Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Iklan Kolom dan Pengertiannya

Contoh Iklan Kolom - Semakin berkembangknya industri periklanan menjadikan banyak pilihan layanan yang disediakan baik dari layanan digital maupun non digital. Salah satu jenis perikalanan yang populer digunakan bagi untuk para individu maupun perusahaan salah satunya adalah Iklan kolom.

Iklan kolom biasanya banyak digunakan jasa perilakanan media cetak atau koran, dengan berbagai ciri khas bahasa dan stuktur tata letak yang dimilikinya. Tujuan dari iklan ini adalah untuk memasarkan sebuah produk jasa atau sesuatu hal yang membutuhkan promosi untuk kepentingan penjualan.

Kelebihan dari iklan jenis ini adalah biaya yang terjangkau dengan jumlah audien pembaca yang relatif banyak tergantung jenis koran atau media cetak yang dipasarkan.

Iklan kolom ini banyak sekali penggemarnya terutama dari sisi pembaca selain itu berbagai produk ataulayanan yang diiklankan adalah seperti seperti menjual rumah atau properti, info kos-kosan, menjual produk elektronik, menjual mobil, mepromosikan berbagai jenis jasa seperti jasa tukang, jasa pembuatan website , informasi lowongan kerja dan lainnya.

 

Pengertian Iklan Kolom

Iklan kolom adalah sebuah iklan yang beformat kolom-kolom dan setiap kolomnya berisi satu jenis iklan. Iklan yang terdapat dalam kolom sendiri berbagai macam jenis, mulai dari lowongan, jasa, penjualan produk elektronik, otomotif , properti dan lain sebagainya.

Segi ukuran dan lokasi iklan kolom pun menentukan biaya yang harus dibayar oleh pengiklan, semakin besar ukuran iklan maka semakin mahal pula harga yang ditawarkan media publikasi iklan.

Selain itu iklan kolom juga sering dimanfaatkan untuk sarana untuk berbagai ucapan, seperti ucapan ulang tahun perusahaan, ucapan bela sungkawa kematian, ucapakan selamat kenaikan jabatan, informasi pernihakan dan lain sebagainya.

Baca Juga Iklan media cetak produk yang menarik untuk konsumen.


Ciri-ciri dan Bahasa Iklan Kolom

Berikut adalah ciri-ciri dari sebuah iklan kolom serta format bahasa yang digunakan untuk mempublikasikan iklan kolom dimedia cetak atau koran.

  • Iklan kolom memiliki lokasi halaman tersendiri didalam sebuah koran dan biasanya memuat hingga beberapa halaman.
  • Iklan kolom memiliki visual persegi atau bingkai dengan garis tepi yang tebal dengan informasi promosi didalamnya.
  • Iklan kolom dimuat dalam media cetak seperti koran atau majalah berita.
  • Iklan kolom berisi jenis iklan seperti produk, jasa, informasi dan berbagai ucapan.
  • Bahasa yang digunakan adalah bahasa yang singkat dengan penyaimpaian inti dari iklan dengan menampilkan gambar iklan pendukung.
  • Penggunaaan font dalam iklan kolom lebih menonjol seperti tipe font, tebal miring tulisan, dengan tujuan menarik minat pembaca.

 

Tujuan Iklan Kolom

Dalam sebuah iklan kolom tentu memiliki tujuan bagi baik dari para pengiklan maupaun penyedia layanan iklan seprti media cetak atau majalan. Berikut adalah tujuan dari sebuah iklan kolom.

1# memberikan Layanan Iklan yang Unik

Tujuan pertama mengapa terdapat iklan kolom adalah memberikan layanan iklan yang unik, baik dari karakteristik, bahasa dan berbagai macam iklan yang ditawarkan.

Selain itu banyak ditemukan iklan sesuai dengan kebutuhan msyarakat secara umum yang tidak ditemukan dilayanan iklan televisi radio maupun digital. Contohnya adalah seperti iklan kolom pengobatan alternatif atau iklan kolom layanan sedot WC.

 

2# Memberikan Iklan dengan Biaya Murah

Dengan adanya iklan kolom tentu menjadi hubungan simbiosisme antara penyedia iklan dalam hal ini koran atau majala, pengiklan, dan pembaca. Karena layanan iklan yang ditawarkan sangat murah dibandingkan media iklan lainnya. Sehingga menjadikan ketertarikan tersendiri bagi para pengiklan dan pembaca untuk mencari informasi iklan.

 

3# Memberikan Informasi mengenai Produk dan Jasa

Membaca informasi didalam iklan kolom tentu memiliki hal unik tersendiri bagi para pembaca terutama informasi produk atau jasa yang di iklankan. Bnyak para pembaca yang mencari informasi berbagai macam produk yang dijual murah di layanan iklan kolom dan bertemu dengan pengiklan secara langsung.

Selain itu jasa-jasa yang ditawarkan didalam sebuah iklan kolom juga relatif lengkap dan unik sesuai apa yang dibutuhkan pembaca, sererti jsa sedot wc, jasa membersihkan pekarangan rumah, jasa tukang dan jasa unik lainnya yang tidak ada dilayanan iklan digital maupun televisi.

 

4# Memberikan Layanan Iklan yang Mudah

Iklan kolom merupakan layanan iklan yang mudah dilakukan bagi para pengiklan, akrena tidak perlu menyiapkan materi dengan rumit. Semua materi iklan faormat iklan sudah disiapkan oleh media pengelola iklan atau koran. Anda tinggal memberikan informasi mengenai layanan produk atau jasa yang Anda miliki.

