Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Membuat Google Site Website Gratis dari Google

Google site - Google site adalah layanan dari Google untuk membuat situs website secara gratis yang diperuntukan untuk individu, profesional maupun perusahaan. Untuk membuat Google site sangatlah mudah. Anda tidak perlu melakukan coding seperti membuat website pada umumnya. Dalam Google site sudah disediakan Google site templates untuk mempermudah desain yang Anda lakukan.

Untuk membuat website di Google site Anda cukup melakukan drag and drop mouse sesuai dengan ide dan kreatifitas seperti apa website yang Anda inginkan.

 

Membuat Google Site dengan Google Site Template

Bagi Anda seorang yang awam dibidang IT tidak perlu khawatir, dengan kemauan yang keras Anda bisa membuat Google site sebagai website secara gratis yang di sediakan oleh Google ini. Dalam situs Google site telah disediakan fitur template dasar yang bisa membantu Anda untuk belajar membuat website.

Tentu hal utama yang harus Anda siapkan adalah koneksi internet yang lancar, karena Google site ini bekerja dengan cara online. Sebelum Anda masuk ke situs Google site ada baiknya Anda melakukan login terlebih dahulu ke akun Google Anda melalui email yang Anda miliki.

Masuk ke akun Google Site

Setelah Anda melakukan login melalui email, silahkan masuk ke situs Google site login melalui alamat https://sites.google.com. Jika sudah login email, Anda akan diarahkan kehalaman google site seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini.

 

membuat google site

Untuk membuat Google site sudah disediakan template yang dapat membantu Anda untuk mengenali lebih dalam cara membuat website gratis melalui Google site ini. Anda bisa memilih template yang disediakan dengan berbagai macam kategori seperti Google site template acara, Google site template portofolio, Google site template project, Google site template pendidikan dan Google site template usaha seperti usaha salon, resto dan usaha kecil lainnya.

Untuk melihat berbagai macam Google site template Anda bisa melihat dengan mengklik tombol galeri template seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini.

 

google site templates

Setelah Anda melihat daftar template pada Google site template diatas langkah selanjutnya adalah kita akan membuat contoh membuat website sederhana melalui Google site template yang sudah disediakan. Simak ulasan kami selanjutnya.

 

google site templates


Cara Membuat Google Site yang Menarik

Cara membuat Google site yang menarik pertama-tama Anda harus menentukan tema/template apa yang ingin Anda pakai, selain tema perpaduan warna sangatlah penting dalam membangun sebuah website.

Selain itu gambar pendukung sesuai dengan website yang Anda buat juga harus Anda persipkan. Usahakan Anda memiliki gambar-gambar pendukung yang menunjang website Anda nantinya agar terlihat menarik ketika website Anda siap di publish nantinya.

 

Membuat Google Site #1 -Persiapan Template Melalui Google Site Template

Pada langkah kali ini kita akan menggunakan template Google site sebagai contoh pembuatan website. Template yang digunakan yaitu template usaha kecil restoran. Anda tinggal memilih pilihan template restoran yang terlihat seperti gambar dibawah ini.

 

google site templates restoran

google template restoran


Halaman diatas merupakan tampilan template restoran yang sudah kita pilih, langkah selanjutnya yaitu Anda harus memahami ruang kerja untuk membangun situs website melalui Google site ini. Pada sisi sebelah kanan layar Anda berfungsi untuk melakukan setting berbagai pengaturan dan tools kebutuhan website seperti tampilan tema, halaman menu dan penyisipan kode-kode ringan seperti gambar, teks dan lainnya.

Sedangkan sisi sebelah kiri layar Anda adalah tampilan hasil kerja tampilan website yang Anda buat, Anda bisa melakukan drag and drop teks atau gambar pada tampilan disebelah kiri layar kerja Anda, untuk lebih jelasnya silahkan simak gambar dibawah ini.

 

google templates restoran


Membuat Google Site #2 - Mempelajari Tools Kerja

Seperti yang sudah kami jelaskan pada gambar diatas, tools kerja pada sebelah kanan layar google site terdiri dari tiga sub menu yaitu sub menu sisipkan, halaman dan sub menu tema. Masing-masing fungsinya akan kami jelaskan pada poin dibawah ini.

