Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ekspor Adalah ? Berikut Penjelasan Lengkapnya

Ekspor adalah sebuah istilah ekonomi yang digunakan untuk perdagangan internasional. Kegiatan ekspor banyak dilakukan oleh perusahaan menengah keatas sebagai pelaku ekspor dengan berbagai barang yang dikirimkan keberbagai negara.

Dengan melakukan ekspor berbagai barang dari dalam negeri, banyak keuntungan yang di dapatkan terutama penerimaan pajak bagi negara melalui penghasilan devisa. Jenis barang yang di ekspor juga memili beragam jenisnya mulai dari bahan mentah, kerajinan hingga barang-barang komoditas dari hasil pertanian dan alam lainnya.

Ekspor Adalah

Kegiatan ekspor dilakukan untuk memenuhi kebutuhan negara yang membutuhkan produk dalam negeri untuk berbagai kebutuhan. Selain itu ekspor juga bisa dilakukan jika produk yang di kirimkan ke luar negeri memiliki jumlah skala yang banyak sehingga dalam pengiriman barang ekspor sekali kirim dapat memenuhi kuota permintaan.

Negara sangat berperan penting dalam pengawan ekspor barang-barang dari dalam negeri. Dalam hal ini regulasi pengawasan ekspor suatu barang diawasi langsung oleh pemerintah melalui Bea Cukai. Melalui Bea Cukai barang yang akan di ekspor di awasi agar sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Baca juga Apa Itu Inflasi ? Ini Penjelasannya Secara Lengkap

 

Pengertian Ekspor Adalah

Merujuk pada peraturan perundangan tentang perdagangan nomor 7 tahun 2014, pengertian mengenai ekspor adalah kegiatan pengeluarkan barang dari daerah pabean.

Daerah pabean yang dimaksud adalah wilayah yang meliputi wilayah perairan, darat, udara serta wilayah yang termasuk dalam zone ekonomi eksklusif (ZEE). Secara istilah ekonomi kegiatan ekspor adalah sebuah aktivitas mengeluarkan barang dari dalam negeri keluar negeri dengan menikuti cara dan peraturan yang sudah ditetapkan.

Dengan adanya kegiatan ekspor ini menjadikan pertumbuhan ekonomi di dalam negeri terutama penghasilan negara dari pajak yang dihasilkan. Setiap barang yang di ekspor keluar negeri, negara akan menetapkan pajak sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku.

Tujuan dan Manfaat Ekspor Adalah

Terdapat tujuan dan manfaat ekspor bagi sebuah negara, berikut adalah tujuan dan maanfaat dilakukannya ekspor barang ke negara lain.

Baca juga Fungsi Pajak Bagi Negara dan Pengertiannya

1# Pertumbuhan Industri

Manfaat dilakukannya ekspor salah satunya adalah mendukung pertumbuhan industri agar barang yang dijual menembus pasar internasional dengan demikian akan membuat efek pertumbuhan ekonomi di dalam sebuah negara.

Jika permintaan ekspor akan suatu barang tinggi maka banyak industri juga akan berkembang dengan melakukan banyak produksi sesuai dengan permintaan barang dan secara otomatis tenaga kerja yang dibutuhkan juga semakin banyak.

2# Meningkatkan Devisa Negara

Manfaat lainnya dalam kegiatan ekspor adalah dapat meningkatkan devisa negara. Ekspor merupakan salah satu jenis devisa negara yang hasilnya sangat bermanfaat bagi pajak negara.

Dengan demikian dapat memberikan dampak ekonomi yang positif sehingga dapat menarik peluang bagi para investor untuk melakukan investasi terhadap barang-barang yang di ekspor.

Baca juga Apa yang dimaksud dengan Devisa ? Berikut Penjelasan dan Fungsinya

 

3# Membuka Lapangan Pekerjaan

Manfaatlainnya dilakukan ekspor adalah dapat menciptakan lapangan kerja. Semakin tingginya permintaan ekspor suatu negara secara otomatis akan menambah lapangan pekerjaan bagi masyarakat khususnya masyarakat Indonesia. Sebagai contoh jika di dalam perusahaan garmen mendapat permintaan pembuatan baju untuk ekpor ke negara asia dengan skala lebih banyak dari permintaan setiap bulannya.

Maka secara otomatis perusahaan akan menambah karyawan pabrik dan menambah jam lembur karyawan untuk menyelesaikan target ekspor agar barang bisa di ekspor sesuai dengan jadwal sesuai dengan kesepakatan antar perusahaan.

Selain itu produk ekspor juga bisa didapatkan dari hasil alam seperti pertanian peternakan yang masuk kedalam komoditas ekspor dimana mayoritas pelaku terdepan untuk memproduksi barang adalah petani. Dengan demikian dampak secara langsung juga bisa dirasakan oleh para petani, contohnya adalah petani sawit, kapas, kapuk dan lain sebagainya.

 

4# Mengendalikan Harga Produk

Tujuan dilakukannya ekspor adalah untuk mengendalikan produk dimana jika terdapat over kapasitas produk dalam negeri maka akan berdampak pada hasil harga yang sangat murah. Untuk mengendalikan hal tersebut dilakukan ekspor produk ke negara yang membutuhkan produk tersebut.

Sehingga produk didalam negeri harganya bisa stabil sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Dengan memanfaatkan ekspor ini tentu banyak yang di untungkan untuk mengendalikan harga produk terutama adalah perusahaan yang memproduksi produk tersebut dan para petani dari sektor komonitas.

 

Komoditas Ekspor Adalah

Seperti yang telah kami sampaikan diatas terdapat jenis ekspor yang banyak dilakukan perusahaan untuk memenuhi kebutuhan pasar internasional salah satunya adalah jenis ekspor barang-barang komoditas.

Seperti yang sudah kami ulas dalam artikel Pengertian Komoditas Ekspor, bahwa jenis ekspor komoditas adalah jenis ekspor barang dagangan utama yang di dapatkan dari berbagai jenis sumber seperti pertanian, pertambangan, energi dan peternakan.

Baca juga Apa Itu Distribusi ? Ini Penjelasan Lengkapnya

Demikian adalah ulasan kampustekno mengenai pengertian ekspor dan berbagai jenis ekspor yang wajib Anda ketahui. Dari ulasan kami diatas diharapkan anda lebih mengetahui secara detail tentang ruang lingkup dunia ekspor yang dilakukan oleh perusahan.

 

 

Posting Komentar untuk "Ekspor Adalah ? Berikut Penjelasan Lengkapnya"