Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Aspek Pemasaran Pengertian dan Tujuannya

 Aspek Pemasaran Pengertian dan Tujuannya - Dalam menerapkan strategi bisnis tentu banyak hal yang harus dijalankan salah satunya adalah mengenai aspek pemasaran sebagai dasar ilmu bagi seorang owner bisnis untuk menjalankan beberapa hal yang berhubungan dengan strategi pemasaran.

Aspek secara dasar dalam melakukan pemasaran dan pola jalannya sebuah pemasaran tentu harus dikuasi betul bagi seorang pengusaha, agar roda kehidupan bisnis tetap berjalan sesuai dengan track perjalanan dengan tetap menghasilkan profit perusahaan.

Didalam aspek pemasaran tersendiri terdapat komponen yang saling terikat satu sama lain, sehingga semua komponen tersebut saling terikat satu sama lain dengan tujuan komposisi pemasaran yang ditetapkan perusahaan berjalan sesuai dengan target dan tujuan.

 

Aspek Pemasaran

 

Pengertian Aspek Pemasaran

Aspek pemasaran merupakan suatu kegiatan menganalisa kebutuhan dalam hal pemasaran yang meliputi berbagai aspek yang harus dipenuhi seperti lingkungan pasar, kebutuhan pasar, sumber daya manusia , strategi promosi dan hal yang berhubungan dengan jalannya sebuah pemasaran.

Didalam aspek pemasaran dibutuhkan analisis pemasaran yang mendalam agar kebutuhan akan pemasaran dapat dipetakan secara rinci sehingga didapatkan data untuk dilakukan perancangan strategi pemasaran.

Dengan analisa pemasaran ini nantinya didapatkan berbagai aspek analisa seperti kondisi kebutuhan lingkungan, karakteristik pasar, lokasi dan lainnya sehingga diketahui posisi perusahaan harus melangkah dari sudut mana dan dengan anggaran berapa sehingga daidapatkan hasil pemasaran yang maksimal.

 

Tujuan Aspek Pemasaran

Tujuan dilakukannya aspek pemasaran adalah didapatkan hasil tujuan dan target pemasaran yang sesuai dengan kebutuhan pasar dengan produk yang dimiliki perusahaan. Sehingga didapatkan penjualan produk yang maksimal dengan strategi pemasaran yang telah dilakukan dengan hasil mengingkatkan laba perusahaan yang memuaskan.

Berbeda hal jika sebuah perusahaan tidak memakai analisa aspek pemasaran tentu alur jalannya sebuah perusahaan dalam strategi pemasaran akan tanpa arah, dan cenderung menghabiskan biaya pemasaran yang besar dengan hasil penjualan yang kurang maksimal.

Disinilah fungsinya memahami aspek pemasaran dari berbagai sudut kondisi psikologis pasar dengan kebutuhan produk yang dimiliki perusahaan.

 

Komponen Jalannya Apsek Pemasaran

Melakukan Segmentasi Pasar dalam Aspek Pemasaran

Melakukan analisa segmentasi pasar merupakan hal yang penting, dengan menganalisa dan mengamati keadaan pasar dari berbagai sisi seperti kondisi geografis pasar, kondisi ekonomi, usia, kondisi psikologis pasar, kondisi sosial budaya yang mempengarui pasar.

Setiap kondisi setiap wilayah tentu kondisi segmentasi pasarnya berbeda-beda, maka dari itu diperlukan segmentasi pasar yang mendalam sehingga didapatkan hasil analisa mengenai kebutuhan produk yang cocok untuk dipasarkan di suatu daerah.

Dengan melakukan segmentasi pasar ini akan diketahui kebutuhan suatu masyarakat disuatu wilayah, apakah cocok jika dilakukan pemasaran atau tidak.

 

Analisa Kebutuhan dan Kondisi Pasar

Analisa kebutuhan pasar ini juga sangat penting untuk dilakukan, jangan sampai perencanaan pemasaran gagal tanpa dilakukan analisa kebutuan pasar dan bagaimana kondisi pasar. Analisa kebutuhan pasar dapat dilakukan dengan memperhatikan kondisi pasar dan seberapa penting produk yang akan dipasarkan tersebut bermanfaat dan dibeli.

