Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Devisa Adalah ? Berikut Penjelasan dan Fungsinya

Devisa adalah istilah ekonomi yang banyak digunakan untuk pendapatan negara di dalam expor impor barang atau jasa. Dengan adanya devisa negara bisa mendapatkan pendapatan melalui berbagai macam biaya pajak sehingga hal ini menjadi nilai positif bagi pertumbuhan ekonomi secara internasional.

Devisa Adalah

Melalui devisa juga dapat diukur perkembangan ekonomi sebuah negara dengan banyak atau tidaknya kerjasama internasional di dalam perdagangan sehingga dari hasil perdagangan tersebut banyak hal positif yang di dapatkan antara kedua belah pihak negara yang saling menguntungkan.

Bagi Anda yang sedang mencari tahu apa itu devisa dan jenis-jenis devisa dalam artikel ini kami akan mengulasnya secara singkat sehingga Anda lebih memahami dalam istilah ekonomi tentang arti devisa ini. Simak ulasan kami di bawah ini.

 

Pengertian Devisa Adalah

Devisa adalah alat pembayaran yang digunakan negara untuk melakukan sebuah pertukaran perdagangan antar negara berupa mata uang asing atau valuta asing. Alat pertukaran yang digunakan harus melalui standar dan pengakuan dari dunia internasional contohnya adalah seperti mata uang dolar Amerika Serikat.

Mata uang dolar Amerika Serikat dijadikan alat pembayaran secara internasional karena sudah memiliki pengakuan dimata masyarakat dunia internasional sehingga dapat dijadikan sebuah alat tukar untuk melakukan perdagangan internasional.

Mata uang terhadap suatu negara dapat di nilai berdasarkan hukum penawaran dan permintaan. Nilai mata uang juga dapat mudah naik dan turun tergantung kondisi ekonomi dan kebijakan pemerintah serta keadaan ekonomi global. Selain itu mata uang terhadap suatu negara daoat dipatok berdasarkan mata uang negara lainnya seperti dolar Amerika Serikat ini.

Mata uang dalam perdagangan internasional harus tercatat di bank sentral contohnya seperti dolar Amerika Serikat tadi, selain itu terdapat mata uang Yen dari Jepang yang juga dapat digunakan untuk perdagangan dan masih banyak lagi lainnya.

Baca juga Apa Itu Inflasi ? Ini Penjelasannya Secara Lengkap

 

Fungsi Devisa Adalah

Selain sebagai alat tukar perdagangan dan alat pemasukan negara, devisa memiliki fungsi lainnya terhadap suatu negara yang wajib Anda ketahui, berikut adalah fungsi dari devisa selengkapnya.

  1. Sebagai alat pembiayaan barang impor yang masuk kedalam negeri coontohnya seperti barang elektronik, produk impor dan barang rumah tangga lainnya,
  2. Sebagai sarana pembiayaan pendidikan beasiswa luar negeri.
  3. Sebagai sarana perjalanan dinas yang berhubungan dengan tugas kenegaraan.
  4. Sebagai sarana pendapatan negara melalui tenaga kerja.
  5. Sebagai sarana pembiayaan lembaga yang memberangkatkan ke luar negeri untuk berbagai keperluan.
  6. Sebagai sarana pendapatan melalui jalur jasa seperti bidang pariwisata
  7. Dan lain sebagainya

 

Jenis-Jenis Devisa Adalah

Devisa memiliki beberapa jenis yang wajib untuk Anda ketahui, berikut adalah jenis-jenis devisa yang wajib Anda ketahi.

1. DevisaUmum

Jenis devisa satu ini didapatkan dari negara lain yang melakukan ekspor ke negara kita jenisnya berupa aktivitas penyelenggaraan jasa atau penanaman modal sehingga negara tidak perlu mengembalikan modal atau jasa terhadap negara pengekspor tersebut.

2. Devisa Kredit

Jenis devisa selanjutnya adalah devisa kredit dimana sumber devisa ini berasal dari negara yang melakukan pinjaman ke negara lainnya. Hal ini dapat terjadi dikarenakan suatu negara melakukan impor barang untuk proses perdagangan atau melakukan pinjaman terhadap bank dunia.

3 Devisa Kartal

Devisa kartal adalah jenis devisa yang berbentuk uang atau logam, jenis devisa ini harus memiliki pengakuan dari dunia internasional sebagai alat tukar, seperti yang telah kami ulas pada pembahasan sebelumnya contoh jenis devisa ini adalah nilai tukar mata uang terhadap dolar, yen, euro dan sebagainya.

4 Devisa Giral

Devisa giral adalah jenis devisa yang berbentuk surat-surat berharga. Jenis devisa ini harus memiliki pengakuan dunia contohnya adalah seperti wesel, Special Drawing Rights (SDR) dan lain sebagainya.

Baca juga Cara Daftar BPJS Kesehatan Secara Online

 

Sumber Devisa

Terdapat berbagai jenis sumber pendapatan negara melalui devisa ini. Dari berbagai sumber devisa tersebut menjadikan pemasukan pajak negara bertambah sehingga dapat digunakan untuk pengelolaan perkambangan negara. Berikut adalah sumber-sumber devisa negara.

1# Pariwisata

Pariwisata merupakan sumber devisa yang sangat bagus untuk pemasukan pajak negara. Dari sektor pariwisata didapatkan berbagai macam devisa dari jasa pariwisata yang ditawarkan kepada negara internasional. Selain itu dari sektor pariwisata juga bisa dirasakan pergerakan ekonomi hingga ke kalangan masyarakat secara langsung.

2# Ekspor

Sumber devisa selanjutnya adalah dari sektor ekspor barang. Pendapatan dari ekspor ini dilakukan negara untuk mendukung perdagangan ekonomi terbuka, sehingga semakin banyak negara melakukan eksport barang semakin banyak pula devisa yang di dapatkan.

3# Bea Masuk / Impor

Sumber devisa lainnya adalah dari sektor impor atau bea masuk, dimana setiap barang yang masuk kenegara dalam jumlah yang banyak akan dikenakan pajak bea masuk setiap barangnya. Hal ini bertujuan untuk menjaga kestabilan produk dalam negeri dan selain itu dapat meningkatkan pendapatan negara.

4# Jasa

Sumber devisa lainnya adalah didapatkan dari sektor jasa, dari sektor ini sangat berpengaruh besar terhadap pendapatan negara. Contoh pendapatan dari sektor jasa adalah penyaluran tenaga kerja terhadap negara yang membutuhkan sehingga dapat mendapatkan pemasukan terhadap devisa negara.

Baca juga Fungsi Pajak Bagi Negara dan Pengertiannya

 

Penutup

Dari berbagai sumber devisa yang kami uraikan diatas akan membantu dalam  pemasukan pajak negara sehingga uang hasil devisa tersebut dapat digunakan untuk pembangunan suatu negara.

Demikian ulasan kampustekno mengenai devisa ini, semoga ulasan yang kami sampaikan bermanfaat buat anda. Dari ulasan kampustekno tentang devisa diatas tentu akan menambah wawasan anda mengenai apa itu devisa serta fungsinya bagi pendapatan negara.

Posting Komentar untuk "Devisa Adalah ? Berikut Penjelasan dan Fungsinya"