Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Akuntansi Adalah ? Berikut Pengertian Lengkapnya

Akuntansi adalah - Ilmu akuntansi secara umum dikenal dengan ilmu yang berhubungan dengan perhitungan namun perhitungan yang dilakukan bukanlah perhitungan yang sederhana. Dibutuhkan pikiran yang lihai dan jeli untuk bisa ahli dibidang ilmu satu ini.

Bagi mereka yang memiliki otak encer tentu menjadi seorang akuntan adalah cita-cita sebagian besar orang namun untuk menjadi seorang yang ahli dibidang akuntansi tentu dibutuhkan ilmu yang mumpuni karena salah dalam melakukan perhitungan akan berakibat fatal terhadap laporan keuangan yang dilakukan.

Akuntansi Adalah

Kebanyakan seorang akuntan memiliki skil keahlian diatas rata-rata karena mereka harus memiliki ketelitian yang jeli hal ini yang membuat seorang akuntan dibayar mahal jika bekerja diperusahaan-perusahaan bonafit karena dari merekalah sumber laporan yang sesuai dan tepat tercipta sehingga dapat menjadikan acuan perusahaan untuk melangkah mengambil keputusan kedepan.

 

Apa itu Akuntansi ?

Banyak pakar yang mendefinisikan arti dari penjabaran akuntansi, beberpa pakar tersut tentu memiliki keahlian dibidangnya untuk menjadi sebuah rujukan akademis sehingga apa yang mereka ketahui tentang akuntansi dapat dibagikan kepada publik. Berikut adalah beberapa pengertian dari akuntansi.

Baca juga Apa Itu Investasi ? Ini Pengertian dan Contohnya

 

Menurut Sunyanto (1999) Akuntansi adalah

Mendefonisikan akuntansi adalah suatu proses tahapan pengumpulan, mencatat , menggolongkan dan mengindetifikasikan banyak transaksi keuangan sehingga didapatkan hasil tafsir untuk mengambil keputusan.

Soemarsono S.R (2004)

Akuntansi adalah proses mengidentifikasi serta mengukur data untuk melaporkan informasi ekonomi untuk menghasilkan penilaian serta keputusan yang tegas dan jelas bagi mereka yang menggunakan informasi tersebut.

Menurut Suparwoto Akuntansi adalah

Sebuah teknik untuk melakukan penguruan serta pengelolaan transaksi untuk memberikan laporan dalam bentu informasi kepada pihak perusahaan baik secara internal maupun eksternal seperti investor, kreditur, serikat buruh dan lain sebagainya.

Menurut S. Munawir Akuntansi adalah

Sebuah proses pencatatan penggolongan dan ringkasan terhadap sebuah peristiwa keuangan dengan cara tepat sesuai sehingga menghasilkan laporan keuangan yang bisa ditafsirkan.

Menurut Paul Grady

Akuntansi adalah bagian dari ilmu pengetahuan dalam fungsi organisasi secara sistematis, autentik dalam mencatat. melakukan proses dan menganalisa semua transaksi keuangan untuk tujuan membuat laporan sebagai informasi yang dibutuhkan manajemen untuk mengambil keputusan.

 

Tujuan Akuntansi

Tujuan dari akuntansi secara umum adalah untuk melakukan sebuah pencatatan serta mengumpulkan informasi laporan keuangan keluar masuknya arus kas didalam sebuah perusahaan untuk dijadikan sebuah keputusan oleh manajemen.

Selain itu terdapat juga tujuan akuntansi secara umum,secara khusus dan akuntansi secara kualitatif yang patut Anda ketahui. Berikut adalah tujuan akuntansi dari ketiga kategori tersebut.

Tujuan Akuntansi Secara Khusus

Tujuan secara khusus adalah untuk mendapatkan informasi keuangan yang relevan sesuai dengan keluar masuknya keuangan perusahaan sesuai dengan prinsip dan kaidah akuntansi. Laporan keuangan tersebut secara tekniks meliputi laporan neraca, laba rugi perusahaan dan lainnya yang berhubungan dengan informasi keuangan perusahaan.

Tujuan Akuntansi Secara Umum

Selain tujuan secara khusus diatas terdapat juga tujuan akuntansi secara umum yang kami ringkas dalam beberapa poin berikut ini.

  • Menjelaskan berbagai informasi keuangan perusahaan.
  • Memberikan berbagai informasi tentang perubahan berbagai sumber ekonomi perusahaan.
  • Memberikan gambaran keuangan tentang sumber ekonomi perusahaan yang meliputi aset, hutang, serta modal.
  • Untuk mengetahui laba untung dan rugi dari sebuah perusahaan.
  • Memberikan informasi aktiva maupun pasiva didalam perusahaan perusahaan.

Tujuan Akuntansi Secara Kualitatif

  • Memberikan informasi data keuangan yang sesuai dan relevan.
  • Memberikan laporan yang mudah dimengerti oleh pihak terkait yang membutuhkan laporan tersebut.
  • Menyajikan informasi transaksi secara realtime secepat mungkin.
  • Memberikan informasi sesuai dengan prinsip PABU (Prinsip Akuntansi Berterima Umum) serta menghasilkan informasi yang teruji validitas serta kebenarannya.

Baca juga Apa Itu Inflasi ? Ini Penjelasannya Secara Lengkap

 

Manfaat Akuntansi

Akuntasnsi memiliki manfaat bagi sebuah perusahaan, dari manfaat tersebut tentu akan kembali kepada hasil positif terhadap manajemen perusahaan tersebut. Berikut adalah manfaat dari akuntansi.

  1. Sebagai bahan evaluasi keuangan perusahaan.
  2. Sebagai sarana informasi keuangan bagi pihak terkait yang membutuhkan.
  3. Sebagai bukti keuangan bahwa perusahaan dijalankan sesuai dengan peraturan.
  4. Sebagai acuan perusahaan bahwa bisnis yang dijalankan berjalan secara sehat atau tidak.

Dari berbagai macam manfaat tersebut tentu manfaat yang paling utama adalah menjaga perusahaan agar berjalan sesuai dengan aturan. Hal ini bertujuan untuk mencegah perusahaan mengalami kebangkrutan karena kesalahan pencatatan keuangan.

Demikian adalah ulasan kampustekno mengenai definisi dari akuntansi. Tentu dari berbagai bidang ilmu akademis banyak hal yang terkait dengan ilmu akuntasi ini untuk Anda pelajari sehingga Anda dapat mengetahui lebih jauh tentang apa itu akuntansi.

 

Posting Komentar untuk "Akuntansi Adalah ? Berikut Pengertian Lengkapnya"