Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cashflow Adalah ? Berikut Penjelasan dan Jenisnya

Cashflow adalah bahasa akuntansi atau keuangan yang sering digunakan untuk menggambarkan keluar masuknya arus kas dalam sebuah usaha. Dalam usaha pencatatan cashflow sangatlah penting karena dengan adanya pencatatan tertulis tersebut dapat diketahui keluar masuknya uang sehingga dapat diketahui untung atau rugi suatu usaha.

Cashflow Adalah

Seperti yang telah kita ketahui pencatatan laporan keuangan yang baik akan membantu pemilik usaha untuk mengontrol stok produk yang dimilikinya, selain itu usaha yang dijalankan juga lebih sehat jika arus cashflow tercatat dengan rapi untuk menghindari kebocoran dalam keuangan usaha.

Selain dalam dunia usaha cashflow juga bisa digunakan dalam istilah pencatatan keuangan pribadi atau rumah tangga, sehingga kehidupan finansial dalam sebuah individu atau rumah tangga lebih sehat dengan memanajemen keuangan yang dimilikinya.

Bagi anda yang sedang mencari pengertian tentang cashflow berikut adalah ulasan kami lebih detail mengenai istilah akuntansi satu ini.

Baca juga Apa Itu Inflasi ? Ini Penjelasannya Secara Lengkap

 

Definisi Cashflow Adalah

Cashflow adalah saldo bersih keuangan yang masuk maupun keluar dalam sebuah periode tertentu. Hasil pencatatan cashflow bisa berupa hasil positif dan negatif.

Pencatatan cashflow positif adalah arus uang yang masuk lebih besar dari pada pengeluaran, sedangkan arus cashflow negatif adalah arus uang yang keluar lebih besar dari pada uang yang masuk.

Dengan memiliki pencatatan keuangan setiap periode membuat keuangan lebih sehat dan terkontrol sehingga dapat dilakukan penghematan jika banyak pengeluaran bagi sebuah usaha atau pencatatan individu.

Arus kas cashflow juga baik diterapkan bagi anda seorang individu untuk mengontrol pengeluaran harian atau dalam waktu bulanan sehingga akan terlihat apakah dari pengeluaran yang dilakukan termasuk pemborosan atau tidak. Dengan membiasakan disiplin dalam keuangan akan menjadikan kita bisa lebih menyisihkan uang untuk berbagai keperluan lainnya yang lebih dibutuhkan.

Baca juga Affiliate Shopee Cara Daftar dan Dapatkan Keuntungannya

 

Jenis-Jenis Cashflow Adalah

Terdapat bebeberpa jenis cashflow dalam perusahaan yang wajib anda ketahui sehingga nantinya dari berbagai jenis tersebut anda bisa menggolongkan berdasarkan minat pengetahuan yang ingin anda pelajari lebih lanjut. Berikut adalah jenis-jenis cashflow.

1# Casfhlow Investasi Adalah

Casfhlow jenis ini mengacu pada aktivitas investasi perusahaan yang dihasilkan dari kas bersih, jenis casfhlow ini mengarah pada berbagai pembelian aset seperti sekuritas, properti, penjualan aset dan lain sebaginya. Dalam hal ini perusahaan memerlukan analisa yang mendalam untuk mengambil setiap keputusan sehingga didapatkan arus kas yang positif dalam bisnis yang dijalankan.

2# Cashflow Operasi Adalah

Cashflow operasi adalah jenis cashflow yang mengacu pada operasi bisnis perusahaan yang dijalankan. Dalam menjalankan usaha tentu akan terdapat kas bersih yang dihasilan sehingga membuat perusahaan akan tumbuh dan berkembang untuk keberlangsungan usaha yang dijalani.

3# Cashflow Pembiayaan Adalah

Jenis cashflow dalam perusahaan yang mengacu pada pergerakan kas antara investor dan perusahaan. Jenis Cashflow satu ini adalah hasil kas bersih yang dihasilkan untuk melakukan pembiayaan terhadap perusaaan diantaranya adalah pembiayaan hutang, dividen dan ekuitas.

Baca juga Apa itu  Adalah ? Berikut Pengertian Lengkapnya

 

Tips Mengatur Cashflow

Terdapat berbagai cara untuk mengatur cashflow keuangan khususnya bagi anda pribadi, dengan melakukan pola pengaturan keuangan yang benar maka finansial dalam individu maupaun keluarga akan lebih sehat sehingga akan terhindar dari kebocoran keuangan yang akan mengakibatkan hutang.

Berikut adalah beberapa tips keuangan untuk mengatur cashflow untuk anda.

1# Lakukan Pencatatan

Lakukan pencatatan. buat pencatatan setiap anda melakukan pengeluaran uang baik untuk kebutuhan sehari-hari maupaun kebutuhan tambahan. Pencatatan ini mulai dari pengeluaran untuk operasional pekerjaan seperti membeli bensin dan kebutuhan rumah tangga seperti kebutuhan dapur, dengan demikian anda akan lebih mengetahui apa saja yang anda belanjakan setiap harinya.

Gunakan aplikasi pencatatan keuangan seperti aplikasi Buku Kas yang bisa Anda unduh di google play store untuk kemudahan pencatatan pengeluaran.

2# Analisa Pengeluaran

Setelah anda rutin melakukan pencatatan lakukan evaluasi pencatatan setiap bulan dan lihat apakah pengeluaran lebih besar dari pemasukan. Lalu cek apa saja pengeluaran terbesar pada bulan tersebut dan lakukan analisa apakah hal tersebut sangat dibutuhkan atau tidak.

Dengan melakukan analisa pengeluaran anda akan terbiasa mengoreksi pengeluaran yang tidak dibutuhkan sehiingga dapar menghindari kebocoran finansial yang disebabkan pemborosan keuangan bulanan.

3# Bedakan Kebutuhan dan Keinginan

Anda harus jeli dan menahan nafsu untuk membeli sesuatu berdasarkan keinginan sehingga mencegah diri untuk berbuat boros. Dengan memprioritaskan kebutuhan daripada keinginan akan menjadikan anda lebih bijak dalam mengambil langkah finansial.

Hal ini sangatlah penting dan menjadi banyak permasalahan di masyarakat karena membeli sesuatu berdasarkan keingingan yang ujungnya akan berakhir dengan kerugian finansial terhadap diri dan keluarga.

4# Cari Pendapatan Tambahan

Bagi anda yang sudah berkeluarga usahakan mencari pendapatan tambahan untuk menjaga kestabilan finansial yang anda miliki. Jika anda pekerja kantoran mencari tambahan sangatlah penting karena menjagakan kehidupan dari gaji tidak selamanya bisa memenuhi kebutuhan hidup.

Anda bisa mencari penghasilan tambahan dengan berjualan online atau sesuatu yang bisa menhgasilkan uang bagi anda. Dengan demikian jika sewaktu-waktu dibutuhkan tidak mengganggu cashflow keuangan anda pribadi.

Baca juga Cara Jualan di Shopee Tanpa Stok Barang Tips Pemula

 

Penutup

Demikian adalah artikel kami mengenai apa itu cashflow definisi serta jenis nya. Dengan ulasan kami diatas diharapkan dapat membantu anda dalam memahami arti cashflow dalam dunia keuangan sehingga anda dapat pempraktekan di dunia kehidupan sehari-hari.

 

Posting Komentar untuk "Cashflow Adalah ? Berikut Penjelasan dan Jenisnya"