Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Yang Dimaksud dengan Iklan ? Ini Jawabannya

Apa yang dimaksud dengan iklan ? pertanyaan ini sering diajukan bagi mereka yang sedang belajar dunia periklanan. Sebuah produk untuk bisa dikenal oleh masyarakat luas dibutuhkan iklan. Iklan yang dibuat dengan berbagai konsep yang menarik untuk menggambarkan produk yang dijual agar masyarakat lebih tertarik dengan maksud produk tersebut dikenal luas.

Melalui sebuah iklan nantinya produk jasa yang ditawarkan perusahaan akan lebih mudah diingat masyarakat dan hasilnya adalah masyarakat membeli produk tersebut. Selain itu dengan adanya iklan barang yang di cari masyarakat sesuai dengan kebutuhan akan mudah ditemukan.

Bagi Anda yang sedang belajar atau mengenal dunia periklanan tentu bertanya sebenarnya apa yang dimaksud dengan iklan ? dan apa saja jenis iklan yang banyak beredar sekitar kita. Jangan kawatir kampustekno akan membahasnya secara ringkas untuk kebutuhhan informasi Anda dalam artikel yang berjudul apa yang dimaksud dengan iklan ini .

 

Apa Yang Dimaksud dengan Iklan ?

Iklan adalah sebuah sarana untuk mengemas sebuah produk dengan tampilan menarik dan berisi ajakan untuk menggunakan produk tersebut dengan tujuan agar produk lebih dikenal lebih luas dan di ingat masyarakat. Melalui sebuah iklan berbagai macam produk jasa lebih dikenal luas sesuai dengan target iklan yang diterapkan.

Semakin berkembangnya industri periklanan terutama melalui digital marketing membuat jenis iklan semakin bertambah banyak dan media untuk melakukan publikasi iklan juga bervariasi pilihannya.

Jenis dan karakteristik iklan juga memiliki beragam ciri sesuai dengan tujuan iklan tersebut dibuat. Hal ini bertujuan agar iklan yang dibuat lebih tertarget sesuai dengan pasar yang dibidik sebuah perusahaan.

Gimana sekarang Anda sudah memahami apa yang dimaksud dengan iklan ?

Baca juga Iklan Komersial Pengertian dan Contohnya

 

Tujuan Iklan

Ada beberapa tujuan mengapa sebuah iklan dibuat dan berikut  adalah mengapa sebuah iklan dibuat yang bisa Anda simak penjelasanya.

1# Memberikan Informasi

Hal pertama mengapa iklan dibuat adalah untuk memberikan informasi kepada target audien atau masyarakat dengan demikian masyarakat akan lebih mengetahui bahwa terdapat produk yang diiklankan.

2# Memberikan Ajakan

Selain memberikan informasi tujuan dibuat iklan adalah mengajak untuk menggunakan produk yang diiklankan sesuai dengan apa yang dibutuhkan masyarakat. Dengan harapan jika sewaktu-waktu masyarakat butuh dengan produk yang di iklankan akan membeli produk tersebut.

3# Memperkuat Ingatan

Tujuan iklan dibuat berikutnya adalah memberikan ingatan yang kuat terhadap masyarakat bahwa produk tersebut dikenal dengan brand yang kuat diingatan masyarakat. Dengan demikian tercipta hubungan psikologis secara tidak langsung antara produk dengan masyarakat pengguna produk tersebut.

4# Menambahkan Nilai

Selain itu tujuan sebuah iklan dibuat adalah mengenalkan kepada masyarkaat bahwa produk yang di tawarkan memiliki nilai yang bermanfaat buat masyarakat sehingga setiap iklan yang ditampilkan selalu memberikan kelebihan dan manfaat mengapa produk tersebut harus dibeli.

Baca juga Contoh Iklan Produk yang Menarik untuk Promosi

 

Jenis-jenis Iklan

Selain tujuan sebuah iklan juga memiliki berbagai macam jenis yang wajib Anda ketahui. Berbagai jenis iklan yang ditawarkan tersebut memiliki tujuan yang berbeda sesuai dengan kebutuhan pengiklan berikut adalah berbagai macam jenis iklan yang beredar di masyarakat.

1# Iklan Layanan Masyarakat

Iklan ini berisi layanan kepada masyarakat berupa himbauan atau ajakan untuk melakukan sesuatu agar masyarakat lebih sadar terhadap suatu hal yang di iklankan. Iklan layanan masyarakat ini lebih sering di persembahan oleh sebuah instansi atau lembaga pemerintahan. Sebagai contoh adalah iklan himbauan memakai masker saat pandemi covid 19 atau iklan ajakan untuk melakukan vaksin covid 19.