 

google site tools

Pada gambar diatas terdapat tools kerja yang akan membantu Anda membangun sebuah website, berikut adalah penjelasan dari tools kerja pada gambar diatas.

  1. Sisipkan, menu ini berisi fungsi-fungsi atau fitur pendukung yang ada didalam sebuah website. Contohnya adalah seperti menyisipkan gambar, video, membuat maps lokasi usaha, membuat gambar berjalan, membuat text, membuat form , menyisipkan kode-kode html dan lainnya. Dengan berbagai fitur yang tersedia pada halaman ini dapat membantu membangun website sesuai dengan kebutuhan Anda.
  2. Halaman, berfungsi sebagai tempat untuk membuat halaman pada sebuah website, Anda dapat membuat halaman sesuai dengan kebutuhan melalui Google site ini, didalam halaman ini nantinya dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan konten. Pada template restoran yang kita gunakan sudah tersedia halaman beranda, hubungi kami, chef dan halaman menu.
  3. Tema, berfungsi untuk mendesain tampilan tema website yang akan kita buat nantinya, halaman tema ini sangatlah penting untuk menciptakan warna tulisan tombol hingga background yang menarik. Dalam menu tema ini juga tersedia tampilan tema desain yang dapat Anda pilih sesuai selera.

 

Membuat Google Site #3 - Melakukan Editing Website

Setelah Anda mengetahui tools kerja yang disediakan Google site langkah selanjutnya untuk membuat Google site website adalah melakukan editing website, Hal yang harus Anda lakukan adalah melakukan edit data judul website, banner dan logo usaha yang ingin Anda gunakan nantinya.

Untuk melakukan editing website Anda cukup arahkan mouse ke lokasi yang ingin Anda rubah, sebagai contoh simak gambar dibawah ini.

 

google site templates restoran

Langkah nomor 1 yang Anda lakukan adalah merubah judul usaha yang Anda miliki, kemudian lanjut langkah kedua adalah melakukan upload logo usaha. Dan langkah nomor 3 adalah Anda melakukan edit gambar banner.

Usahakan dalam melakukan editing dibagian header website ini dilakukan dengan kombinasi warna yang menarik dan tetapkan satu warna dasar sebagai warna utama. Lihat contoh yang sudah kami buat seperti gambar dibawah ini.

 

google site templates restoran

Hasil editing website kami melalui Google site memiliki warna dasar tema coklat karena sebagai contoh kami membuat website restoran jawa yang kami berikan contoh nama resto joglo. Untuk banner belakang kami kasih gambar makanan menu lauk penyetan yang menyatu dengan warna coklat yang kami pilih.

Untuk font pada judul website yang Anda lihat diatas menyesuaikan dengan tema yang kami pilih pada pilihan menu tema. Kami menggunakan tema Google site template Diplomat sehingga secara otomatis memberikan hasil nuansa jawa yang menarik.

Bagaimana mudah kan cara membuat Google site ?

 

Membuat Google Site #4 - Melakukan Editing Konten Pada Halaman Website

Untuk melakukan editing konten pada setiap konten yang Anda butuhkan sangatlah mudah Anda tinggal masuk ke menu halaman lalu lakukan klik pada halaman yang ingin Anda edit. Sebagai contoh kita akan melakukan edit halaman menu yang berisi daftar makanan yang disajikan.

 

membuat google site templates

 

Gambar diatas adalah hasil dari editing menu makanan yang disajikan, Anda dapat menambahkan gambar makanan yang menarik sehingga memberikan kesan kepada pengunjung website bahwa perusahaan Anda dikelola dengan profesional.

Setiap konten halaman yang Anda buat tinggal menggunakan cara drag and drop sesuai dengan kebutuhan Anda.

