Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Afiliasi Adalah? Berikut Penjelasan dan Keuntungannya

Afiliasi adalah istilah bahasa digital marketing untuk sebuah sistem kerjasama penjualan antara perusahaan dengan para pelanggan atau invidu lainnya. Dengan sistem afiliasi ini akan didapatkan simbiosis mutualisme dimana akan terdapat keuntungan bersama antara perusahaan yang memberikan afiliasi dengan orang yang melakukan kerjasama afiliasi.

Afiliasi Adalah

Afiliasi dapat memberikan seseorang penghasilan tambahan dengan cara menjualkan produk perusahaan atau individu. Setiap penjualan yang dilakukan akan dilakukan sistem komisi sekian persen dari perusahaan pemberi afiliasi.

Produk yang dijual dengan sistem afiliasi ini juga beragam mulai dari produk rumah tangga, elektronik produk digital, jasa dan lain sebagainya. Cara kerja untuk melakukan afiliasi juga sangat mudah hanya dengan mempromosikan link produk yang diberikan perusahaan kemudian Anda sebarkan kepada orang lain.

 

Apa itu Afiliasi ? Afiliasi adalah

Afiliasi memiliki arti yang sangat luas tergantung dengan konteks yang dibahas. Secara bahasa afiliasi adalah hubungan antara perusahan dengan cabang atau anggota lainnya. Dalam konteks bisnis afiliasi adalah hubungan antara perusahan dengan perusahaan lainnya untuk memperloleh keuntungan bersama, hubungan bisa berupa hubungan kerjasama produk, manajemen dan lain sebagainya.

Afiliasi dalam konteks digital marketing memiliki arti yang berbeda lagi namun dengan konsep yang sama yaitu bekerjasama dengan tujuan saling mengungungkan. Afiliasi adalah hubungan kerjasama antara perusahaan atau individu untuk melakukan penjualan produk sehingga didapatkan keuntungan bersama.

Dalam proses bisnis online banyak sistem bisnis yang dijalankan dengan model afiliasi ini, salah satu contohnya adalah program affliate shopee atau tokopedia. Dimana Anda dapat melakukan penjualan produk didalam marketplace tersebut untuk mendapatkan keuntungan dari penjualan produk yang Anda promosikan.

Baca juga Affiliate Shopee Cara Daftar dan Dapatkan Keuntungannya

 

Cara Kerja Afiliasi adalah

1# Melakukan Pendaftaran Program Afiliasi

Cara kerja sistem afiliasi ini sangat mudah untuk dilakukan terutama bagi Anda yang sering melakukan aktivitas online di internet. Anda cukup mencari perusahaan yang menyediakan program afiliasi contohnya adalah seperti shopee affiliate.

Setelah Anda mendaftar sebagai member afiliasi nanti Anda akan diarahkan berbagai hal teknis untuk melakukan promo produk dengan program afiliasi tersebut. Setiap perusahaan yang melakukan sistem afiliasi tentu memiliki sistem atau aplikasi tersendiri untuk memantau proses penjualan afiliasi yang Anda lakukan.

 

2# Promosi Menggunakan Kode Referal

Cara kerja afiliasi yang kedua adalah dengan melakukan share atau sebar link menggunakan kode referal afiliasi yang Anda miliki. Sebagai contoh jika Anda sudah memiliki produk yang Anda jual melalui link kode referal selanjutnya Anda tinggal share link tersebut keberbagai sosial media yang Anda miliki.

Setiap orang yang melakukan pembelian produk dengan kode referal yang Anda miliki Anda akan mendapatkan komisi sesuai dengan pernjanjian setiap melakukan penjualan produk. Komisi penjualan ini biasanya ditentukan oleh jenis produk yang dijual, semakin besar harga produk yang dijual semakin besar pula keuntungan yang diperoleh.

 

3# Dapatkan Keuntungan atau Komisi

Setelah Anda berhasil melakukan penjualan produk cara kerja selanjutnya dalam program afiliasi adalah Anda akan mendapatkan bagi hasil komisi. Bagi hasil komisi ini bisa dilakukan setiap seminggu, dua minggu hingga sebulan sekali jika batas minimal pencarian uang Anda sudah tercapai.

Dizaman modern ini cara afiliasi penjualan produk dapat dilakukan dengan mudah karena Anda tidak perlu melakukannya secara offline mendatangi orang satu-persatu. Anda cukup melakukan share link kode referal afiliasi yang Anda miliki kepada teman maupun kerabat Anda untuk melakukan pembelian produk yang Anda promosikan.

 

Contoh Program Afiliasi

Dibawah ini adalah beberapa contoh program afiliasi yang bisa Anda ikuti untuk Anda jadikan penghasilan tambahan. Anda cukup siapkan kuota internet untuk bekerja duduk manis sambil sebar link. Berikut adalah contoh program afiliasi yang bisa Anda ikuti.

  1. Program afiliasi Shopee
  2. Program afiliasi Tiket.com
  3. Program afiliasi tokopedia
  4. Program afiliasi Zalora
  5. Program afiliasi Amazon
  6. Program afiliasi Niagahoster
  7. Program afiliate Evermos
  8. Dan lain sebagainya

Dari beberapa perusahaan diatas bisa Anda ikuti untuk menjadi partner program afiliasi untuk menambah uang jajan Anda. Demikian ulasan kampustekno mengenai artikel yang berjudul Afiliasi adalah? Berikut Penjelasan Lengkapnya ini semoga artikel ini bermanfaat buat Anda.

 

 

Posting Komentar untuk "Afiliasi Adalah? Berikut Penjelasan dan Keuntungannya"