Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Koperasi Simpan Pinjam Pengertian dan Fungsinya

Koperasi Simpan Pinjam adalah lembaga keuangan yang bergerak untuk menghimpun dana masyarakat dalam skala mikro yang memiliki produk penerimaan dana simpanan dan pinjaman modal kepada masyarakat. Koperasi Simpan Pinjam atau biasa disingkat KSP ini merupakan salah satu roda menggerak ekonomi masyarakat dalam sekala mikro yang keberadaannya sangat dibutuhkan.

Melalui peraturan pemerintah No.9 Tahun 1995 Pasal 19 dalam undang-undang tentang koperasi menyebutkan dua kegiatan utama dari koperasi simpan pinjam adalah melakukan penhimpunan dana atau tabungan berjangka serta memberikan pinjaman bagi anggota koperasi, calon anggota koperasi maunpun koperasi lainnya yang sudah bekerjasama.

Koperasi Simpan Pinjam

Dengan demikian melalui unit kegiatan koperasi simpan pinjam ini akan menjadikan ekonomi masyarakat akan bergerak dan berkembang untuk menopang para pelaku usaha kecil dan mikro serta menopang perekonomian secara Nasional.

Baca juga Pinjaman Online Bunga Rendah Pencairan Cepat

 

Fungsi Koperasi Simpan Pinjam

Setelah kita mengetahui mengenai definisi dari koperasi simpan pinjam atau disingkat KSP. Selanjutnya adalah mengetahui fungsi dan tugas dari koperasi itu sendiri. Tentu setiap koperasi yang berdiri memiliki fungsi sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku. Berikut adalah fungsi dari koperasi simpan pinjam.

  1. Melakukan pengumpulan dana dalam bentuk simpanan dan tabungan dari para anggota koperasi.
  2. Memberikan tambahan modal bagi para anggota dan calon anggota untuk kegiatan usaha.
  3. Memberikan bantuan dan menyalurkan dana kepada anggota yang memiliki kebutuhan mendesak.
  4. Memberikan kesejahteraan kepada anggota melalui bantuan dana untuk perputaran ekonomi dengan proses yang mudah dan cepat.
  5. Melayani aktivitas ekonomi lainnya yang berhubungan dengan permodalan.

Selain anggota koperasi non anggota koperasi juga bisa memanfaatkan fasilitas yang diberikan oleh sebuah koperasi dengan catatan memenuhi persyaratan yang diberikan. Dengan demikian dengan adanya koperasi tersebut bisa meningkatkan perokonomian yang kuat antara pihak koperasi , anggota dan non anggota koperasi.

Baca juga Kredit Tanpa Agunan Mandiri dan Cara Pengajuannya

 

Peran Koperasi

Selain fungisnya sebuah koperasi juga memiliki peran penting dengan kehadirannya. Dengan peran koperasi ini diharapkan bisa menjadi penjembatan antara masyarakat dengan berbagai kebutuhan permodalan yang stabil dan sesuai dengan peraturan yang berlaku. Berikut adalah peran penting sebuah koperasi.

  1. Menerapkan bunga yang ringan sesuai dengan kemampuan masyarakat agar terhindar dari pinjaman ilegal yang menyengsarakan anggota maupun non anggota.
  2. Menyalurkan dana kredit untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui usaha yang dijalani.
  3. Melakukan pengelolaan dana tabungan bagi para anggota sebagai salah satu bentuk investasi.
  4. Sebagai sarana untuk menignkatkan daya menabung anggota untuk kebutuhan jangka panjang.
  5. Mempermudah masyarakat atau anggota untuk melakukan pengelolaan dana tabungan yang dimiliki.
  6. Mempermudah msyarakat untuk melakukan pengajuan kredit pinjaman.

Dilihat dari peran koperasi diatas memang keberadaannya sangatlah penting bagi masyarakat terutama masyarakat pedesaan yang jangkauannya jauh dari bank skala nasional. Dengan hadirnya koperas ini tentu akan lebih mengundungkan terutama bagi masyarakat pedesaan.

 

Sumber Dana Koperasi Simpan Pinjam

Selain itu koperasi simpan pinjam juga memiliki sumber dana yang dapat dikelola untuk menghidupi karyawan yang bekerja di koperasi tersebut. Dari berbagai sumber dana yang didapatkan ini dilakukan pengelolaan secara profesional agar perputaran uang sesuai dengan manajemen keuangan yang berlaku.

Sumber dana koperasi didapatkan dari berbagai unit produk yang dimiliki seperti simpanan wajib anggota, simpanan pokok, simpanan sukarela , modal pinjaman dan dana cadangan. Selain itu koperasi juga bisa mendapatkan dana hibah atau donasi dari pihak lain untuk membantu jalannya roda koperasi.

Baca juga Tabungan Emas Pegadaian dan Keuntungannya !

 

Penutup

Setelah kami mengulas pengertian tentang koperasi kami harap Anda lebih paham tentang dunia ekonomi mikro yang dijalankan oleh koperasi simpan pinjam. Dengan hadirnya koperasi tentu akan sangat membantu bagi masyarakat kecil untuk perputaran roda ekonomi.

Dengan demikian dari ekonomi mikro tersebut mampu menopang ekonomi secara nasional dan dapat menjadi penggerak ekonomi bangsa. Melalui KSP juga dapat dijadikan sarana menabung masyarakat kecil sehingga dapat menyiapkan dan cadangan jika dibutuhkan sewaktu-waktu. Demikian adalah ulasan kami mengenai koperasi atau KSP ini semoga artikel kami bermanfaat buat Anda.

 

Posting Komentar untuk "Koperasi Simpan Pinjam Pengertian dan Fungsinya"