Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Daftar Kartu Prakerja dengan Mudah Disini

Cara daftar kartu prakerja sangat mudah untuk dilakukan, bagi anda yang ingin mendaftarkan diri dan memiliki kartu prakerja bisa anda lakukan dengan mempersiapkan syarat dan ketentuan yang sudah diatur oleh pemerintah Indonesia.

Seperti yang telah kita ketahui bersama kartu prakerja merupakan program pemerintah yang bertujuan untuk melakukan pengembangan potensi kerja dan kewirausahaan bagi para pencari kerja. program ini merupakan wujud kerjasama pemerintah dengan pihak swasta untuk menyediakan berbagai program pelatihan bagi para anggotanya untuk mengasah skil dan ketrampilan kerja.

Bagi anda yang belum lolos seleksi atau baru akan mencari kerja kami akan mengulas bagaimana cara daftar kartu prakerja melalui layanan situs online yang disediakan oleh pemerintah. Simak ulasan kami dibawah ini.

Baca juga Affiliate Shopee Cara Daftar dan Dapatkan Keuntungannya

Langkah Cara Daftar Kartu Prakerja

Ada beberapa tahapan yang harus anda lalui untuk mendaftar kartu prakerja, untuk lebih detaailnya mengenai tatacara dan langkahnya anda bisa menyimak urutan langkah dari kami berikut ini.

1# Cara Daftar Kartu Prakerja - Membuat Akun

Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah membuat akun terlebih dahulu. Untuk membuat akun anda bisa mengunjungi situs dashboard.prakerja.go.id/daftar . Lakukan resgistrasi pada halaman situs website tersebut dengan mengisikan email dan password yang anda miliki.

Masukan email yang anda miliki dengan catatan email anda masih aktif dengan tujuan untuk menerima informasi prakerja melalui email yang didaftarkan nantinya.

Selanjutnya isikan password yang mudah di ingat minimal 6 karakter kombinasi huruf dan angka. Jika sudah centang ceklist persetujuan untuk menyetujui syarat pendaftaran yang anda lakukan. Jika semua sudah selesai anda tinggal klik tombol daftar.

 

2# Cara Daftar Kartu Prakerja Verifikasi Akun

Setelah Anda mendaftar akan ada notifikasi verifikasi akun yang di kirimkan ke email anda, langkah selanjutnya adalah anda tinggal klik verifikasi pesan dalam email tersebut agar pendaftaran yang anda lakukan disetujui sepenuhnya.

Cara Daftar Kartu Prakerja

Setelah proses pembuatan akun anda selesai dilakukan selanjutnya anda bisa mendaftarkan diri sebagai anggota pra kerja dalam situs tersebut.

Baca juga Apa Itu Freelance? Berikut Arti dan Contohnya

 

3# Cara Daftar Kartu Prakerja Login dan Daftar

Setelah akun anda selesai membuat akun langkah selanjutnya adalah melakukan pendaftaran, untuk melakukan pendaftaran anda harus login menggunakan email dan password yang sudah anda bikin sebelumnya. Setelah itu anda perlu menyiapkan KTP elektronik yang anda miliki untuk melakukan pendaftaran.

Cara Daftar Kartu Prakerja

Setelah anda masuk kedalam sistem lakukan verifikasi pendaftaran dengan memasukan NIK KTP yang anda miliki. isikan bidodata yang disediakan dalam form tersebut seperti Nomor KTP dan Tanggal lahir. Kemudian klik tombol lanjutkan.

 

4# Cara Daftar Kartu Prakerja - Isi Biodata Diri

Setelah itu cara daftar kartu prakerja selanjutnya adalah pengisian biodata diri. Isikan biodata diri anda sesuai denngan yang tercantum dalam identitas KTP yang Anda miliki dan sesuai dengan formulir yang di sediakan dalam situs website tersebut.

Cara Daftar Kartu Prakerja

Berikut adalah form yang harus anda isikan dalam berkas biodata dalam website tersebut.