2# Iklan Pengumuman

jenis iklan selanjutnya adalah ikland alam bentuk pengumuman. Biasanya iklan ini juga dilakukan oleh berbagai instansi atau organisasi dengan tujuan pemberikan informasi. Iklan pengumuman bisa memiliki target orang tertentu dan masyarakat secara luas. Contoh ikla pengumuman adalah seperti diadakannya sebuah event atau pengumuman batas terakhir pembayaran pajak kendaraan oleh instansi pemerintah.

3# Iklan Komersial

Jenis iklan ini adalah iklan yang sering beredar di masyarakat. Iklan komersial merupakan jenis iklan yang menawarkan produk kebutuhan masyarakat. Iklan komersial juga bisa Anda lihat secara langsung di televisi dengan tujuan untuk menawarkan produk untuk dibeli.

4# Iklan Permintaan

Iklan permintaan ini merupakan jenis iklan yang memberikan informasi mengenai kebutuhan permintaan produk atau jasa. Contoh iklan permintaan adalah seperti iklan lowongan pekerjaan yang banyak ditemukan di iklan media cetak dalam iklan baris atau iklan kolom.

 

Apa Yang Dimaksud dengan Iklan - Contoh Iklan

Berbagai contoh iklan bisa Anda temukan baik diberbagai media digital, cetak maupun televisi. Dari beragam jenis iklan tersebut tentu terdapat berbagai macam produk yang ditawarkan untuk kebutuhan masyarakat sehari harin. Berikut adalah beberapa contoh iklan yang untuk gambaran Anda.

1# Contoh Iklan Indomie

Siapa yang tidak mengenal produk makanan satu ini. Indomie merupakan produk makanan yang produksi didalam dan luar negeri. Berbagai produk makanan indomie memiliki variasi yang bisa dinikmati oleh para konsumennya.

Apa Yang Dimaksud dengan Iklan

Jenis iklan produk indomie merupakan jenis iklan komersial dengan tujuan untuk menawarkan produk makanan mie instan yang praktis untuk dimakan.

Baca juga Contoh Iklan Produk Makanan Menarik

 

2# Contoh Iklan Teh Botol Sosro

Selain produk Indomie contoh iklan lainnya adalah iklan minuman dalam botol teh dengan nama brand legendaris teh botoh sosro. Minuman jenis ini sudah sangat dikenal oleh masyarakat secara luas namun produk satu ini tetap selalu melakukan iklan dengan tujuan agar semakin melekat dengan ingatan masyarakat.

Apa Yang Dimaksud dengan Iklan

Banyak masyarakat sudah mengingat jargon " apapun makanannya minumnya teh botol sosro" sehingga melalui jargon tersebut semua akan tahu bahwa produk yang diiklankan adalah minuman teh botol sosro.

 

3# Contoh Iklan le minerale

Contoh iklan berikutnya adalah produk minuman kemasan le minerale. Minuman satu ini juga memiliki ciri khas minuman dengan rasa ada manis-manisnya didalamnya sehingga teknik bujukan yang diklankan  tersebut membuat masyarakat penasaran dan ingin mencobanya.

Apa Yang Dimaksud dengan Iklan

Jargon "ada manis-manisnya ternyata sukses diterapkan dalam iklan le minerale untuk menarik daya beli masyarakat. Selain dari jargon yang fenomenal tersebut kualitas air juga sangat bagus untuk dikonsumsi masyarakat sehingga produk le minerale ini mampu merebut hati masyarakat untuk menjadi produk baru dibidang minuman air kemasan.

Selain itu produk ini juga melakukan ebrbagai inovasi produk sepeti menjual air kemasan dalam galon dengan harga yang lebih murah dari kometitornya. Tidak hanya itu le minerale menjual galon dengan menawarkan kepraktisannya dengan tanpa ribet harus menukarkan galon kosong.

Baca juga Contoh Iklan Kolom dan Pengertiannya

 

Apa Yang Dimaksud dengan Iklan - Penutup

Setelah kita membahas apa yang dimaksud dengan iklan dengan pengertian dan jenis iklan yang sudah kami ulas diatas tentu Anda akan lebih memahami dan mengetahui lebih dalam tentang dunia periklanan. Selain itu dari berbagai contoh yang kami berikan diatas juga bisa lebih memahami tentang jenis iklan yang ada disekitar Anda.

Somoga artikel kampustekno mengenai apa yang dimaksud dengan iklan ini bisa menjawab pertanyaan Anda dan memberikan gambaran lebih dalam mengenai arti dari iklan.

 

Posting Komentar untuk "Apa Yang Dimaksud dengan Iklan ? Ini Jawabannya"