 

Jenis Iklan Kolom

Iklan kolom terdapat beberapa jenis yaitu iklan berupa penawaran dan iklan berupa informasi, berikut adalah pengertian dari masing-maisng jenis tersebut.

Jenis Penawaran

Iklan kolom jenis penawaran merupakan sebuah iklan yang didalam isinya menawarkan berbagai macam produk maupun jasa yang dimiliki individu atau perusahaan. Produk dan jasa yang ditawarkanpun berbagai macam mulai dari produk elektronik, otomotif, rumah tangga dan jasa-jasa yang

Jenis Informasi

Iklan kolom jenis informasi merupakan iklan yang memberikan sebuah informasi seperti informasi kematian, informasi kenaikan jabatan, informasi ulang tahun, informasi pembukaan usaha baru, informasi lowongan kerja dan  informasi lainnya yang ingin dimuat didalam sebuah iklan kolom.

 Baca Juga Iklan media cetak produk yang menarik untuk konsumen.

Contoh Iklan Kolom

1#  Contoh Iklan Kolom Informasi

Gambar dibawah ini merupakan contoh iklan kolom berupa informasi ucapan selamat natal yang disampaikan oleh sebuah instansi dikabupaten batang Jawatengah. iklan kolom ini tentu memiliki space yang besar karena halaman yang di iklankan memuat informasi dengan tulisan yang besar.

Contoh Iklan Kolom

 

Biaya yang dikeluarkan pun harganya lebih mahal dibandingkan ukuran iklan kolom yang kecil. Selain informasi ucapan selamat natal dalam contoh iklan kolom diatas disampaikan pengumuman mengenai himbauan untuk selalu taat membayar pajak kendaraan bermotor.

 

2# Contoh Iklan Kolom Lowongan Pekerjaan

Contoh iklan kolom lowongan pekerjaan memuat berbagai jenis lowongan pekerjaan dari bidang pekerjaan sederhana hingga pekerjaan spesialis, berikut adalah contoh iklan kolom lowongan pekerjaan.

contoh iklan kolom

 

Contoh gambar diatas merupakan lowongan pekerjaan perusahaan yang dimuat dalam sebuah iklan kolom, dalam iklan tersebut memuat informasi kebutuhan tenaga kerja dibidang administrasi wanita dengan kriteria lowongan yang sudah dijelaskan pada kolom iklan tersebut.

Selain itu informasi contoh iklan kolom lowongan pekerjaan juga disampaikan secara detail lokasi perusahaan serta cara pengiriman lamaran bagi para pencari kerja.

 

3# Contoh Iklan Kolom Produk Elektronik Kantor

Contoh iklan kolom selanjutnya adalah layanan iklan tentang penawaran produk kantor berupa mesin fotokopi serta mesin kasir yang tersedia dengan berbagai macam jenis. Iklan kolom dibawah ini disampaikan dengan cukup simpel dengan mengutaman visual produk gambar sesuai dengan fungsi masing-masing mesin kasir.

contoh iklan kolom

 

Dalam iklan diatas dijelaskan berbagai pilihan mesin kasir, seperti diperuntukan untuk usaha resto, usaha kafe dan usaha angkringan. Selain itu juga dalam iklan kolom tersebut ditampilkan gambar mesin fotokopi yang sangat besar untuk keperluan print, scan dan fotokopi.

 

4# Contoh Iklan Kolom Otomotif

Iklan kolom dibawah ini merupakan contoh iklan kolom tentang usaha showroom mobil, yang menawarkan program promo dengan berbagai macam jenis pelayanan yang diberikan. Promo yang diberikan dalam iklan ini berupa promo cahsback untuk pembelian mobil , gratis general checkup, tune up kendaraan mobil dan lainnya.

contoh iklan kolom

 

Selain itu dalam iklan diatas juga terdapat lokasi tempat showroom dan informasi jam buka showroom pada iklan tersebut diatas.

 

5# Contoh Iklan Kolom Informasi Kehilangan

Contoh iklan dibawah ini adalah contoh iklan informasi kehilangan seseorang yang diiklankan dalam sebuah iklan kolom, dalam iklan tersebut dituliskan informasi nama usia dan alamat lokasi orang yang hilang tersebut. Serta yang paling penting adalah informasi kontak saudara melalui nomor hp, bagi seseorang yang menemuknan orang yang hilang tersebut.

Contoh Iklan Kolom

 

 Baca Juga Iklan media cetak produk yang menarik untuk konsumen.


6# Contoh Iklan Kolom Produk

Iklan dibawah ini merupakan contoh iklan kolom sebuah produk lap pel multifungsi yang bisa digunakan untuk berbagai jenis pengelapan, seperti lantai, mobil, dan keperluan lap rumah tangga lainnya. Dalam iklan dibawah ini juga ditekankan bagi para pembaca untuk lebih mengenali sebuah merk atau brand dari lap kain tersebut dengan berbagai keunggulan yang di inoformasikan.

 

contoh iklan kolom

Demikian adalah artikel kami mengenai contoh iklan kolom serta penjelasannya yang sudah kami bahas secara detail, contoh berbagai macam iklam kolom diatas kami ambil dari koran Suara Merdeka Jawa Tengah yang sering menampilkan berbagai macam jenis iklan kolom dari berbagai macam pengiklan.

Posting Komentar untuk "Contoh Iklan Kolom dan Pengertiannya"