  • Nama Lengkap
  • Alamat Sesuai KTP
  • Jenis Kelamin
  • Pendidikan Terakhir
  • Status Kebekerjaan
  • Provinsi, Kota/Kabbupaten, Kecamatan
  • Foto KTP, upload file dengan klik menu “Pilih KTP”
  • Selfie dengan KTP, upload file dengan klik menu “Pilih File Selfie”
  • Checklist pada tulisan “Saya bersedia mengisi seluruh data yang dibutuhkan dengan
    sejujur-jujurnya.

Catatan dalam pengisian biodata diri diatas :

  1. Jika Alamat tempat tinggal saat ini SAMA dengan alamat di KTP, maka klik tombol ini
    sehingga warnanya menjadi biru (ON).
  2. Jika alamat tempat tinggal saat ini BERBEDA dengan alamat di KTP, maka matikan tombol
    ini (OFF). Lalu input alamat sesuai tempat tinggal saat ini.
Cara Daftar Kartu Prakerja

Jika semuanya sudah Anda isi langkah selanjutnya adalah melanjutkan pendaftaran dengan klik tombol Lanjutkan yang berada pada sisi kanan bawah layar Anda.

Baca juga Cara Mulai Bisnis Online untuk Pemula

 

5# Cara Daftar Kartu Prakerja - Isi Nomor HP Aktif

Langkah selanjutnya cara daftar kartu prakerja adalah anda wajib mengisikan nomor hp anda yang masih aktif untuk kemudian akan dikirim kode OTP konfirmasi bahwa diri anda benar-benar sesuai dengan data yang anda kirimkan.

Cara Daftar Kartu Prakerja

Masukan nomor ponsel yang anda miliki kemudian klik tombol Verifikasi. Setelah nomor ponsel anda terverifkasi tahapan selanjutnya adalah anda wajibkan untuk mengikuti tes ringan yang muncul di halaman dasboard anda.

 

6# Jawab Pertanyaan & Tes Motivasi

Langkah selanjutnya adalah anda perlu menjawab beberapa pertanyaan yang diajukan untuk proses seleksi. berbagai macam pertanyaan ini nantinya harus anda jawab secara jujur tentang kondisi anda pada saat ini. Pilihan jawaban tersedia pilihan YA atau TIDAK.

Cara Daftar Kartu Prakerja

Klik tombol berikutnya untuk menjawab pertanyaan selanjutnya. Jika semua pertanyaan sudah selesai maka akan terdapat popup notifikasi pertanyaan selesai. Kemudian klik tombol OKE.

Setelah anda selese menjawab berbagai pertanyaan yang diajukan tahapan cara daftar kartu prakerja selanjutnya adalah anda harus mengikuti tes motivasi dan kemampuan dasar sebagai persyaratan pendaftaran.

Cara Daftar Kartu Prakerja

Akan terdapat 18 pertanyaan motivasi dan tes kemampuan dasar yang harus Anda jawab untuk menyelesaikan ujian. Jika semua pertanyaan ujian sudah selesai anda jawab langkah selanjutnya anda tinggal klik tombol selesai dan menuju halaman dasboard dalam website situs prakerja tersebut.

 

7# Konfirmasi Gelombang Pendaftaran

Jika semua langkah diatas sudah selesai anda lakukan dan anda masuk kehalaman dasboard langkah selanjutnya adalah anda tinggal gabung ke gelombang pendaftaran yang tersedia pada halaman dasboard anda.

Cara Daftar Kartu Prakerja


Klik tombol Gabung untuk bergabung dengan gelombang pendaftaran kartu prakerja selanjutnya anda tinggal menunggu proses pengumuman bahwa anda diterima atau tidak pada halaman tersebut.

Cara Daftar Kartu Prakerja


Baca juga Pinjaman Online Bunga Rendah Pencairan Cepat

Bagaimana sangat mudah bukan cara daftar kartu prakerja ? anda harus membacanya pelan-pelan ulasan yang kami bahas diatas agar lebih memhami satu persatu langkah yang kami uraikan diatas.

Demikian ulasan kampustekno mengenai cara daftar kartu prakerja semoga artikel yang kami bahas ini bermanfaat buat anda yang ingin melakukan pendaftaran kartu prakerja.

 

Posting Komentar untuk "Cara Daftar Kartu Prakerja dengan Mudah Disini"