Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Komoditas Adalah ? Berikut Pengertian dan Jenisnya

Komoditas adalah istilah kata dalam ekonomi yang banyak ditemukan dalam bisnis di sektor perdangangan. Banyak yang belum mengetahui apa itu arti dari komoditas terutama bagi orang yang awam tentang bidang ekonomi.

Meski demikian tidak sedikit pula orang yang mencari arti kata komoditas di internet untuk menambah wawasan mereka tentang istilah ekonomi satu ini.

Jika Anda adalah termasuk orang yang sedang mencari pengertian arti kata komoditas, dalam artikel ini kami akan membahasnya untuk Anda sehingga Anda lebih mengetahui tentang dunia komoditas bisnis yang berjalan disekitar kita. Simak ulasan kami tentang pengertian komoditas diawah ini.

 

Komoditas Adalah

Apa itu Komoditas ? Komoditas Adalah

Dalam kamus bahasa Indonesia komoditas diartikan sebagai produk atau barang dagangan utama atau barang untuk berniaga. Komoditas juga bisa diartikan dengan barang mentah yang bisa dilakukan penggolongan berdasarkan standar mutunya. Contoh komoditas yang sering diekspor ke pasar internasional adalah seperti kopi, karet, sawit , gandum dan lain sebagainya.

Baca juga Apa Itu Inflasi ? Ini Penjelasannya Secara Lengkap

Arti lain dari komoditas adalah barang yang dapat diperjual belikan untuk memperoleh keuntungan suatu usaha. Secara arti istilah komoditas adalah kumpulan dari produk atau barang yang memiliki wujud fisik dan disimpan dalam jangka waktu tertentu untuk berbagai kebutuhan dan dapat ditukar dengan produk lainnya yang memiliki nilai setara dengan barang tersebut.

Barang yang berwujud komoditas pada umumnya adalah barang yang berupa hasil bumi karya seni seperti kerajinan yang dapat dilakukan perdagangan secara ekspor. Selain itu komoditas juga bisa berupa produk pertanian mentah yang belum diolah untuk kebutuhan eskpor suatu negara.

Pada umumnya, barang atau benda yang dianggap sebagai komoditas adalah barang dagangan utama, hasil bumi atau kerajinan yang dimanfaatkan untuk perdagangan ekspor.

 

Jenis-Jenis Komoditas Adalah

Terdapat beberapa jenis komoditas yang wajib Anda ketahui, dari jenis komoditas tersebut dapat diklasifikasikan sesuai dengan bisnis yang berjalan dengan komoditas tersebut. Berikut adalah jenis komoditas yang wajib Anda ketahui.

Baca juga Apa Itu Investasi ? Ini Pengertian dan Contohnya

1# Komoditas Pertanian

Jenis komoditas pertanian yaitu komoditas yang hasilnya dari alam secara langsung. Jenis komoditas ini bisa diapatkan dari hutan maupun pertanian secara langsung yang dikelola dan dimajaemen sehingga mencukupi untuk stok ekspor disuatu negara.

Sebagai contoh komoditas pertanian dari hasil hutan Indonesia yang sangat dibutuhkan untuk di eskpor yaitu seperti hasil pertanian karet, kapas, sawit dan lain sebagainya. Sedangkan untuk hasil pertanian dari lahan yang dikelola petani contohnya adalah seperti hasil kopi, cengkeh, kedelai dan masih banyak lagi lainnya.

 

2# Komoditas Pertambangan

Jenis komoditas lainnya yaitu komoditas pertambangan dimana komoditas ini dihasilkan dari pengolahan hasil tambang yang dilakukan oleh perusahaan untuk di ekspor. Beberapa jenis komoditas pertambangan contohnya seperti, emas, perak, tembaga, nikel dan lain sebagainya.

komoditas jenis ini biasanya dikelola oleh perusahaan dengan skala besar dengan memanfaatkan perlatan yang canggih untuk mendapatkannya, karena hasil tambang merupakan hasil bumi yang tidak bisa diperbaruhi menjadikan komoditas ini sangat mahal harganya.

 

3# Komoditas Energi

Komoditas energi merupakan jenis komoditas yang didapatkan dari sumber tenaga bumi dan alam. Komoditas jenis ini didapatkan dari proses petambangan yang sudah diolah menjadi energi untuk kemudian dipasarkan. Contoh komoditas energi yang sudah diolah adalah seperti produk bahan bahar minyak bensin, diesel, minyak sawit dan lain sebagainya.

Jenis komoditas ini juga sangat mahal harganya karena komoditas ini termasuk komoditas barang pokok yang sangat dibutuhkan diberbagai negara. Selain itu jenis komoditas ini juga jenis komoditas yang akan habis kedepannya karena tidak dapat diperbarui lagi.

 

5# Komoditas Peternakan Adalah

Jenis komoditas terakhir yaitu komoditas peternakan dimana produk utama dari komoditas ini yaitu yang dihasilkan dari hewan ternak. Komoditas satu ini sebagai salah satu komoditas bahan pokok yang banyak dibutuhkan karena produknya sebagai bahan konsumsi sehari-hari.

Contoh komoditas yang dihasilkan dari peternakan ini seperti daging sapi, telur, susu, daging ayam, ikan dan lain sebagainya. Salah satu komoditas peternakan yang banyak di ekspor adalah seperti daging sapi dan hewan ternak babi yang banyak dilakukan ekspor antar negara eropa.

Baca juga Apa Itu Distribusi ? Ini Penjelasan Lengkapnya

Penutup

Dari penjelasan yang kami uraikan diatas menunjukan bahwa komoditas sangatlah penting bagi pergerakan ekonomi dan bisnis. Dengan adanya berbagai produk komoditas menjadikan proses jalannya bisnis disektor komoditi dapat memenuhi berbagai aspek kebutuhan masyarakat.

Demikian adalah artikel kampustekno mengenai pengertian dari komoditas yang wajib Anda ketahui. Semoga artikel yang kami sampaikan diatas bisa menambah pengetahuan bagi Anda.

Posting Komentar untuk "Komoditas Adalah ? Berikut Pengertian dan Jenisnya"