Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Internship Adalah ? Berikut Pengertian Tujuan dan Manfaatnya

Internship adalah bahasa lain dari istilah kata magang atau pelatihan yang diberikan untuk seseorang agar orang tersebut mendapatkan keahlian skil bekerja. Internship sendiri sering diadakan oleh berbagai macam latar belakang lembaga termasuk lembaga pemerintahaan yang memberikan program magang latihan kerja dalam berbagai keahlian kerja.

Internship Adalah

Program internship adalah program yang sering di identikan dengan mahasiswa yang ingin mencari pengalaman kerja khususnya bagi para mahasiswa tingkat akhir yang akan lulus untuk kemudian mencari pekerjaan. Selain mahasiswa terdapat juga berbagai latar belakang masyarakat yang boleh mengikuti program internship sesuai dengan persyaratan lembaga yang mengadakan program internship tersebut.

Baca juga Apa Itu Pekerja Freelance? Berikut Arti dan Contohnya

Dalam sekolah kejuruan atau SMK terdapat juga program magang yang dimana muridnya di terjunkan langsung ke berbagi perusahaan yang berhubungan dengan jurusan kejuruan yang diambil siswa tersebut. Program magang SMK ini dibentuk untuk menjadikan siswa SMK lebih siap bekerja saat lulus nantinya.

 

Pengertian Internship Adalah

Internship adalah suatu program latihan kerja dalam jangka pendek untuk meningkatkan skil keahlian kerja seseorang dengan tujuan mempersiapkan orang tersebut dapat mendapatkan pekerjaan sesuai dengan bidang yang diajarkan. Program internship ini bisa  diadakan oleh lembaga formal maupun non formal.

Sistem kerja program internship sendiri adala banyak mekanisme nya bisa melalui jalur seleksi, berbayar, gratis dan jalur kompetisi sesuai dengan program internship yang ditawarkan. Selain itu melalui program internship ini banyak di dapatkan talenta-talenta pekerja profesional melalui berbagai pelatihan pekerjaan yang ditawarkan.

Sebagai contoh internship dalam perusahaan adalah jika terdapat perusahaan start up yang membutuhkan anak magang sebagai programmer kemudian terdapat beberapa orang yang mengikutinya dalam program internship selama 6 bulan lamanya.

Maka secara tidak langsung peserta internship tersebut akan bekerja dan mempelajari sistem kerja dalam kantor tersebut bagaimana membangun sebuah program atau aplikasi dan mempraktekannya secara langsung. Tentu akan terdapat pendamping magang dari perusahaan yang membantu mereka untuk meningkatkan skil program yang mereka pelajari.

Baca juga Cara Mulai Bisnis Online untuk Pemula

 

Tujuan Internship

Tujuan utama internship adalah tentu untuk meningkatkan kemampuan seseorang untuk memiliki keahlian kerja. Berbagai macam keahlian kerja yang didapatkan tersebut nantinya akan di gunakan untuk melamar kerja sesuai dengan passion mereka.

Di zaman modern ini terdapat banyak sekali keahlian kerja diberbagai bidang salah satunya adalah dibidang teknologi seperti keahlian kerja di bidang desain, pemprograman, teknik SEO, editing video, konten kreator, copywriting, internet marketing dan lain sebagainya.

Selain itu banyak juga keahlian kerja di bidang lainnya seperti keahlian otomotif, memasak, perhotelan, guide pariwisata, peternakan, pertanian, kerajinan besi las dan lain sebagainya. Dari berbagai macam jenis keahlian tersebut banyak lembaga yang memberikan pelatihan secara offline.

Selain internship secara offline banyak juga yang mengadakan program internship secara online, contohnya adalah seperti pelatihan pemprograman web, pembuatan desain, pelatihan hidroponik, budidaya jamur tiram dan lain sebagainya. Biasanya program internship secara online ini diadakan dengan memasang tarif jika peserta mengikutinya.

Baca juga Cara Jualan di Shopee Tanpa Stok Barang Tips Pemula

 

Manfaat Internship Adalah

Dalam mengikuti program internship tentu terdapat manfaat yang didapatkan terutama untuk meningkatkan keahlian dalam bekerja. Berikut adalah beberapa manfaat jika anda mengikuti program internship.

  1. Menambah wawasan dalam dunia kerja.
  2. Memiliki keahliah kerja secara khusus sehingga dapat digunakan untuk melamar pekerjaan nantinya.
  3. Menambah relasi pertemanan dalam lingkup dunia kerja.
  4. Mengasah pola pikir dalam pekerjaan dan menjadi momen masa transisi dari dunia pendidikan ke jenjang karir.
  5. Menambah kedisplinan dalam diri dengan mengikuti aturan didalam lembaga internship yang telah ditentukan.
  6. Menampah keahliah softskill seperti keahlian komunikasi, menyampaikan pendapat dan gagasan serta menambah keberanian dalam diri untuk berkomunikasi dengan rekan kerja.
  7. Merasakan pengalaman bekerja.

Dari berbagai manfaat diatas tentunya akan anda rasakan secara langsung jika mengikuti program internship yang di adakan dari berbagai lembaga. Oleh karena itu anda harus berani mencoba untuk mengikuti program internship sesuai dengan minat bakat yang anda miliki.

Baca juga Apa Itu Investasi ? Ini Pengertian dan Keuntungan Investasi

 

Penutup

Program internship adalah program yang dapat membantu seseorang dalam menigkatkan kualitas diri mereka terutama menyalurkan keahlian yang di miliki melalui pelatihan dari berbagai lembaga. Oleh karena itu dengan mengikuti program internship berarti adalah ada niatan dari diri seseorang untuk meingkatkan dan mengasah kualitas yang ada didalam diri mereka.

Demikian adalah ulasan kampustekno mengenai pengertian internship tujuan berserta manfaatnya ini, semoga artikel yang kami ulas ini bermanfaat untuk anda.

 

 

Posting Komentar untuk "Internship Adalah ? Berikut Pengertian Tujuan dan Manfaatnya"