Dengan melihat kondisi ini nantinya dapat diketahui kondisi dan kebutuhan pasar sebenarnya, sebagai contoh kondisi pasar pada saat momen pandemi covid tentu berbagai produk yang berhubungan dengan kesehatan akan meningkat penjualannya, seperti masker, obat imun tubuh dan lain sebagainya.

 

Aspek Pemasaran

 

 

Disisilain dampak secara tidak langsung yaitu program sekolah dilakukan secara daring, maka mau tidak mau banyak siswa yang harus membeli handphone atau laptop dan kuota internet untuk proses belajar secara daring. Bagi perusahaan penyedia layanan internet atau produsen handphone dan laptop tentu ini peluang karena analisa kondisi pasar yang dilakukan tersebut sangat mendukung untuk dilakukan penjualan.

Jika dalam sebuah analisa kebutuhan pasar didapatkan masyarakat yang belum mengenal atau bahkan anti terhadap produk yang ingin ditawarkan, tinggal diputuskan oleh perusahaan apakah tetap dilanjutkan atau tidak dalam melakukan strategi pemasaran disuatu wilayah tersebut, disinilah pentingnya peran sumber daya manusia perusahaan untuk bekerja keras mempengaruhi kebutuhan masyarakat akan produk baru yang akan ditwarkan tersebut.

 

Analisa Persaingan Aspek Pemasaran

Tahapan selanjutnya dalam aspek pemasaran adalah analisa persaingan produk yang ada. Pada suatu wilayah dengan tujuan target pemasaran wajib dilakukan analisa persaingan tujuannya adalah mengetahui kondisi pasar condong kearah mana produk yang disukai dan cari tahu kekurangan dalam produk tersebut.

Analisa persaingan ini bisa terjadi baik secara langsung maupun secara tidak langsung. Contoh analisa persaingan secara langsung yaitu jika sebuah perusahaan menawarkan produk minuman air galon kemasan dan didalam wilayah tersebut sudah terdapat produk air galon kemasan dengan beda merk.

 

Aspek Pemasaran

 

Dari kasus tersebut bisa dicari kelemahan produk pesaing mungkin dari sisi harga yang lebih mahal dan harus dilakukan tukar galon jika ingin membeli galon baru. Baru perusahaan menawarkan produk air galon kemasan baru dengan keunggulan seperti harga yang lebih murah dengan kepraktisan kemasan dan tidak perlu tukar galon jika ingin beli galon baru.

Sedangkan persaingan tidak langsung adalah perusahaan pesaing yang tidak memiliki produk sejenis namun tetap dapat memenuhi kebutuhan konsumen.

 

Melakukan Promosi

Setelah ketiga aspek pemasaran diatas dilakukan tahapan selanjutnya adalah melakukan strategi promosi. Dalam melakukan promosi ini dapat dilakukan baik secara tidka langsung maupun tidak langsung. Strategi promosi yang paling umum dilakukan dalam menawarkan produk adalah dengan melakukan program promo diskon seperti beli 2 dapat 1 atau potongan harga hingga 50% dalam masa periode tertentu.

Dalam melakukan promosi hal yang penting dilakukan adalah pengenalkan keunggulan produk, sehingga konsumen akan lebih teredukasi mengenai produk baru yang ditawarkan. Selain itu untuk mengenalkan produk juga dapat dilakukan dengan melalui digital marketing seperti membuat website atau promosi melalui sosial media untuk mengenalkan brand agar lebih kuat di ingatan para konsumen.

Demekian adalah artikel kami mengenai aspek pemasaran dan komponen yang berhubungan untuk menentukan keberhasilan dalam melakukan pemasaran. Tentu selain poin diatas banyak hal yang harus digali lagi untuk menentukan kesuksesan dalam memasarkan sebuah produk yang dimiliki perusahaan.

 

Posting Komentar untuk "Aspek Pemasaran Pengertian dan Tujuannya"