Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Itu Inflasi ? Ini Penjelasannya Secara Lengkap

Apa itu inflasi ? banyak pertanyaan tersebut diajukan bagi mereka yang awam tentang dunia ekonomi. Tentu banyak istilah ekonomi yang sangat susah dimengerti bagi mereka yang tidak mengikuti perkembangan ekonomi di Indonesia. Apalagi bagi mereka yang memang memiliki keterbatasan di dunia pendidikan.

Apa Itu Inflasi

Kata inflasi sendiri sering didengar di pemberitaan media televisi sebagai gambaran berita mengenai kondisi ekonomi di negara kita. Tidak sedikit orang biasa yang tidak tahu tentang arti dari inflasi itu sendiri meski sering mendenfar kata tersebut.

Setidaknya sebagai orang yang bukan dibidangnya dalam hal ekonomi kita mau mencari tahu sendiri mengenai apa itu inflasi dan mengerti secara sederhana mengenai inflasi yang terjadi disekitar kita. untuk lebih jelasnya kami akan membahas apa itu inflasi dan dampak ekonomi jika terjadi sebuah inflasi. Simak ulasan kami dalam artikel ini.


Apa Itu Inflasi ?

Secara bahasa inflasi adalah kemrosotan nilai mata uang yang disebabkan terlalu banyaknya uang yang beredar dimasyarakat sehingga menyebabkan harga barang-barang naik.

Sedangkan secara istilah inflasi adalah keadaan sebuah negara dimana harga barang dan jasa naik dalam waktu yang lama yang menyebabkan ketidak stabilan ekonomi karena faktor ketidak seimbangan antara uang yang beredar dengan barang yang tersedia.

Penyebab utama inflasi adalah karena peredaran uang dimasyarakat terlalu banyak dan tidak seimbang dengan ketersedian barang. Sehingga nilai mata uang menjadi menurun dan tidak ada harganya, inflasi berkepanjangan juga akan menyebabkan kebangkrutan sebuah negara. Hal ini bisa terjadi karena banyak faktor salah satunya adalah faktor kesalahan pemerintah dalam mengelola keuangan negara.

Baca juga Apa Itu Investasi ? Ini Pengertian dan Contohnya

 

Penyebab Inflasi

Banyak faktor penyebab terjadinya inflasi disuatu negara. Dari berbagai faktor tersebut nantinya bisa Anda nilai sesuai dengan keadaan yang terjadi pada negara yang ada di dunia apakah masuk dalam kategori negara terkena dampak inflasi atau bukan. Berikut adalah beberapa faktor penyebab inflasi.

1# Peredaran Uang Tinggi

Salah satu faktor yang menyebabkan inflasi disuatu negara adalah peredaran uang yang terlalu tinggi dimasyarakat sehingga nilai mata uang tidak ada harganya lagi. Dampak dari peredaran uang yang tidak stabil dan banyak dipegang oleh masyarakat adalah uang tersebut tidak bisa digunakan sebagai alat tukar jual beli lagi sehingga untuk mendapatkan suatu barang dan jasa harus dilakukan dengan sistem barter.

2# Biaya Produksi Naik

Selain faktor peredaran uang, faktor penyebab inflasi lainnya adalah biaya produksi yang naik tinggi. Hal ini tentu mengakibatkan dampak ekonomi yang mengular sehingga satu dengan lainnya berhubungan terkenda dampaknya. Biaya produksi yang tinggi ini biasanya disebabkan beberapa faktor seperti langka dan tingginya harga bahan bakar dan upah pegawai yang tinggi.

 

3# Meningkatnya Permintaan

Faktor penyebab inflasi yang terakhir yaitu meningkatnya jumlah permintaan barang yang tidak di imbangi dengan jumlah produksi. Jika hal ini dibiarkan dan terjadi dalam jangka waktu yang sangat lama maka akan terjadi inflasi ekonomi yang berdampak berantai dengan produk lainnya.

Sebagai contoh jika harga minyak goreng naik 100% dan tidak bisa turun dalam jangka waktu yang lama maka harga pangan lainnya juga akan ikut naik. Dampak ini nantinya yang menyebabkan inflasi secara perkepanjangan jika tidak segera diatasi.

Baca juga Game yang Menghasilkan Uang Menjanjikan

 

Dampak Inflasi

Inflasi memiliki dampak yang sangat buruk bagi perekonomian suatu negara. Maka dari itu banyak negara yang sangat hati-hati dalam mengelola perekonomian mereka agar kestabilan ekonomi selalu terjaga dengan baik. Dampak buruk jika terjadi sebuah inflasi yang berkepanjangan adalah ekomoni akan lesu dan daya beli masyarakat akan menurun dengan demikian perputaran ekonomi tidak akan berjalan dengan baik.

Selain itu inflasi juga dapat mempengaruhi nilai mata uang suatu negara yang bisa menyebabkan mahalnya biaya transaksi eskpor import yang dilakukan antar negara. Tentu ini sangat merugikan terhadap suatu negara.

Banyak orang yang akan hidup irit dan enggan membelanjakan uang yang dimiliki, akibatnya uang tidak berputar dan pertumbuhan ekonomi suatu negara akan lambat dan stagnan. Selain itu semakin lama nilai mata uang juga semakin lemah dan tidak ada nilainya lagi.

 

Penutup - Apa itu Inflasi

Setelah kami uraikan mengenai apa itu inflasi tentu Anda lebih memahami makna dan definisi dari sebuah arti kata inflasi. Yang lebih penting adalah Anda lebih mengetahui dampak buruk jika terjadi inflasi disuatu negara yang menyebabkan ketidak stablian ekonomi.

Demikian adalah ulasan kami mengenai artikel apa itu inflasi yang bisa kami sajikan untuk Anda semoga artikel ulasan kami ini bisa memberikan pencerahan mengenai pengertian inflasi dan menambah wawasan untuk Anda.

 

Posting Komentar untuk "Apa Itu Inflasi ? Ini Penjelasannya Secara Lengkap"