Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menjadi Pemimpin yang Baik Dalam Organisasi

Cara Menjadi Pemimpin yang Baik Dalam Organisasi - Menjadi seorang pemimpin bukanlah sebuah perkara yang mudah dijalani, banyak hal yang harus dipelajari jika kita menjadi seorang pemimpin.

Seorang pemimpin setidaknya harus mempunyai jiwa kepemimpinan didalam diri kita, agar dalam menjalankan tugas bisa dilakukan dengan baik dan benar.

Dalam artikel ini kampustekno akan berbagi sedikit tips bagaimana jika kita menjadi seorang pemimpin, baik itu pemimpin dalam lingkup kecil maupun dalam lingkup yang besar. Setidaknya nilai-nilai dasar yang harus diterapkan didalam diri sebagai seorang pemimpin harus ada.

Baca juga 7 Alasan Mengapa Bisnis Online Menjanjikan di Masa Depan

 

Cara Menjadi Pemimpin yang Bijaksana

Untuk menjadi seorang pemimpin tidak hanya sekedar menjadi orang yang berdiri paling depan saja, tetapi harus bisa juga membuat orang-orang yang di pimpin mencintai dirinya sebagai panutan dan contoh bagi kalangan organisasinya maupun diluar organisasi.

Hal ini bertujuan agar dalam lingkup organisasi ada sosok panutan yang bisa menjadi acuan kebaikan dan sosok orang yang bisa membawa organisasi tersebut ke arah yang lebih baik. Berikut adalah tips-tips yang setidaknya harus ada pada diri seorang pemimpin agar di cintai dalam organisasi :

 

1# Cara Menjadi Pemimpin - Mempunyai jiwa kepemimpinan

Yang pertama cara menjadi pemimpin yang baik adalah seorang pemimpin harus mempunyai jiwa kepemimpinan, jiwa untuk mau mengarahkan orang lain untuk menjadi lebih baik. Jiwa kepemimpinan adalah pondasi awal untuk menjadi seorang pemimpin dan jiwa kepemimpinan juga bisa di tumbuhkan secara alami bagi mereka yang ingin belajar kepemimpinan.

Cara ini bisa ditumbuhkan dengan mempelajari berbagai buku bacaan pesikologis tentang kepemimpinan dan menumbuhkan dengan cara rasa ingin membantu terhadap sesama disekitar kita baik dalam hal kecil maupun hal besar dari aspek berbagai masalah dilingkup organisasi.

Baca juga Affiliate Shopee Cara Daftar dan Dapatkan Keuntungannya

 

2# Cara Menjadi Pemimpin - Menyayangi dan memperhatikan diri sendiri

Seorang pemimpin harus bisa memperhatikan dirinya sendiri sebelum memperhatikan orang lain. Kebutuhan apa saja yang kurang dalam dirinya sehingga tahu bagaimana cara memperbaiki kekurangannya tersebut, yang paling utama adalah dari segi sifat, hal ini harus benar-benar tahu mana sifat buruk dalam dirinya dan harus tahu bagaimana cara mengatasinya.

Cara untuk menyayangi diri sendiri adalah dengan memperhatikan diri sendiri hal apa yang perlu dierbaiki, lalu memenuhi kebutuhan pada dirinya tersebut untuk belajar lebih baik. Contoh : Jika seorang pemimpin tersebut masih belum bisa berbicara lancar didepan orang banyak,maka seorang pemimpin tersebut harus belajar agar kedepannya bisa berkomunikasi dan berbicara dengan lancar.

 

3# Bisa membuat nyaman terhadap orang-orang yang dipimpin

Setelah dua point diatas terpenuhi, seorang pemimpin juga harus bisa membuat nyaman kepada orang-orang yang dipimpinnya. Karena itu adalah sebuah tanggung jawab sehingga setiap orang yang dipimpinnya akan mempunyai rasa memiliki terhadap pemimpinnya.

