Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Itu Influencer? Ini Penjelasan dan Manfaatnya untuk Bisnis

Apa itu Influencer ? banyak yang dengar istilah influencer namun belum paham betul apa arti dari influencer itu sendiri. Wajar jika Anda adalah masyarakat awam yang tidak berkecimpung di dunia digital karena istilah influencer ini muncul semenjak masuknya dunia digital yang pesat yang dijadikan model bisnis baru diera modern ini.

Dengan hadirnya seorang influence menjadikan role bisnis baru dalam bidang digital marketing. Hal ini terjadi karena seorang influencer memiliki jumlah pengikut yang banyak sehingga dari karakteristik pengikut mereka bisa dipetakan dan menjadi ladang untuk melalukan ajang promosi bisnis diberbagai sektor.

Apa Itu Influencer

Selain itu hal positif dengan hadirnya seorang influencer adalah bisa mengedukasi masyarakat dari sisi berbagai bidang baik sosial, ekonomi maupun dari sisi budaya. Namun tetap seoarang influencer diperlukan penyeimbang agar apa yang mereka lakukan tidak keluar dari jalur norma sosial, agama maupun budaya sehingga tercipta lingkungan yang kondusif dalam bersosial media.

Berikut akan kami ulas lebih dalam mengenai apa itu influencer dan apa manfaat influencer dalam bisnis. Simak ulasan kami dalam artikel Apa Itu Influencer? Ini Penjelasan dan Manfaatnya untuk Bisnis ini.

 

Apa Itu Influencer ?

Secara garis besar influencer adalah orang yang memiliki kemampuan untuk mempengaruhi audience yang dimilikinya. Dalam hal ini seseorang bisa dikatakan seorang influencer jika orang tersebut memiliki wadah atau media dengan kapasitas pengikut yang banyak yang dapat digunakan untuk memberikan dampak pengaruh positif dalam berbagai bidang yang dibutuhkan.

Pengaruh disini bisa masuk kedalam berbagai jenis seperti daam hal bisnis, sosial, agama budaya dan lain sebagainya. Untuk menjadi seorang influencer banyak jalan yang bisa digunakan namun secara umum seorang influencer menggunakan platform media sosial untuk mencari pengikut dari target segmen mereka.

Contoh platform yang banyak digunakan seorang influencer adalah blog, instagram, facebook, twitter, tiktok, youtube dan lain sebagainya. Biasanya seorang influencer memiliki beberapa akun sosial media yang memiliki jumlah pengikut atau followers berbeda-beda setiap akunnya.

Giamana sekarang sudah mulai paham ya yang dimaksud dengan apa itu influencer ?

Baca juga Cara Membuat Channel Youtube dan Menghasilkan Uang

 

Manfaat Influencer untuk Bisnis

Banyak manfaat jika seseorang menjadi influencer terutama adalah manfaat untuk menjalankan sebuah bisnis. melalui seorang influencer bisnis dapat dipromosikan sesuai dengan kebutuhan sehingga didapatkan penjualan produk yang sesuai dengan target yang telah ditentukan. Betikut adalah beberapa manfaat influencer untuk bisnis.

1# Meningkatkan Penjualan

Manfaat utama seorang influencer untuk bisnis tentunya adalah dapat meningkatkan penjualan produk maupun jasa yang dimiliki perusahaan. Banyak seorang influencer yang bekerjasama dengan berbagai bidang perusahaan untuk melakukan review produk yang perusahaan miliki.

Dari hasil review yang dilakukan oleh seorang influencer tentu akan berdampak terhadap brand awareness sebuah produk dan secara otomatis penjualan juga akan meningkat. Disinilah fungsi utama seorang influencer yang dapat mempengaruhi audience yang dimilikinya.

 

2# Membangun Kepercayaan

Dengan adanya seorang influencer kepercayaan konsumen terhadap produk akan meningkat karena seorang influencer juga membawa nama baik mereka dan para followers sudah sangat megetahui karakter dan bagaimana kehidupan seorang influencer tersebut.

Sebagai contoh jika produk kosmetik di promosikan oleh seorang influencer terkenal maka dampaknya akan positif karena audience akan yakin dan percaya bahwa produk tersebut tidak palsu atau abal-abal. Secara tidak langsung juga seorang influencer akan menyeleksi produk mana yang bisa mereka promosikan atau tidak. Disinilah fungsinya seorang inluencer untuk meyakinkan kepada publik terhadap produk yang dijual.

Baca juga Pinjaman Online Bunga Rendah Pencairan Cepat

 

3# Membangun Komunikasi Produk dengan Audience

Manfaat lainnya dengan adanya seorang influencer bagi bisnis adalah dapat membangun jembatan komunikasi antara perusahaan melalui produk yang dijual terhadap audience atau secara tidak langsung konsumen yang membeli produk tersebut.

Tentu audience yang melihat produk yang ditawarkan seorang influencer akan melakukan respon berupa like dan komen produk yang mereka promosikan. komentar yang dijukan tentu sangat beragam mulai dari pertanyaan seputar produk, kualitas, kritik dan saran terhadap produk tersebut.

Dengan demikian dari berbagai komentar dari audience tersebut perusahaan akan bisa menilai dan memberikan respon terhadap pelayanan produk dan kualitas produk agar lebih ditingkatkan kedepannya. Disinilah peran penting seorang influencer untuk memanajemen audence yang mereka miliki.

 

4# Meningkatkan Brand Awareness

Seorang influencer juga dapat meningkatkan brand awareness sebuah produk agar lebih dikenal konsumen. Dengan seringnya dilakukan promosi produk oleh seorang influencer tentu produk akan lebih dikenal dan dibicarakan banyak orang. Dengan demikian produk tersebut akan lebih teringat di ingatan para audience dalam hal ini followers seorang influencer tersebut.

Banyak para influencer yang terikat kontrak dalam produk tertentu untuk meningkatkan brand awareness produk maupun perusahaan. Sehingga secara tidak langsung akan mencipatakan penjualan produk dengan brand yang lebih kuat diingatan para konsumennya.

Baca juga Cara Jualan di Shopee Tanpa Stok Barang Tips Pemula

 

Penutup - Apa Itu Influencer

Setelah kita mengulas tentang apa itu influencer dan apa saja manfaat jika sebuah perusahaan memiliki influencer untuk bisnis tiba saatnya kami menutup artikel yang kami ulas ini. Intinya seorang influencer adalah orang yang mampu memberikan dampak pengaruh positif terhadap followers mereka.

Dari pemaparan kami diatas tentu Anda akan lebih paham mengenai apa itu influencer dan bagaimana mereka bekerja dalam peran menjalankan bisnis. Secara tidak langsung seorang influencer juga bisa dikatakan bagian orang yang melaksanakan promosi melalui digital marketing.

 

 

Posting Komentar untuk "Apa Itu Influencer? Ini Penjelasan dan Manfaatnya untuk Bisnis"