Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ekspansi Adalah ? Berikut Penjelasan dan Jenisnya

Ekspansi adalah bahasa yang sering digunakan dalam istilah bisnis yang menunjukan perkembangan suatu usaha yang dilakukan. Kata ekspansi sering muncul jika kita membahas hal seputar dunia usaha atau bisnis yang dilakukan oleh seseorang.

Selain berkembang di dunia bisnis kata eskpansi sendiri memiliki arti yang beragam sesuai dengan konteks yang dibahas pada penempatan kata tersebut. Dalam ilmu fisika kata ekspansi adalah proses pemuaian yang dialami oleh elemen uap dan gas sedangkan dalam ilmu ekonomi ekspansi adalah sebuah proses perluasan peredaran uang ke sebuah sirkulasi.

Ekspansi Adalah

Ekspansi sendiri lebih sering digunakan dan kita dengar dalam pembahasan kemajuan usaha, hal ini terjadi karena kata ekspansi cocok untuk menggambarkan sebuah perkembangan usaha yang dilakukan perusahaan atau individu. Untuk lebih lengkapnya berikut kami ulas mengenai istilah ekspansi dalam dunia usaha lebih lanjut dibawah ini.

Baca juga Apa Itu Inflasi ? Ini Penjelasannya Secara Lengkap


Ekspansi Usaha Adalah

Dengan melakukan sebuah ekspansi perusahaan atau usaha yang dilakukan individu akan lebih berkembang sesuai dengan tujuan ekspansi tersebut dilakukan. Sebuah bisnis yang dilakukan ekspansi tentu memiliki sebuah visi yang besar demi perkembangan usaha yang dilakukan, selain itu dengan dilakukannya ekspansi perusahaan akan bisa lebih menjangkau ke calon customer yang lebih luas dan dapat menguasai suatu daerah pemasaran.

Ekspansi adalah suatu proses untuk meningkatkan perkembangan usaha yang dilakukan untuk menciptakan pasar baru, perluasan fasilitas untuk memenuhi kebutuhan pasar dengan tujuan peningkatan ekonomi dan pertumbuhan usaha yang dilakukan.

Dengan dilakukannya ekspansi memungkinkan perusahaan untuk mengembangkan sayap dan bisa menilai dalam segi ekonomi apakah ekspansi yang dilakukan menguntungkan dimasa depan atau tidak. Hal ini dilihat dari permintaan pasar dan proses produksi yang dilakukan apakah didapatkan hasil yang menguntungkan apakah tidak.

 

Fakor dilakukannya Ekspansi Adalah

Faktor utama mengapa sebuah perusahaan melakukan ekspansi adalah karena permintaan akan sebuah barang atau jasa meningkat disuatu wilayah tersebut sehingga pelaku usaha harus meningkatkan kapasitas produksinya untuk memenuhi kebutuhan pasar.

Namun jika perhitungan secara nilai ekonomi dengan dilakukannya ekspansi akan menyebabkan kebangkrutan maka perusahaan harus menimbang dan menilai ulang bahwa ekspansi yang dilakukan bukan suatu hal kewajiban meski permintaan barang jasa meningkat.

Baca juga Apa Itu Investasi ? Ini Pengertian dan Contohnya

Sebagai contoh jika terdapat suatu permintaan barang disuatu wilayah terpencil dengan kapasitas yang banyak setiap bulannya namun diwilayah tersebut sarana transportasi belum memadai dan akses menuju wilayah tersebut sangat sulit karena karena harus menyebrangi sungai dan lain sebagainya maka perusahaan harus menimbang lebih dalam lagi apakah harus dilakukan ekspansi atau tidak.

Tentu pertimbangan utama yang harus diperhatikan adalah fakor ekonomi keuntungan dan resiko yang dijalani ketika proses pengiriman barang yang dilakukan apakah bisa menyebabkan proses biaya distribusi membengkak atau tidak.

 

Jenis-jenis Ekspansi Adalah

Ada beberapa tahapan dalam melakukan proses ekspansi sebuah usaha, dari proses ini nantinya akan berjalan arah ekspansi yang dilakukan sebuah perusahaan sejauh mana keuntungan yang di dapatkan dari proses ekspansi tersebut. Berikut adalah jenis-jenis dari proses ekspansi.

1# Akuisisi

Cara pertama dilakukannya ekspansi adalah dengan teknik akuisisi. Teknik ini banyak dipakai oleh perusahaan-perusahaan besar yang sudah maju. Untuk memperluas bisnis yang dimilikinya dalam berbagai bidang biasanya sebuah perusahaan yang maju ingin mengembangkan sayap keberbagai bidang lainnya untuk didapatkan sebuah keuntungan yang lebih besar.

Proses akuisisi sendiri dilakukan dengan cara membeli saham dari sebuah perusahaan tersebut, dibutuhkan modal yang besar untuk proses akuisisi sebuah perusahaan karena secara tidak langsung perusahaan melakukan akuisisi dengan cara membeli perusahaan yang diakuisisi tersebut.

Baca juga Pinjaman Online Bunga Rendah Pencairan Cepat

2# Merger

Proses ekspansi kedua adalah dengan cara merger atau penggabungan usaha. Merger dilakukan untuk menggabungkan dua bisnis yang sejalan atau saling membutuhkan untuk dilakukan kolaborasi dalam produk maupun jasa yang dimiliki perusahaan.

Tujuan dilakukannya sistem merger salah satunya adalah untuk memperoleh aset yang tidak berwujud yang dimiliki perusahaan yang dimerger contohnya seperti brand perusahaan, hak paten database pelanggan dan lain sebagainya.

3# Hostile takeover (Pengambilalihan Paksa)

Cara ketiga dalam proses ekspansi adalah dengan sistem mengambil alih paksa, cara ini dilakukan karena sebuah perusahaan mengalami perjalanan bisnis yang tidak sesuai sehingga berakibat kebangkrutan jika terus dilakukan. Pengambilan paksa dilakukan dengan cara pembelian saham secara paksa dan akan dilakukan perombakan manajemen perusahaan secara besar-besaran.

Selain faktor diatas, mengambil alih paksa juga bisa dilakukan karena faktor lainnya seperti terjadinya kasus oleh pemilik saham perusahaan sehingga harus diambil alih oleh perusahaan lain untuk menyelamatkan perusahaan tersebut.

 

4# Leveraged Buyout (Pembelian Terutang)

Cara ekspansi terakhir adalah dengan memberikan utang kepada perusahaan yang akan dilakukan ekspansi. Dengan demikian perusahaan atau individu pemberi hutang akan memiliki kememilan perusahaan secara tidak langsung melalui modal hutang yang diberikan tersebut.

Baca juga Cara Mendapatkan Uang Dari YouTube Bagi Pemula

 

Penutup

Dari ulasan kami mengenai ekspansi diatas diharapkan Anda lebih memahami mengenai istilah ekspansi secara bisnis sehingga dapat menambah wawasan bagi Anda tentang dunia usaha yang dilakukan oleh perusahaan-perusahaan besar.

Demikian ulasan kampustekno mengenai istilah kata ekspansi ini. Semoga artikel tentang ekspansi diatas dapat bermanfaat bagi Anda.

 

Posting Komentar untuk "Ekspansi Adalah ? Berikut Penjelasan dan Jenisnya"