Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Bermain Saham Dengan Modal 100 Ribu

Cara Bermain Saham Dengan Modal 100 Ribu - Saham bukanlah sesuatu yang asing lagi ditelinga masyarakat Indonesia. Terlebih dengan perkembangan teknologi mengakses informasi tentang saham dan mempelajarinya sangatlah mudah. Dibantu dengan berbagai macam informasi yang tersebar di internet dan banyak berbagai macam plastform untuk trading saham tentu sangat memudahkan masyarakat. Sehingga tidak perlu datang secara langsung ke kantor sekuritas untuk membeli saham.

Banyak generasi muda yang sudah melek saham di usia 20 han, dan menjadikan saham sebagai instrumen investasi mereka. Selain itu sudah banyak juga platform yang menjembatani untuk jual beli saham sehingga investasi saham di zaman sekarang sangatlah mudah !

Cara Bermain Saham Dengan Modal 100 Ribu

Berikut ini akan kami ulas berbagai tips jitu untuk memulai menanam saham dari modal 100 ribu untuk Anda yang pemula, simak ulasan kami selanjutnya !

 

Pilih Broker atau Sekuritas Saham dengan Biaya Deposit Rendah

Cara bermain saham dengan modal 100 ribu yang pertama adalah Anda harus jeli dalam memilihnya karena ini sangat menentukan modal Anda di awal, memilih sekuritas tanpa minimum deposit sangatlah penting mengingat Anda adalah seorang pemula apalagi ingin belajar berinvestasi dengan modal 100 ribu.

Jika Anda masih awam apa itu sekuritas, Anda bisa membaca ulasan artikel kami dengan judul Perusahaan Sekuritas Terbaik OJK dimana dalam ulasan artikel tersebut sudah kami terangkan beberapa sekuritas terbaik dengan modal deposit minim.

Selain itu kami ulas juga pada artikel tersebut biaya admin untuk transaksi saham baik biaya jual maupun biaya beli saham. Ini sangat penting bagi Anda bagi pemula. Semakin rendah biaya admin yang di tarif sekuritas artinya keuntungan saham Anda semakin banyak karena tidak banyak di potong biaya admin oleh jasa sekuritas pada setiap transaksi.

 

Pilih Saham dengan Harga Dibawah 1000 Rupiah Per Lembar

Cara bermain saham dengan modal 100 ribu yang kedua adalah Anda harus membidik saham apa yang ingin Anda beli. Setelah Anda bidik lihat harga saham tersebut dan pastikan saham dibawah harga 1000 rupiah perlembar. Karna dengan harga dibawah 1000 rupiah artinya Anda akan bisa membeli 1 lot saham. Perlu Anda ketahui 1 lot saham sama dengan 100 lembar saham.

Yang perlu Anda perhatikan adalah Anda tidak boleh sembarangan dalam memilih saham perusahaan. Pastikan Anda mengenal perusahaan tersebut sebelum membeli sahamnya. Bisnis dibidang apa dan produk apa yang di jual di perusahaan tersebut Anda harus benar-benar mengenalnya. Sebagai contoh saham PT. Sido Muncul dengan kode emiten SIDO. Per tanggal 15 juni 2022 harga sahamnya berada pada harga 950 rupiah. itu artinya Anda cukup mengeluarkan uang sekitar 95.000 rupiah untuk membeli saham dengan jumlah 1 lot atau 100 lembar saham.

Seperti yang telah diketahui PT. Sido Muncul adalah perusahaan yang bergerak di bidang industri kesehatan dengan produk berupa jamu, produknya sering kita lihat di iklan TV seperti Tolak Angin, Kuku Bima dan lainya.

 

Beli Saham Ketika Trend Harga Sedang Turun

Cara bermain saham dengan modal 100 ribu tidaklah sulit bagi Anda yang pemula. Kunci utama dalam bermain saham adalah Anda tidak boleh terlalu ambisius dan wajib harus sabar. Jangan ketika trend harga saham lagi naik terus Anda terburu-buru membeli saham karna di takutkan akan ketinggalan harga.

Cara diatas tidaklah tepat, berlatihlah mengenalisa saham dari hal sederhana dan dengan kesabaran. Tunggu hingga trend saham mayoritas perusahaan turun dan lihat harga pada saat posisi stagnan dalam waktu yang cukup lama (1-5 hari) .

