Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Daftar BPJS Kesehatan Secara Online

 Cara daftar BPJS kesehatan secara online dapat dilakukan dengan mudah dari mana saja, bagi Anda yang ingin mendaftarkan diri Anda dan keluarga BPJS kesehatan secara mandiri Anda dapat melakukannya melalui fitur layanan pendaftaran secara online yang dapat Anda lakukan dirumah.

Seperti yang kita ketahui BPJS kesehatan merupakan layanan kesehatan yang disediakan pemerintah untuk menjamin kesehatan terhadap masyarakat. Dengan BPJS kesehatan biaya pengobatan dirumah sakit menjadi ringan karena kita sudah membayar iuran setiap bulannya.

cara daftar bpjs online

Iuran BPJS kesehatan sendiri paling rendah perbulan adalah Rp 35.000 per orang dimana besaran iuran sesungguhnya adalah Rp 42.000. Sisa iuran tersebut di subsidi pemerintah Rp 7.000 sehingga masyarakat hanya membayar sebesar Rp 35.000.

Bagi Anda yang sedang mencari cara daftar BPJS kesehatan secara online Anda bisa mengikuti petunjuk yang kami berikan dibawah ini.

Baca juga Cara Mengecek Nomor BPJS Kesehatan dengan NIK KTP

 

Langkah Cara Daftar BPJS Online

Untuk melakukan pendaftaran BPJS kesehatan secara online Anda dapat melakukannya melalui aplikasi layanan BPJS dengan mengunduhnya di google play store atau app store. Anda dapat mencari di play store atau app store aplikasi 'Mobile JKN' dan mengunduhnya dalam ponsel yang Anda miliki.

1# Lakukan Pendaftaran

Setelah Anda mengunduh aplikasi di ponsel Anda langkah selanjutnya adalah melakukan pendaftaran biodata pada aplikasi tersebut. Untuk melakukan pendaftaran buka aplikasi tersebut dan siapkan KTP elektronik yang Anda miliki.

Baca persyaratan secara singkat pada aplikasi kemudian checklist persetujuan aplikasi untuk melanjutkan pendaftaran BPJS Kesehatan. Setelah selesai masukan nomor NIK KTP elektronik yang Anda miliki dan masukan kode captcha untuk verifikasi pendaftaran pada aplikasi tersebut.

Jika NIK KTP elektronik Anda sesuai maka data Anda beserta keluarga Anda akan muncul pada halaman tersebut. Langhkah selanjutnya adalah klik tombol Selanjutnya untuk melanjutnya pendaftaran.

 

2# Masukan Biodata Diri

Setelah data diri Anda dan keluarga terdeteksi dalam aplikasi langkah selanjutnya adalah melakukan pengisian data pribadi diri Anda. Isikan data diri Anda sesuai dengan yang tertera pada KTP yang Anda miliki, jika sudah selesai kemudian pilih faskes yang Anda inginkan sesuai dengan pilihan faskes yang ditampilkan pada layar.

Pilih juga fasilitas kesehatan gigi dilokasi terdekat Anda yang mudah diakses jika Anda melakukan perawatan gigi. Jika semua biodata selesai Anda inputkan langkah selanjutnya adalah mengisi data email yang Anda miliki.

Setelah Anda mengisi email klik tombol simpan. Selanjutnya adalah Anda harus memverifikasi biodata pendaftaran melalui link yang dikirimkan melalui email Anda tersebut.

Baca juga Asuransi Pendidikan Anak Terbaik dan Manfaatnya

 

3# Verifikasi Email

Jika terdapat pesan masuk ke email yang Anda daftarkan tersebut untuk verifikasi dari BPJS Kesehatan selanjutnya cek isi email tersebut. Jika tidak ada email yang masuk dari BPJS Kesehatan coba refresh email Anda atau cek di folder SPAM yang terdapat di email.

Jika Anda sudah membuka email, copy code verifikasi yang dikirimkan melalui email kemudian masuk kembali ke aplikasi Mobile JKN untuk memasukan kode verifikasi tersebut.

Jika proses verifikasi berhasil Anda akan ditampilkan data kepesertaan Anda di BPJS Kesehatan, selain itu dalam email Anda juga akan menerima kode vertual account untuk melakukan pembayaran BPJS Kesehatan setiap bulannya.

 

4# Cetak Kartu BPJS Kesehatan

Untuk kartu keanggotaan BPJS Kesehatan Anda bisa mendownloadnya dalam website BPJS Kesehatan dengan login menggunakan NIK terdaftar yang Anda miliki. Anda bisa mengunungi situs bpjs-kesehatan.go.id untuk masuk kesistem kemudian masuk ke menu cetak kartu sesuai yang Anda miliki.

 

Penutup Cara Daftar BPJS Online

Sebagai informasi tambahan bagi Anda melakukan pendaftaran BPJS kesehatan adalah wajib bagi setiap warga negara. Dalam satu Kartu Keluarga diwajibkan melakukan pendaftaran BPJS kesehatan dengan pembyaran masing-masing per NIK yang terdaftar. Jika dalam satu KK Anda tedapat 3 anggota keluarga dan mengikuti iuran 35.000 perbulan maka Anda wajib membayar iuran 3 x 35.000 = 105.000 per bulannya untuk satu Kartu Keluarga.

Demikian adalah ulasan kampustekno mengenai cara daftar BPJS kesehatan secara online, semoga artikel yang kami sampaikan ini bermanfaat buat Anda untuk daftar BPJS kesehatan secara online.

 

Posting Komentar untuk "Cara Daftar BPJS Kesehatan Secara Online"