 

Membuat Google Site #5 - Memasukan Peta Lokasi Usaha Pada Website Google Site

Untuk memasukan peta lokasi sangatlah mudah, Anda tinggal melakukan searching lokasi usaha Anda yang sudah terdaftar dalam google map. Sebagai contoh kita akan membuat tampilan peta lokasi pada halaman hubungi kami. Langkah pertama adalah masuk ke tab halaman dan pilih menu hubungi kami. Untuk lebih jelasnya silahkan simak pada gambar dibawah ini.

 

membuat google site templates

Setelah Anda masuk kehalaman hubungi kami klik pada petunjuk nomor 3 diatas untuk masuk kehalaman pencarian peta. Berikut adalah tampilan halaman pencarian peta lokasi usaha.

 

membuat google site templates

Untuk melakukan pencarian lokasi usaha sangatlah mudah, Anda tinggal melihat petunjuk pada gambar diatas, ketikan nama usaha Anda pada kolom nomor 1 maka nama usaha Anda akan muncul di peta Google map. 

Peta usaha ini muncul dengan catatan lokasi usaha Anda sudah didaftarkan kedalam Google map. Setelah lokasi usaha ketemu lalu lakukan simpan seperti petunjuk nomor 2 diatas.

Dan berikut adalah hasil peta lokasi usaha setelah dilakukan penambahan data pada menu hubungi kami, Anda juga bisa menambahkan kontak informasi berupa alamat dan nomor telfon pada bagian bawah map lokasi sebegai pelengkap.

 

membuat google site templates

 

Cara membuat Google site menarik sebenarnya sangat mudah, hanya dibutuhkan Anda latihan menguasai penggunaan tools dan kombinasi warna dan gambar yang bagus. Selain itu cara membuat Goole site menarik Anda harus melihat-lihat website milik orang lain sebagai inspirasi untuk mendesain website yang Anda bikin.

 

Membuat Google Site #6 - Publikasi Website Google Site

Setelah Anda membuat Google site dan selesai melakukan desain dengan Google site templates, langkah selanjutnya adalah mempublikasikan website yang Anda buat agar bisa diakses banyak orang. Google site menyediakan alamat domain secara gratis agar website Anda bisa diakses oleh publik. Berikut adalah langkah publikasi yang harus Anda lakukan agar website yang Anda bikin dapat diakses.

 

google site templates

 

Silakan Anda melakukan klik publikasi seperti yang terlihat pada gambar nomor 1 diatas, setelah Anda melakukan klik publikasi maka halaman Akan diarahkan ke tampilan sebagai berikut..

 

google site templates publikasi

Pada gambar nomor 2 diatas, Anda harus mengisi alamat domain pada form, kami mengisi form diatas dengan alamat restojoglo sebagai alamat domain yang kami bikin. Secara otomatis dibawah form akan membuat alamat domain website https://sites.google.com/view/restojoglo/

Selain menggunakan doman gratis Anda juga bisa membuat domain custom yang bisa Anda buat sendiri, contohnya seperti restojoglo.com , Akan tetapi Anda harus membayar biaya kepada Google untuk membeli domain tersebut.

Langkah selanjutnya adalah Anda lihat langkah nomor 3 diatas Anda kosongi saja, tujuannya adalah biar website Anda terindex di Google dan customer bisa mencari di halaman pencarian Google. Bisa juga Ada ceklist jika Anda tidak menginginkannya untuk terindex di mesin pencari Goole. Jadi sesuai dengan kebutuhan Anda mau di index di mesin pencari Google atau tidak.

Setelah itu Anda lakukan klik publikasi seperti yang terlihat pada gambar nomor 4 diatas, maka website yang Anda bikin melalui Goole site sudah jadi dan tampilan yang kami buat adalah seperti gambar dibawah ini.

 

Membuat Google site templates


Untuk melihat hasil contoh website yang kami buat Anda bisa mengaksesnya secara online pada alamat https://sites.google.com/view/restojoglo/ .

Bagaimana mudah bukan cara membuat Goole site sendiri ? Kuncinya Anda harus sering berlatih agar mahir dalam membuat website melalui Google site. Selamat mencoba.

 

Posting Komentar untuk "Membuat Google Site Website Gratis dari Google"