Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Itu Investasi ? Ini Pengertian dan Contohnya

 Apa itu investasi ? mungkin pertanyaan itu sering ditanyakan bagi masyarakat yang masih awam tentang dunia investasi. Wajar jika belum banyak yang mengetahui tentang investasi bagaimana investasi itu dilakukan beserta contoh investasi yang nyata disekitar masyarakat karena dunia investasi memang tidak semudah yang dibayangkan untuk menjalankannya.

Secara sederhana investasi yang dilakukan masyarakat adalah investasi yang sifatnya jangka panjang dan condong dilakukan dalam bentuk investasi properti seperti membeli tanah dan rumah namun jika diartikan lebih luas investasi ternyata banyak jenisnya dan tentu dari berbagai macam jenis tersebut memiliki teknik dan resiko tersendiri untuk menjalankannya.

Apa Itu Investasi

Bagi Anda yang sedang belajar berinvestasi kami akan mengulas tentang apa itu investasi dan apa saja jenis investasi beserta contohnya yang membuat diri Anda lebih memahami dunia investasi. Simak ulasan kami dibawah ini.

 

Apa Itu Investasi ?

Investasi adalah ketersediaan seseorang untuk menyisihkan uang dengan nilai tertentu untuk tujuan mendapatkan keuntungan dimasa depan. Dengan demikian dengan melakukan sebuah investasi orang tersebut ingin mendapatkan harta yang lebih dan berkembang dimasa yang akan mendatang.

Selain itu investasi juga bisa diartikan dengan keadaan seseorang dalam melakukan penanaman modal dalam jangka panjang untuk memperoleh laba di waktu yang akan datang. Untuk hal ini pihak yang melakukan sebuah investasi bisa disebut dengan investor.

Jenis investai yang dilakukan seseorang juga beragam dan semua tergantung orang yang berinvestasi mau dialokasikan kemada uang yang mereka miliki. Dizaman modern ini jenis investasi sangatlah banyak macam dan model bisnisnya oleh karena itu Anda harus mengetahi sebelum melangkah lebih jauh untuk melakukan investasi.

 

Apa Itu Investasi dan Contohnya

Setelah Anda memahami pengertian tentang apa itu investasi selanjutnya kita akan mempelajari contoh yang bisa Anda baca pada ulasan kami dibawah ini dengan demikian Anda akan lebih mudah dalam memahaminya.

Banyak jenis investasi yang bisa Anda lakukan agar memperoleh keuntungan dikemudian hari, tentu dari berbagai jenis investasi tersebut nantinya dibutuhkan ilmu yang memadai untuk memulainya agar investasi yang Anda lakukan tidak rugi. Berikut adalah jenis-jenis investasi yang bisa Anda lakukan.

Baca juga Cara Membeli Saham BCA Bagi Pemula

 

1# Investasi Emas

Investasi pertama yang pasti untuk dalam jangka panjang dan banyak dilakukan masyarakat adalah investasi emas. Investasi jenis satu ini merupakan jenis investasi yang tidak perlu memerlukan skil keahlian khusus dalam mengelolanya. Anda cukup membeli emas dimasa sekarang dan menjualnya 10 atau 20 tahun lagi maka uang yang Anda miliki akan terjaga dari inflasi.

Untuk melakukan investasi emas ini dizaman modern ini banyak cara yang bisa dilakukan, salah satunya aalah melakukan investasi emas melalui nabung emas pegadaian dimana Anda tinggal melakukan nabung rutin setiap bulan untuk melakukan pembelian emas. Investasi emas melalui pegadaian tersebut bisa Anda coba karena berbagai kemudahan yang ditawarkannya.

 

2# Investasi Properti

Ivestasi selanjutnya yang juga sudah banyak dilakukan masyarakat adalah melakukan investasi properti. Jenis investasi ini juga memiliki resiko yang rendah karena untuk melakukannya juga tidak perlu menggunakan skill khusus terkecuali jika Anda menjadi agen properti.

Investasi properti bisa berupa tanah, rumah, apartemen dan lain sebagainya. Banyak juga yang melakukan investasi properti berupa rumah kontrakan dan kos-kosan untuk disewakan sehingga mereka mendapatkan passive income bulanan dari uang hasil sewa tersebut.

Bagi sebagian orang yang memiliki uang lebih untuk melakukan pembelian rumah banyak yang mengincar rumah dengan sistem KPR atau kredit pemilikan rumah. Hal ini bertujuan agar uang yang mereka miliki teralokasikan dengan menyicil rumah tersebut setiap bulannya untuk kemudian rumah tersebut disewakan kepada oran lain.

 

3# Investasi Saham

Investasi saham merupakan wujud investasi dengan melakukan penanaman modal terhadap perusahaan sekuritas yang sudah terdaftar di bursa saham. Untuk melakukan investasi jenis ini Anda harus mempunyai keahlian untuk menganalisa pasar saham.

Selain itu Anda harus banyak jam terbang untuk mempelajari saham agar saham yang dibeli tidak rugi. Selain menjanjikan keuntungan yang tinggi melakukan investasi saham juga memiliki resiko yang tinggi pula jika tidak diimbangi dengan dana dingin.

Untuk melakukan investasi saham ini kami sarankan Anda menggunakan uang dingin atau uang yang memang benar-benar tidak digunakan keberadaannya. Sehingga Anda dalam melakukan investasi saham tidak mudah stress untuk menjalaninya.

Baca juga Cara Bermain Saham Dengan Modal 100 Ribu

 

4# Investasi Reksadana

Investasi rekasana merupakan jenis investasi dengan sistem iuran dana dari beberapa orang untuk dikumpulkan yang dikelola oleh manajer investasi. Investasi reksana ini beresiko lebih rendah dari pada investasi saham karena yang mengelola dana kita adalah manager investasi dimana manager tersebut sudah profesional dan diawasi langsung oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan )

Untuk melakukan investasi reksadana ini caranya cukup mudah, Anda tinggal melakukan stok uang melalui berbagai aplikasi reksadana seperti bibit dan ajaib. Anda bisa mencobanya melalui panduan dari masing-masing aplikasi tersebut.

 

5# Investasi Deposito

Yang terakhir jenis investasi yang bisa Anda lakukan dengan mudah adalah sistem deposito. Dimana jenis investasi ini Anda tinggal menaruh uang dibank dalam jangka waktu beberapa bulan hingga tahun kemudian baru bisa Anda ambil uang tersebut.

Keuntungan diambil dari bunga deposito yang diberikan oleh bank yang menawarkan produk deposito, minimal waktu investasi deposito biasanya adalah 3 bulan dimana uang kita tidak boleh diambil dalam waktu 3 bulan tersebut. Dalam waktu 3 bulan nantinya uang kita akan bertambah dari bunga deposito yang telah diberikan oleh pihak bank.

Baca juga Game yang Menghasilkan Uang Menjanjikan

 

Apa Itu Investasi - Penutup

Setelah Anda mengetahui tentang apa itu investasi sekarang tentu Anda ingin menentukan jenis investasi apa yang ingin Anda jalani. Semua jenis investasi tentu memiliki tingkat resiko masing-masing tinggal bagaimana Anda mengenalikan untuk meminimalisir resiko tersebut.

Untuk melakukan berbagai jenis investasi dibutuhkan kesabaran dalam jangka waktu yang lama agar inveestasi yang Anda lakukan berbuah manis dimasa yang akan mendatang. Semoga artikel kampustekno tentang apa itu investasi beserta contohnya ini dapat bermanfaat buat Anda.


Posting Komentar untuk "Apa Itu Investasi ? Ini Pengertian dan Contohnya"