Ketika terjadi pergerakan flugtuasi harga setelah terjadi stagnan harga pada saat itulah Anda akan tahu titik harga saham pada saat murah/turun. Jangan lupa lihat pula pergerakan grafik harga selama satu minggu hingga satu bulan terakhir. Dari situ bisa dilihat titik terendah dan tertinggi harga saham dengan harga berapa. Artinya Anda akan mengetahui jika titik tertinggi pada posisi harga 1000 rupiah, dan harga sekarang Anda beli saham pada posisi turun dengan harga 950 rupiah, maka akan ada potensi harga akan naik lagi ke harga 1000 rupiah.

 

Cara Bermain Saham Dengan Modal 100 Ribu - Investasi Jangka Pendek

Strategi selanjutnya dalam cara bermain saham dengan modal 100 ribu adalah Anda harus bermain saham dengan jangka yang pendek, mengingat modal Anda sangatlah kecil. Bermain modal saham jangka pendek akan memperbanyak keuntungan bagi Anda terutama ilmu tentang analisis saham Anda tentu akan bertambah.

Lalu apa parameter bermain saham dengan jangka pendek? cukup sederhana ciri-cirinya, ketika saham Anda mengalami kenaikan harga dan Anda sudah untung segera jual saham Anda, memang untungnya pasti tidak besar karena terbatas modal itu tidak masalah, yang terpenting Anda akan belajar memutarkan uang dengan modal yang sangat kecil kemudian di kembangkan.

 

Cara Bermain Saham Dengan Modal 100 Ribu

 

Setelah Anda menjual saham, bidik kembali saham yang ingin Anda beli dengan harga yang lebih murah dengan memperhatikan grafik analisa naik turunnya harga saham perusahaan tersebut. Lakukan teknik trading saham diatas hingga Anda mahir.

 

Jangan Jual Saham Ketika Harga Anjlok dan Jangan Panik

Mayoritas pemula biasanya panik ketika saham yang di beli tiba-tiba anjlok harganya, kemudian mereka menjual dengan harga dibawah harga saat beli saham. Ini adalah kesalahan yang fatal, karena rugi yang sesungguhnya adalah ketika kita menjual saham dengan harga yang lebih murah dari harga kita beli.

Kuncinya adalah jangan panik, tenang dan sabar. Naik turun harga saham adalah hal biasa dan justru Anda harus mampu menganalisa dari pergerakan saham tersebut mengapa bisa turun. Kuncinya adalah selama perusahaan yang Anda beli sahamnya kinerjanya bagus dan  mampu mencetak keuntungan pada setiap quartal meski harga saham lagi anjlok, pasti suatu saat akan bangkit lagi. Percayakan saham Anda pada kinerja perusahaan.

Anjloknya harga saham bukan berarti perusahaan yang Anda beli sahamnya bangkrut, perusahaan akan tetap berjalan serperti biasa. Dan kuncinya adalah kenali betul perusahaan yang ingin Anda beli sahamnya.

 

Rangkuman Cara Bermain Saham Dengan Modal 100 Ribu

Setelah kita mengetahui langkah awal sebelum cara bermain saham dengan modal 100 ribu kami akan merangkum beberapa poin udari ulasan diatas yang perlu Anda garis bawahi.

  1. Tentukan sekuritas dengan modal deposit kecil dan biaya admin rendah, Anda bisa pilih sekuritas sesuai dengan pilihan Anda. Bisa melalui aplikasi seperti stockbit, ajaib, indopremier dan lainnya.
  2.  Pilih saham yang bagus dibawah 1000 rupiah perlembar contohnya serperti saham SIDO, ACES, SPTO, GJTL, CTRA.
  3.  Beli saham ketika trend sedang turun.
  4.  Untuk cara bermain saham dengan modal 100 ribu, lakukanlah investasi dalam jangka pendek untuk 
  5.  Jangan jual saham ketka harga anjlok dan tetap sabar sambil menunggu saham harganya naik lagi.

Demikian tips dari kami semoga sukses dalam trading saham untuk Anda!

 

Posting Komentar untuk "Cara Bermain Saham Dengan Modal 100 Ribu"