dari teknik copywriting ini.

Untuk membuat tulisan copywriting terdapat keahlian tersendiri atau bidang tersendiri dalam hal ini maka dari itu banyak perusahaan yang mencari karyawan di bidang copywriting ini untuk membantu perusahaan dalam menciptakan berbagai materi promosi yang menarik baik secara langsung maupun tidak langsung.

 

Jenis - Jenis Copywriting Adalah

Banyak berbagai macam jenis copywriting yang wajib Anda ketahui, dari berbagai jenis copywriting ini dibuat berdasarkan tujuan membuat materi copywriting tersebut. Berikut adalah jenis-jenis copywriting dalam dunia pemasaran.

Baca juga Contoh Iklan Copywriting Media Cetak

1# SEO Copywriting

Jenis copywriting yang pertama adalah SEO copywriting dimana teknik copywriting ini bertujuan untuk mendapat peringkat teratas dalam mesin pencari Google.

Untuk melakukan copywriting jenis ini dibutuhkan skil dan teknik tentang dunia SEO sehingga konten artikel yang dibuat nantinya bisa tampil di halaman pertama Google saat ada user yang mencari artikel yang berhubungan dengan konten copywriting tersebut.

2# Marketing Copywriting

Jenis copywriting ini digunakan untuk menyampaikan informasi tentang penjualan produk. Tujuan utama dari jenis copywriting ini adalah memberikan ajakan untuk membeli produk atau jasa yang ditawarkan dengan menampilkan kelebihan-kelebihan produk yang dimiliki dengan demikian para pembaca tertarik dan merasa butuh dengan produk yang ditawarkan tersebut.

3# Technical Copywriting

Jenis copywriting ini mengarah pada penjelasan teknik mengenai suatu produk atau layanan secara detail. Contohnya adalah copywriting konten tentang penggunaan produk kecantikan yang baik dan benar. Sehingga dalam konten tersebut dijelaskan dari A sampai Z mengenai tatacara penggunaan yang baik dan benar. Selain itu dalam teknik copywriting ini juga diselipkan promosi mengenai produk-produk yang dimilikinya.

4# Direct copywriting

Direct copywriting adalah tenik copywriting yang digunakan untuk mengarahkan pembaca melakukan sesuatu aksi klik menuju kesebuah website. Teknik copywriting ini biasanya digunakan untuk mempromosikan produk di dalam sebuah website landing page untuk selanjutnya si pembaca diarahkan untuk klik produk tersebut dan diarahkan untuk membeli atau menanyakan sesuatu perihal produk tersebut.

5# Brand copywriting Adalah

Jenis copywriting selanjutnya adalah brand copywriting dimana teknik copywriting ini bertujuan untuk meningkatkan nama brand terhadap audien yang dituju. Konten copywriting jenis ini selalu membahas hal yang berhubungan dengan bran perusahaan baik perupa ide-ide, tips menarik dan anjuran saran terhadap para pembacanya.

Baca juga Apa Itu Freelance? Berikut Arti dan Contohnya

 

Penutup

Dari uraian tentang copywriting yang kampustekno sampaikan diatas tentu dapat menambah wawasan Anda tentang dunia copywriting. Dengan memiliki keahlian copywriting Anda dapat mencari pekerjaan dibidang digital marketing yang bayarannya cukup fantastis di beberapa perusahaan ternama.

Selain itu untuk menjadi ahli di bidang ini di butuhkan berbagai macam latihan yang harus diasah sehingga kemampuan copywriting anda menjadi baik. Selain itu anda bisa bekerja sebagai freelance copywriting karena pekerjaan ini bisa dilakukan dari manapun dan kapanpun waktunya.

Demikian ulasan kampustekno mengenai copywriting ini semoga ulasan yang kami sampaikan diatas dapat bermanfaat buat anda.

 

Posting Komentar untuk "Copywriting Adalah ? Berikut Penjelasan dan Jenisnya"