Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Promosi Diskon untuk Strategi Pemasaran

Promosi Diskon untuk Strategi Pemasaran - Dalam sebuah pemasaran bayak dikenal dengan istilah promosi diskon yang terbukti sangat ampuh untuk menarik minat pembeli. Pemberian diskon harga pada penjualan produk merupakan salah satu teknik yang banyak digunakan dalam hal pemasaran baik berupa produk maupun jasa.

Dengan adanya teknik potongan harga ini tentu akan lebih menarik antusiasme pembeli untuk membeli produk-produk yang diinginkan mengingat biasanya dalam penerapan promosi dibatasi dengan rentang waktu tertentu.

Secara psikologis pembelian konsumen yang diberi label diskon akan lebih tertarik membeli meskipun niat awalnya tidak ingin membeli produk yang ditawarkan.

Dengan dilakukan promosi diskon pada produk yang ditawarkan konsumen akan lebih tertarik untuk melakukan pembelian produk, hal ini terjadi karena dipikiran konsumen tidak ingin menyia-nyiakan kesempatan karena sedang ada momen diskon harga melalui produk yang ditawarkan.

 

promosi diskon

Manfaat Adanya Promosi Diskon

Banyak manfaat yang diapatkan jika Anda menerapkan program diskon produk. Tentunya dengan program diskon ini nantinya secara tidak langsung akan meningkatkan hubungan psikologis antara penjual dan pembeli. Berikut adalah manfaat umum jika Ana menerapkan strategi potongan harga pada produk yang Anda miliki.

  • Pendapatkan daya tarik terhadap konsumen meskipun tidak terjadi pembelian sehingga nama usaha yang dimiliki akan lebih dikenal.
  • Meningkatkan penjualan produk yang ditawarkan.
  • Menjaga loyalitas konsumen terhadap perusahaan.
  • Berpeluang menambah konsumen baru dalam pembelian.
  • Terdapat promosi nama usaha secara tidak langsung melalui mulut kemulut konsumen.
  • Perusahaan akan lebih dikenal lebih luas dengan promosi produk yang diberikan.

Manfaat diatas adalah manfaat yang didapatkan jika Anda menerapkan strategi promosi dengan menerapkan diskon harga pada perusahaan yang Anda miliki.

 

Contoh Strategi Promosi Diskon

banyak contoh strategi promosi diskon yang dilakukan oleh perusahan-perusahaan besar maupun perusahaan skala menengah yang bisa Anda contoh. Hal yang perlu Anda perhatikan dalam menentukan diskon adalah waktu pada saat penentuan diskon, karena waktu penentuan ini sangatlah penting untuk dijadikan patokan mulai dan berakhirnya sebuah promo.

Contohnya seperti promosi diskon pembelian baju 20% pada saat momen hari merdeka selama bulan agustus. Untuk lebih jelasnya kami akan memberi gambaran kepada Anda beberapa contoh strategi diskon produk yang bisa Anda terapkan diusaha Anda.

 

Diskon Hari Lahir

Strategi promosi potongan harga satu ini sudah banyak digunakan dalam berbagai bidang usaha seperti restoran, cafe dan produk fasion. Sebagai contoh jika Anda mengunjungi sebuah kafe yang memiliki promo potongan harga 30% pembelian pada hari ulang tahun.

Syaratnya tentu Anda harus menunjukan tanda bukti lahir Anda pada hari itu dengan menunjukan identitas KTP. Strategi ini cukup efektif bagi kalangan muda, yang informasinya cepat menyebar ke kalangan pertemanan meraka.

 

Diskon nama sesuai bulan

Teknik promo diskon harga satu ini juga sudah banyak diterapkan bagi kalangan pengusaha, namun tidak ada salahnya Anda coba. Sebagai contoh jika terdapat rumah makan bakso yang memberikan potongan harga hingga 30% yang bernama AGUS pada bulan agustus, atau yang bernama April pada bulan April.

Cara verifikasinya hampir sama dengan menunjukan kertu identitas berupa KTP, cara ini juga cukup efektif untuk menarik minat pembeli apalagi dipasang banner promosi didepan lokasi usah yang Anda miliki.

 

Diskon Kelompok

Strategi promosi diskon kelompok juga sering digunakan terutama bagi para pengusaha kuliner, diskon kelompok ini bisa diterapkan bagi Anda yang memiliki usaha seperti resto, kafe atau rumah makan. Sebagai contoh menerapkan diskon 30% pembelian dari total nota untuk kelompok 10 orang.

Strategi promosi kelompok ini bagus digunakan pada momen momen seperti perayaan ulang tahun atau pada saat bulan puasa. Tentu dalam penerapkan strategi diskon satu ini harus dibarengi dengan perhitungan yang matang agar tetap didapatkan profit keuntungan yang maksimal.

 

Promosi Diskon Member

Strategi member ini cocok digunakan bagi Anda yang memiliki usaha seperti toko kelontong atau jualan baju. Dengan menerapkan strategi member akan lebih mudah mengelola loyalitas pelanggan. Sebagai contoh promo jika konsumen terdaftar sebagai anggota member maka akan mendapat potongan harga jika sudah dilakukan 5 kali transaksi pembelian dengan total transaksi tertentu.

Potongan harga berapa persennya tentu harus diputuskan sesuai dengan kesepakatan manajemen dengan tidak mempengaruhi keuntungan penjualan.

 

Promo cashback

Strategi promo cahsback ini juga hampir mirip dengan pemberian diskon, konsepnya adalah memberikan kembalian uang pada harga produk yang dibeli. Strategi pemberian promo cashback ini cocok bagi Anda yang memiliki produk dengan nilai harga jutaan seperti berjualan produk elektronik atau kendaraan bermotor, karena agar cashback yang diberikan terkesan nilainya tinggi.

Contohnya adalah "Dapatkan casback 300 ribu untuk pembelian TV 42 inch pada toko elektronik ABC".

Secara psikologis pelanggan nilai angka 300 ribu akan terlihat besar, dan sangat menarik jika dilakukan pembelian TV dengan ukuran 42 inch tersebut.

 

Strategi promosi beli one get one ( satu dapat satu )

Strategi ini juga bisa Anda terapkan jika usaha yang Anda miliki sedang meluncurkan produk baru, umumnya strategi ini diterapkan untuk usaha kuliner khususnya adalah penjualan minuman ringan atau minuman boba.

Sebagai contoh jika Anda memiliki produk minuman boba dengan varian rasa baru maka Anda bisa menerapkan strategi promosi "Dapatkan gratis 1 minuman boba rasa jeruk untuk pembelian minuman varian baru rasa rasa apel seharga 10.000 ".

 

 

 

 

 

Posting Komentar untuk "Promosi Diskon untuk Strategi Pemasaran"