Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Blog Mudah dan Gratis

 Cara Membuat Blog Mudah dan Gratis - Blog merupakan sebuah situs untuk menuliskan hobi dengan berbagai  macam ilmu dan topik dengan tujuan berbagi kepada para pembaca di internet. Biasanya seseorang memiliki blog karena didasari kegemaran mereka akan penulis dan dituangkan kedalam sebuah blog.

Untuk mengisi topik didalam sebuah blog dapat diisi berbagai kategori sesuai dengan pemilik blog ahli dibidang apa. Ada yang menuliskan blog tentang dunia otomotif, finansial, teknologi, travel dan lainnya. Semua berbagai topik tadi tentu memiliki pembacanya sendiri sesuai dengan kebutuhan informasi yang mereka inginkan.

Blog yang paling populer yang sering digunakan banyak pengguna adalah platform wordpress dan blogger / blogspot. Tidak penutup kemungkinan pula bagi Anda yang memiliki blog dan sudah mempunyai pengunjung harian yang banyak bisa menghasilkan uang yang tidak sedikit.

Hal ini yang menjadikan alasan mengapa banyak orang yang ingin menjadi blogger karena bisa mendapat gaji bulanan yang cukup fantastis.

 

Cara Membuat Blog

Manfaat Memiliki Blog

Sebelum kita membahasa lebih dalam mengenai cara membuat blog, kami akan ulas beberapa manfaat dan keuntungan jika kita memiliki sebuah blog baik secara langsung maupun tidak langsung. Manfaat utama jika Anda memiliki blog tentu adalah ilmu yang Anda miliki tidak akn hilang begitu saja.

Setiap ilmu yang Anda miliki dan dituliskan didalam sebuah blog tentu akan bermanfaat bagi orang lain, dan secara tidak langsung menjadi pahala bagi Anda. Manfaat yang kedua dengan Anda memiliki sebuah blog maka secara tidak langsung akan menignkatkan personal branding Anda.

Dengan memiliki sebuah blog bisa dilihat pola pikir kita dan cara pandang orang terhadap kita pun akan berbeda, karena apa yang kita miliki melalui tulisan tersebut secara tidak langsung akan menjadi gambaran tentang diri kita.

Manfaat lainnya jika Anda memiliki sebuah blog adalah bisa Anda manfaatkan untuk berjualan baik secara tidak langsung melalui affiliate atau secara langsung berupa produk atau jasa. Sebagai contoh jika Anda memiliki blog tentang pertanian yang membahas segala jenis dan teknik pertanian, jika blog yang Anda miliki sudah memiliki pengunjung yang banyak maka Anda bisa memanfaatkannya dengan berjualan pupuk, bibit atau alat lainnya yang berhubungan dengan dunia pertanian.

Yang terakhir jika Anda memiliki sebuah blog adalah Anda bisa mendapatkan penghasilan rutin bulanan melalui iklan yang disediakan penyedia iklan salah satunya seperti Google Adsense. Tidak sedikit yang sukses menekuni dunia blogging dan menghasilkan uang bulanan hingga puluhan bahkan ratusan juta dari Google Adsense ini.

Bagaimana apakah Anda mulai tertarik ingin menjadi seorang blogger dan menghasilkan uang ? tentu hal ini dibutuhkan kerja keras, kemauan dan mempelajari teknik lebih dalam mengenai dunia blogging.

 

Cara Membuat Blog Gratis

Setelah kita ulas mengenai manfaat memiliki sebuah blog, selanjutnya akan kita ulas bagaimana cara membuat blog gratis bagi seorang pemula. Seperti yang telah kita jelaskan diatas bahwa cara membuat blog gratis bisa menggunakan platform wordpress dan blogger/blogspot.

Bagi Anda pemula harus mengetahui dasar dari komponen yang berhubungan dengan dunia blogging, agar cara belajar Anda tidak salah arah kedepannya. Berikut akan kami ulas mengenai kelebihan dari masing-masing kedua platform diatas.

Cara Membuat Blog Melaui Blogger atau Blogspot

Blogger merupakan platform untuk membuat blog yang benar-benar gratis yang disediakan oleh Google. Untuk melakukan cara membuat blog dari platform ini cukup mudah, seperti biasa untuk bisa mengakses setiap layanan Google Anda harus memiliki gmail.

Anda cukup melakukan login melalui email gmail melalui situs blogger.com dan secara otomatis Anda akan diarahkan untuk membuat blog pribadi. Kelebihan dari platform blogger adalah Anda tidak perlu membeli alamat domain dan hosting, jika Anda masih awam mengenai domain atau hosting pada akhir artikel akan kami jelaskan secara rinci.

Jadi jika Anda menggunakan platform blogger ini Anda bisa secara gratis memiliki sebuah blog dengan alamat blog seperti contoh  https://ilmutentangtani.blogspot.com . Karena ini gratis jadi akhiran alamat domain harus diakhiri blogspot.com . Cara Membuat Blog  dengan platform blogger ini cukup murah untuk dilakukan.

