Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Demografi Adalah ? Berikut Penjelasan dan Tujuannya

Demografi adalah ilmu statiska yang bertujuan untuk menggambarkan suatu gambaran statistik populasi penduduk dengan kriteria dan variabel yang telah ditentukan. Melalui data demografi dapat dilakukan langkah yang penting untuk mengambil sebuah kebijakan disuatu wilayah tersebut.

Selain itu data demografi adalah data yang biasanya banyak digunakan untuk menganalisa populasi penduduk dengan tujuan mengambil informasi dalam berbagai hal. Salah satu contohnya adalah informasi tingkat kemiskinan suatu wilayah.

Demografi Adalah

Dengan di dapatkan hasil pemetaan tingkat kemiskinan suatu wilayah akan dilakukan analisa tentang penyebab dan langkah yang akan diambil sehingga di dapatkan keputusan dari pemerintah setempat untuk mengambil kebijakan yang dapat meningkatkan ekonomi wilayah tersebut.

Selain itu melalui data demografi juga bisa dilakukan pendataan mengenai level pendidikan, pendapatan masyarakat, penggunaan teknologi dan hal lainnya yang berhubungan dengan kehidupan penduduk disuatu wilayah tersebut. Untuk lebih jelasnya pengenai apa itu demografi berikut kami ulas dalam ulasan dibawah ini untuk anda.

Baca juga Kebijakan Moneter Pengertian dan Tujuannya

Pengertian Demografi Adalah

Banyak pengertian untuk menggambarkan arti tentang demografi, kami akan meringkasnya secara sederhana agar anda lebih memahami apa itu arti dari sebuah demografi. Berikut adalah beberapa ulasan tentang demografi ini.

Demografi adalah satu ilmu di bidang statiska yang digunkan untuk menggambarkan suatu keadaan wilayah berdasarkan variabel yang telah ditentukan untuk dijadikan sebuah data dan dilakukan analisa sehingga didapatkan hasil keputusan untuk kebijakan di wilayah tersebut.

Demografi adalah data statistika yang berhubungan dengan sebuah populasi penduduk berdasarkan berbagai variabel seperti jenis kelamin, agama, pendidikan, pekerjaan, usia ras dan lain sebagainya.

Baca juga Biaya Balik Nama Mobil dan Cara Balik Nama Mobil

Selain itu demografi adalah data yang sangat penting untuk dilakukan sebuah analisa terutama yang berhubungan dengan kebijakan pemerintah. Berbagai macam data demografi yang dibutuhkan berdasarkan tujuan dilakukannya riset demografi tersebut. Contohnya adalah sepreti pengambilan data kematian, kelahiran, kemiskinan, pendapatan masyarakat dan lain sebagainya.

Selain itu melalui peta demografi juga bisa dihasilkan sebuah keputusan yang mengarah pada kebijakan yang mendukung rakyat sehingga kebijakan yang diambil tepat sasaran sesuai dengan kondisi pada suatu wilayah tersebut. Secara tidak langsung data demografi adalah data yang dapat digunakan pemerintah untuk memetakan sebuah wilayah untuk mengambil sebuah kebijakan tertentu.

 

Tujuan dan Manfaat Demogarfi

Dalam sebuah data demografi tentu terdapat tujuan dan manfaat yang diapatkan untuk menggambarkan seuatu keadaan wilayah baik dari sisi pemerintah, sosial dan bisnis. Berikut adalah beberapa manfaat dan tujuan dari sebuah demografi.

  1. Untuk menggambarkan data suatu wilayah berdasarkan variabel tertentu.
  2. Untuk mendukung dan pengambilan keputusan bagi pemangku jabatan.
  3. Sebagai sarana untuk menjembatani penggambaran wilayah melalui data yang disajikan.
  4. Sebagai sarana untuk analisa penjualan produk bagi pelaku usaha.
  5. Untuk mendata masyarakat diwilayah tertentu berdasarkan berbagai aspek seperti sosial, ekonomi, budaya dan lain sebagainya.
  6. Sebagai alat untuk menganalisa berdasarkan data yang real dan akurat sehingga di dapatkan keputusan kebijakan bagi pengguna data tersebut.

Sifat dalam sebuah data demografi adalah data selalu diperbarui sesuai dengan periode tertentu. Pembaruan data ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan dari sebuah data. Dan pembaruan data tersebut dapat dilihat apakah keputusan yang diambil dapat berdampak positif atau tidak disuatu wilayah tersebut.

Baca juga Tabungan Emas Pegadaian dan Keuntungannya !

Demikian ulasan kampustekno mengenai pengertian demografi dan tujuannya ini. Semoga ulasan yang kami paparkan diatas dapat membantu anda dalam memahami apa itu arti dari sebuah demografi dalam bidang statistika.

Posting Komentar untuk "Demografi Adalah ? Berikut Penjelasan dan Tujuannya"