 

4# Harus peka dan mempunyai empati yang tinggi

Point ke-empat ini sangatlah penting, sebagai seorang pemimpin kita harus peka terhadap lingkungan organisasi dan mempunyai empati terhadap orang-orang yang dipimpinnya. Jika ada masalah terhadap organisasi atau bawahannya , pemimpin harus peka dan menaruh empati kepada hal tersebut. Harus mau turun tangan untuk mengatasi atau sekedar menanyakan masalah-masalah yang ada.

Baca juga Biaya Balik Nama Mobil dan Cara Balik Nama Mobil

 

5# Cara Menjadi Pemimpin yang Bijaksana - Mampu memotivasi dan terbuka

Seorang pemimpin juga harus terbuka terhadap siapa saja, terbuka yang di maksud disini ketika bawahannya ada masalah, maka pemimpin tersebut harus membuka diri sebagai tempat curhat atau tempat menceritakan masalah-masalah yang sedang dihadapi bawahannya. Setelah itu juga harus bisa memberi solusi dan motivasi agar bawahannya bisa tercerahkan dengan adanya pemimpin tersebut.

Masalah terhadap bawahan harus ditangani dengan cepat baik masalah internal organisasi maupun eksternal organisasi. Agar tidak terjadi pembiaran yang terlalu lama yang akan berdampak buruk terhadap organisasi.

 

6# Mampu menjadi kawan dan bergaul kepada siapa saja

Poin ke enam ini juga sangat penting untuk menjadi pemimpin yang bijaksana dan baik harus mampu memposisikan diri pada setiap kondisi, tempat dan situasi. Seorang pemimpin harus bisa menyesuaikan diri dan mau menerima orang disekitarnya, dan tidak tebang pilih. Entah itu anda tidak suka terhadap orang tersebut atau menyukainya haruslah bersikap adil dan selalu merangkul untuk tujuan bersama.

Selain itu seorang pemimpin juga harus mampu menjadi seorang kawan bagi para bawahannya. Sehingga bawahannya nyaman kepadanya tidak ada sekat dalam bersosial akan tetapi tetap pada batasannya.

Jangan diartikan bahwa seorang pemimpin adalah BOS yang harus ada sekat dalam pergaulan, pemimpin berbeda dengan seorang bos. Yang perlu digaris bawahi adalah harus bisa memposisikan diri kapan saatnya menjadi seorang kawan dan kapan menjadi seorang pemimpin.

Baca juga Usaha Makanan Ringan Serba 5000 Ini Layak di Coba !

 

7# Mempunyai selera humor yang bagus

Seorang pemimpin yang baik juga harus mempunya selera humor yang bagus, asal tidak terlalu celelekan (semaunya sendiri dalam bercanda). Jadi dalam proses memimpin bawahan tidak selalu tidak spaneng/tegang. Selain itu harus bisa membuat lingkungan organisasinya cair, sehingga bawahannya tidak menakutinya melainkan segan dan takjub kepadanya.

Cara ini harus benar-benar dipahami, banyak pimpinan yang kaku dan emosional. Hal ini yang menjadikan banyak pemimpin yang merasa seperti bos, sehingga hasilnya jika mereka pensiun tidak akan pernah di hargai ketika sudah tidak menjabat dalam organisasi.

 

8# Cara Menjadi Pemimpin yang Bijaksana - Selalu berbuat kebaikan

Yang terakhir ini sangat penting cara menjadi pempimpin yang baik dalam organisasi harus selalu berbuat baik untuk bisa dicintai bawahannya. Dengan berbuat baik pemimpin tersebut akan menjadi contoh bagi yang melihat disekitarnya. Tentunya yang melihat pun akan suka dengan setiap kebaikan yang dilakukan seorang pemimpin tersebut.

Baca juga Cara Dapat Kuota Gratis Telkomsel 1.5 GB

Dari pemaparan kampustekno diatas adalah beberapa poin utama untuk cara menjadi pemimpin yang bijaksana dalam organisasi. Selain cara diatas tentu masih banyak cara lainnya agar menjadi seorang pemimpin yang matang berdsarkan pengalaman para pemimpin sukses lainnya.

Posting Komentar untuk "Cara Menjadi Pemimpin yang Baik Dalam Organisasi"