Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Itu Reksa Dana ? Ini Pengertian dan Manfaatnya

Apa itu reksa dana ? Mungkin pertanyaan tersebut banyak ditanyakan oleh masyarakat yang masih awam dalam duni investasi. Banyak generasi mileneal yang mulai melirik berbagai macam instrumen investasi salah satunya adalah investasi reksa dana.

Dengen malakukan investasi sejak dini diharapkan dapat memberikan kesejahteraan dimasa yang akan datang sehingga dapat menjamin kehidupan dimasa tua untuk berbagai manfaat kebutuhan seseorang. Dalam artikel ini kita akan membahas apa itu reksa dana dan bagaimana manfaat reksa dana untuk investasi dimasa depan.

Apa Itu Reksa Dana


Apa itu Reksa Dana ?

Reksa dana adalah salah satu instrumen investasi yang dapat memberikan keuntungan dimasa mendatang. Secara tidak langsung reksa dana adalah memberikan bantuan modal kepada para mengusaha yang dikelola oleh manajer investasi sehingga meminimalisir dampak kerugian.

Sistem kerja reksa dana adalah dengan menghimpun dana masyarakat untuk dikumpulkan kemudian dilakukan investasi ke perusahaan dalam bentuk portofolio efek (saham) yang dikelola oleh manajer investasi. Melalui reksa dana juga investasi menjadi semakin mudah karena pengelolaan dana dilakukan langsung oleh manajer investasi yang sudah memiliki jam terbang dan pengalaman yang tinggi.

Dalam pengelolaan dana investasi ini juga diawasi langsung oleh pemerintah melalui OJK (Otoritas Jasa keuangan) sehingga investasi yang dilakukan oleh masyarakat tetap aman dan legal. Reksa dana bisa dibeli masyarakat melalui berbagai platform aplikasi digital yang sudah banyak beredar seperti aplikasi bibit atau ajaib.

Baca juga Cara Bermain Saham Dengan Modal 100 Ribu

 

Manfaat Memiliki Reksa Dana

Setelah Anda mengetahi apa itu reksa dana selanjutnya kita akan membahas manfaat jika Anda memiliki reksa dana. Reksa dana memberikan banyak keuntungan jika dalam melakukan pengelolaan dana sesuai dengan prosedur dan aturan yang berlaku. Berikut adalah manfaat jika Anda memiliki reksa dana.

  1. Dengan memiliki reksa dana mempermudah pemodal untuk melakukan investasi dipasar modal tanpa harus memiliki keahlian khusus.
  2. Menghemat waktu, dengan menggunakan reksa dana waktu Anda akan lebih hemat karena tidak perlu repot dalam menganlisa saham secara langsung. Anda cukup setorkan modal dan semua analisa saham akan dikelola oleh manajer investasi.
  3. Dapat dimulai dari modal yang kecil, untuk menabung reksa dana tidak harus memiliki modal yang besar. Anda cukup melakukan nabung rutin setiap minggu atau bulan dan mendapatkan hasilnya dalam jangka panjang.
  4. Resik relatif kecil karena semua dikelola oleh manajer investasi, dengan reksa dana Anda dapat meminimalisir resiko kerugian karena modal yang Anda keluarkan tidak harus besar. Sebagai contoh jika Anda ingin membeli obligasi yang membutuhkan dana besar namun melalui reksa dana Anda bisa membelinya dengan harga yang murah karena dana nantinya menunggu terkumpul dari para anggota lainnya untuk dibelikan produk obligasi.

Selain dari manfaat diatas tentu masih banyak manfaat lainnya jika Anda melakukan investasi melalui reksa dana. Semua keputusan bisa Anda pilih sesuai dengan kemampuan Anda untuk terjun dipasar modal melalui reksa dana.

Baca juga Kredit Pemilikan Rumah KPR dan Cara Pengajuannya

 

Resiko Reksa Dana

Sama seperti investasi lainnya tentu reksa dana juga memiliki resiko jika Anda melakukan investasi di pasar modal melalui cara ini. Berikut adalah jenis resiko pada reksa dana untuk Anda ketahui.

  1. Risiko Likuiditas yaitu resiko yang dihadapi oleh manajer investasi jika sebagian besar pemegang unit melakukan penjualan atas unit yang dipegangnya. manajer investasi akan kesulitan dalam menyediakan uang secara tunai atas penjualan kembali tersebut.
  2. Risiko Wanprestasi yaitu resiko yang dihadapi ketika perusahaan asuransi yang mengangsurasikan reksa dana tidak segera membayar ganti rugi atau membayar lebih rendah dari nilai pertanggungan jika terjadi hal yang diluar dugaan.
  3. Resiko berkurangnya unit yaitu resiko turunnya nilai harga dari Efek seperti saham, obligasi, dan surat berharga lainnya.

Dari berbagai jenis resiko diatas semua bisa diatasi dengan melakukan manajemen resiko reksa dana. Dengan melakukan manajemen resiko akan memperkecil resiko kerugian dalam permodalan reksa dana.

Baca juga Tabungan Emas Pegadaian dan Keuntungannya !

 

Penutup Apa itu Reksa Dana

Demikian ulasan kami mengenai apa itu reksa dana dan manfaat reksa dana untuk investasi. Bagi Anda yang ingin memulai berinvestasi reksa dana Anda bisa memulai dengan modal yang minim sambil proses mempelajari jalannya perkembangan reksa dana yang Anda miliki.

Demikian ulasan yang kami berikan untuk Anda semoga ulasan yang kami berikan mengenai definisi apa itu reksa dana in dapat menambah wawasan Anda tentang dunia investasi.

 

 

Posting Komentar untuk "Apa Itu Reksa Dana ? Ini Pengertian dan Manfaatnya"