Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fungsi Pajak Bagi Negara dan Pengertiannya

 Fungsi Pajak dan Pengertiannya - Banyak masyarakat yang belum sadar akan pentingnya sebuah pajak bagi negara, dengan adanya pajak sebuah negara dapat berkembang untuk melakukan pembangunan suatu daerah demi kemajuan perekonomian daerah tersebut.

Selain itu dengan adanya pajak juga menjadikan salah satu bukti bahwa masyarakat cinta terhadap negaranya dengan ikut berkontribusi terhadap pembangunan sebuah negara. Pajak memiliki fungsi yang penting bagi peradaban dan pembangunan disuatu negara, oleh karena itu setiap warga negara yang taat harus membayar pajak sesuai dengan jenis pajak yang dikeluarkan yang sudah ditentukan negara.

Fungsi Pajak

Contoh sederhana bahwa kita taat membayar pajak dalam keseharian adalah saat kita membayar pajak kendaraan bermotor, dimana kita setiap tahunnya harus membayar pajak kendaraan di samsat yang biayanya sudah ditentukan dan manfaat dana pajak yang terkumpul salah satunya adalah untuk membangun infrastruktur jalan.

Untuk lebih jelasnya mengenai apa itu arti dan fungsi pajak, berikut kami akan mengulasnya secara detail untuk Anda.

Baca juga Biaya Balik Nama Mobil dan Cara Balik Nama Mobil

Pengertian Pajak Adalah

Pajak adalah suatu kontribusi yang diwajibkan oleh negara kepada setiap warga negara yang wajib dibayarkan dan bersifat memaksa sesuai dengan peraturan perundangan untuk tujuan dikelola negara dan berimbas kepada kemakmuran masyarakat.

Pembayaran pajak merupakan peran wajib bagi setiap warga negara untuk mencapai tujuan bersama dan dikelola untuk pembangunan secara nasional. Sehingga sejatinya pembayaran pajak yang dilakukan setiap warga negara akan kembali dinikmati oleh warga itu sendiri untuk kemajuan bersama.

Pengelolaan pajak sendiri diskelola langsung oleh pemerintah dalam hal ini yang bertugas mengelola pajak negara adalah direktorat jendral pajak yang dimana mengelola pajak yang dihimpun dari daerah-daerah dari berbagai jenis macam pajak yang dilakukan.

Baca juga Apa Itu Inflasi ? Ini Penjelasannya Secara Lengkap

 

Fungsi Pajak

Menurut situs pajak.go.id ada beberapa fungsi pajak dan memiliki peranan penting dalam siklus berkehidupan bernegara. Pajak merupakan sumber penting dalam membiayai jalannya sebuah negara untuk membiayai semua pengeluaran negara termasuk dari sektor pembangunan. Berikut adalah fungsi pajak didalam sebuah negara.

1# Fungsi Mengatur

Melalui pajak pemerintah dapay mengatur berbagai aspek pertumbuhan ekonomi melalui kebijakan pajak dan regulasinya. Melalui fungsi pajak mengatur ini dapat digunakan sebagai sarana untuk menjapai sebuah tujuan bernegara.

Sebagai contoh adalah sebagai sarana untuk melakukan penggiringan penanaman modal baik diluar maupun dalam negeri yang memberikan fasilitas keringanan pajak. Melalui pajak juga bisa dilakukan pengaturan penetapan pajak yang tinggi jika ada produk yang masuk kedalam negeri melalui penetapan bea masuk barang.

2# Fungsi Pajak Stablilitas

Dengan uang yang dikumpulkan melalui pajak masyarakat, pemerintah dapat menjalankan stabilitas dalam suatu negara dengan mengendalikan stabilitas harga untuk menanggulangi dampak inflasi. Salah satunya adalah dengan melakukan regulasi pengaturan peredaran uang yang beredar di masyarakat, penggunaan pajak yang efektif efisien dan melakukan pemungutan pajak.

3# Fungsi Pajak Anggaran

Fungsi utama dari sebuah penarikan pajak adalah untuk membiayai berbagai pengularan negara. Dengan fungsi pajak sebagai anggaran dapat dilakukan dalam berbagai macam tugas jalannya sebuah negara. Diantara fungsi anggaran pajak adalah menjalankan tugas-tugas rutin negara sebagaimana yang tercantum dalam undang-undang dasar.

Contoh lain dari penggunaan pajak untuk anggaran adalah untuk membiayai belanja pegawai, melaksanakan pembangunan, belanja barang, pemeliharaan, mensejahterakan kepentingan umum dan lain sebagainya. Dengan adanya pungutan pajak tersebut tentu hasilnya akan kembali ke masyarakat sehingga dampaknya dapat dirasakan secara langsung oleh masyarakat.

 

4# Fungsi Redistribusi Pendapatan

Fungsi pajak selanjutnya adalah sebagai redistribusi pendapatan. Dimana pajak yang sudah dipungut semuanya akan digunakan untuk kepentingan umum termasuk mengelola dana pajak untuk biaya pembangunan insfratruktur dengan tujuan membuka kesempatan pekerjaan bagi masyarakat luas. Dengan demikian ekonomi akan berjalan dan dapat dinikmati oleh masyarakat hingga kalangan bawah.

Baca juga Apa Itu Investasi ? Ini Pengertian dan Contohnya

 

Penutup

Dari berbagai ulasan kampustekno diatas mengenai pengertian dan fungsi pajak tentu Anda akan lebih mengetahui secara detail mengenai tujuan dari penerimaan pajak didalam sebuah negara. Selain itu dengan adanya sistem pajak sebuah negara dapat lebih berkembang untuk kemajuan sebuah bangsa dan negara.

Demikian adalah ulasan kampustekno mengenai pajak pengertian dan fungsinya, semoga ulasan kami tentang pajak ini dapat menambah wawasan dan pengatuan bagi Anda mengenai dunia perpajakan khususnya di negara Indonesia.

 

 

Posting Komentar untuk "Fungsi Pajak Bagi Negara dan Pengertiannya"