 

Cara Membuat Blog Melalui Wordpress

Sedikit berbeda dengan blogspot, cara membuat blog dengan platform wordpress ketika awal peluncurannya bisa dilakukan instalasi secara online dan gratis dan juga bisa dilakukan secara offline di PC lokal. Namun seiring dikembangkannya platform wordpress pengguna sebagian besar harus melakukan instalasi secara online melalui akun penyedia hosting.

Dan secara tidak langsung jika menggunakan cara membuat blog melalui wordpress harus menyediakan alamat domain dan hosting, dan tentu akan mengeluarkan biaya pembelian domain dan hosting. Jika platform blogspot berfokus hanya dibuat untuk membuat konten tulisan bagi para blogger ( istilah orang yang suka nulis blog ) maka platform wordpress cakupannya lebih luas.

Selain bisa dimanfaatkan untuk membuat konten blog, wordpress juga bisa dikembangkan untuk membuat website toko online dan website landingpage. Selain itu pada platform wordpress juga tersedia ribuan plugin yang bisa dimanfaatkan untuk menunjang berbagai kebutuhan ngeblog atau kebutuhan membuat website lainnya.

Contoh plugin yang populer di wordpress yang sering digunakan para blogger adalah plugin Yoast SEO, yang berfungsi untuk menganalisa tulisan dengan koten SEO agar optimal dimana mesin pencari Google.

 

Pengetahuan Dasar tentang Cara Membuat Blog

Oke tadi kita sudah membahas mengenai domain dan hosting, seperti yang sudah kita bahas sebelumnya kami akan mengulas pengetahuan dasar sebelum Anda membuat sebuah blog, yaitu mengenai apa itu domain dan hosting. Berikut akan kami ulas lebih detail.

Cara Membuat Blog - Pengertian Domain

Domain merupakan sebuah alamat blog atau website yang wajib kita miliki, domain bisa kita dapatkan secara gratis dan berbayar. Contoh alamat domain berbayar adalah seperti alamat yang berakhiran dot[.]com, dot[.]net, dot[.]info, dot[.]id, dot[.]co.id dan lainnya.

Contoh alamat domain yang populer adalah seperti google.com , twitter.com, facebook.com, bukalapak.com, shopee.co.id, tokopedia.com dan lain sebagainya.

Harga domain sendiri bervarisi tergantung akhiran alamat domain yang dibeli atau disewa, sebagai contoh alamat domain dengan ekstensi dot[.]com dijual mulai dari harga 135 ribu / tahun + PPN 10% . Sistem pembelian domain adalah dengan melakukan sewa setiap satu tahun sekali. Sehingga setiap satu tahun sekali Anda harus melakukan perpanjangan alamat domain karena kalau tidak alamat blog atau website Anda tidak bisa diakses.

Contoh domain gratis seperti yang sudah kami jelaskan diatas, bisa memakain ekstensi akhiran blogspot.com dengan kata lain harus memakai platform blogspot/blogger.com .

 

Cara Membuat Blog - Pengertian Hosting

Hosting adalah sebuah wadah untuk menyimpan data website atau blog. Data tersebut meliputi data web atau blog itu sendiri, data gambar dan data database konten yang sudah dibuat. Sebuah hosting selalui berhubungan dengan domain yang Anda miliki.

Didalam hosting kiat bisa melakukan olah blog yang kita miliki melakukan backup database dan data web / blog lainnya. Harga sebuah hosting ditentukan dengan kapasitas hosting yang dimiliki mulai dari kapsitas 1 GB, 2 GB dan seterusnya, jika kapasitas hosting sudah penuh mau tidak mau Anda harus melakukan upgrade kapasitas hosting. Untuk harga hosting secara detail Anda bisa searching langsung di Google.

Didalam hosting ini tadi kita bisa melakukan instalasi secara online cara membuat blog jika ingin membuat blog melalui situs wordpress dan mengelola database wordpress melalui fitur phpmyadmin yang sudah disediakan.

Dengan kata lain jika Anda menggunakan platform wordpress untuk membuat blog, Anda harus mengeluarkan biaya sewa domain dan hosting selama satu tahun dengan biaya minimal 400 - 600 ribu pertahun.

 

Membuat Blog dengan Blogger / Blogspot

Setelah kami jelaskan panjang lebar mengenai blog melalui artikel cara membuat blog ini, kita akan membuat sebuah blog dengan platform blogspot, mengapa menggunakan blogspot karena alsan utama adalah mudah dan gratis bagi Anda seorang pemula serta tidak memerlukan biaya sedikit pun, sehingga akan sangat efektif dan efisien untuk mempelajari cara membuat blog.

Untuk cara membuat blog menggunakan platform blogspot akan kami jelaskan dalam artikel yang berbeda, mengikat cara membuat blog dengan blogger ini dibutuhkan hal teknis dan tutorial lebih mendalam.

Baik langsung saja jika Anda ingin latihan cara membuat blog dengan blogspot Anda bisa membaca artikel tutorial cara membuat blog dengan blogger dengan judul Cara Membuat Blogger dengan mudah

Demikian adalah artikel kami mengenai cara membuat blog mudah dan gratis semoga bermanfaat buat Anda.

 

 

 

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Blog Mudah dan Gratis"