Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

COD Artinya ? Berikut Penjelasan dan Keuntungannya

COD Artinya ? Berikut Penjelasan dan Kuntungannya - Banyak yang belum mengetahui apa itu arti COD dan bagaimana sistem COD dijalankan sehingga sering membuat mereka bingung yang ingin melakukan pembelian barang secara online.

COD Artinya

Istilah COD sendiri berkembang seiring dengan perkembangan dunia bisnis online dimana dalam menerapkan sistem transaksinya dapat dilakukan ketika barang tersebut sampai dilokasi tujuan. Melalui sistem COD ini banyak yang bisa diuntungkan diantaranya adalah kedua belah pihak antara penjual dan pembeli.

Banyak marketplace jual beli online yang menerapkan sistem COD dalam pembayarannya salah satunya adalah jika Anda melakukan belanja di Shopee. Dengan sistem COD ini akan lebih menguntungkan bagi pembeli karena kita akan mengetahui secara langsung terhadap kualitas produk yang akan kita beli.

Bagi Anda yang belum tahu apa itu arti dari COD berikut akan kami jelaskan secara singkat COD artinya dan manfaatnya buat Anda.

 

COD Artinya Adalah ?

COD berasal dari singkatan bahasa Inggris Cash On Delivery atau jika diartikan dalam bahasa indonesia adalah pembayaran tunai yang dilakukan saat pengiriman barang sampai. Secara arti istilah COD artinya adalah pembayaran yang dilakukan secara tunai saat barang yang diantarkan oleh jasa ekspedisi sampai ke lokasi tujuan.

Sistem COD sendiri menganut pada sistem pembelian yang dilakukan secara online, sehingga pihak pembeli yang melakukan pembelian secara online melakukan pembayaran secara tunai sekita barang tersebut sampai dilokasi alamat tujuan pengiriman.

Pembayaran dengan metode COD ini adalah wujud kerjasama antara marketplace atau penjual barng secara dengan jasa ekspedisi pengiriman paket yang dibeli. Sehingga jika Anda melakukan sistem pembayaran COD ini jasa ekspedisi tersebut akan melakukan kalkulasi perhitungan ongkos kirim + harga barang yang Anda beli untuk Anda bayarkan ketika barang tersebut sampai dilokasi tujuan pengiriman.

Salah satu jasa ekspedisi yang populer menerapkan sistem COD adalah J&T Express yang banyak digunakan dalam sistem marketplace aplikasi Shopee dimana dalam aplikasi tersebut menerapkan kemudahan membayar bagi para pengguna aplikasinya.

Baca juga Apa Itu E-commerce ? Ini Pengertian, Jenis dan Manfaatnya

 

Keuntungan Menggunakan Sistem COD

Banyak keuntungan jika Anda melakukan pembayaran dengan sistem COD ini. Keuntungan utama dari sistem pembayaran COD ini adalah terutama dari sisi pembeli dimana jika dari pembeli tidak memiliki rekening untuk pembayaran transfer tentu akan mempermudah untuk melakukan pembayarannya.

Kentungan lainnya dari sisi pembeli adalah dengan sistem COD ini bisa melakukan cek ricek barang yang dibeli apakah barang yang dibeli cacat atau tidak. Dengan demikian pembeli memiliki sesempatan retur barang terhadap petugas pengiriman paket.

Sedangkan keuntungan dari sisi penjual adalah dengan menggunakan sistem COD ini akan menambah kepercayaan terhadap pembeli bahwa barang yang dijual benar-benar barang yang bagus dan sesuai dengan harapan pembeli.

Baca juga Afiliasi Adalah? Berikut Penjelasan dan Keuntungannya

Selain itu dari metode COD ini memberikan kemudahaan bagi para pembeli untuk mempromosikan produk yang dijualnya terutama adalah produk yang berfsifat membutuhkan kepercayaan untuk melakukan penjualan agar pembeli yakin bahwa produk yang dibelu tersebut bagus.

 

Kelemahan Sistem COD (Cash On Delivery)

Selain memiliki kelebihan tentu sistem COD ini juga memiliki kelemahan tersendiri yang harus Ada ketahui. Keleman sistem COD ini terutama dirasakan dari sisi penjual dimana masih banyak para pembeli yang belum mengetahui aturan dari pembelian sistem COD.

Banyak para pembeli yang meretur pembelian produk COD padahal barang yang dikirimkan sesuai dengan yang dibeli. Hal ini tentu merugikan jasa ekspedisi pengiriman dan penjual karena pembeli tidak membaca deskripsi produk yang dijual secara jeli.

Banyak kasus yang viral dikarenakan sistem COD ini tidak diketahui oleh pembelinya, apalagi jika barang sudah dibuka tetapi pembeli tidak mau membayarnya. Padahal kebanyakan aturan COD adalah jika ingin membuka produk yang dibeli pembeli harus membayar kekurir terlebih dahulu. Namun yang terjadi dilapangan justru kurir yang jadi pelampiasan pembeli karena barang yang dibeli tidak sesuai versi pembeli tersebut.

Sedangkan kerugian dari sisi pembeli adalah jika barang yang dibeli tersebut tidak sesuai dengan harapan tetapi mereka harus membayar produk tersebu kekurir ketika barang sampai. Terkadang banyak juga seller atau penjual online yang curang dengan mengirimkan barang yang tidak sesuai dengan produk yang dibeli, hal ini sering terjadi meski tidak semuanya melakukan kecuarangan tersebut.

Baca juga Affiliate Shopee Cara Daftar dan Dapatkan Keuntungannya

 

COD Artinya - Penutup

Demikian adalah ulasan kami mengenai COD beserta artinya yang bisa kami sampaikan kepada Anda. Pembelian dengan sistem COD ini tentu semua dikembalikan kepada pembeli dan penjual yang harus bijak dalam memberikan pelayanan dan menyikapi jika terjadi kesalahan dalam menggunakan sistem pembayaran COD ini.

Semoga artikel yang kampustekno sampaikan mengenai COD dan artinya ini bermanfaat buat Anda sehingga menambah wawasan Anda dalam belanja online.

 

Posting Komentar untuk "COD Artinya ? Berikut Penjelasan dan Keuntungannya"