Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Biaya Balik Nama Mobil dan Cara Balik Nama Mobil

Biaya balik nama mobil - bagi Anda yang baru sja membeli mobil bekas pasti bertanya-tanya berpa biaya balik nama mobil yang kita miliki jika mengurusnya sendiri ke samsat secara langsung. Jika Anda mengurus balik nama mobil sendiri biaya yang dikeluarkan lebih murah dibandingkan mengurusnya lewat jasa calo.

Belum lagi jika mobil yang Anda miliki berasal dari luar daerah tentu biaya yang Anda keluarkan akan lebih mahal. Mulai sekarang Anda tidak perlu khawatir karena kami akan mengulas berpa sih biaya sebenarnya untuk melakukan balik nama mobil jika kita urus sendiri.

Biaya Balik Nama Mobil

Biaya balik nama mobil sendiri adalah merubah nama STNK dan BPKB kendaraan mobil dari nama pemilik sebelumnya ke nama diri kita sebagai pemilik baru kendaraan tersebut. Untuk melakukan balik nama mobil ini Anda harus mengurus ke samsat asal mobil tersebut kemudian Anda melakukan mutasi ke samsat tempat kota Anda tinggal.


Persyaratan Balik Nama Mobil

Untuk melakukan biaya balik nama mobil tentu ada persyaratan yang harus Anda penuhi terutama untuk proses mutasi mobil dari kota asal kemudian nanti Anda registrasi ke samsat dikota Anda. Berikut adalah persyaratan untuk melakukan balik nama mobil yang Anda miliki.

Peryaratan cabut berkas dari samsat asal sebagai berikut :

  1. KTP asli pemilik baru beserta fotokopi 2 lembar.
  2. STNK asli beserta fotokopi 2 lembar.
  3. BPKB asli beserta fotokopi 2 lembar.
  4. Faktur pembelian mobil bermaterai 10.000 beserta fotokopi (bisa Anda buat sendiri dengan kwintansi)

Setelah Anda melakukan cabut berkas dari samsat asal Anda akan mendapatkan STNK sementara (masih atas nama pemilik lama) atau surat jalan yang berlaku 2 bulan, STNK sementara ini nantinya digunakan untuk proses registrasi mobil yang Anda beli ke samsat tujuan atau samsat lokasi Anda tinggal.

Setelah semua berkas Anda tercabut dari samsat lama selanjutnya Anda akan kembawa semua berkas tersebut kesamsat tujuan dengan persyaratan sebagai berikut.

Baca juga Pinjaman Online Bunga Rendah Pencairan Cepat

 

Persyaratan balik nama mobil ke samsat tujuan

  1. KTP asli pemilik baru beserta fotokopi 2 lembar.
  2. STNK sementara dari samsat lama.
  3. BPKB asli beserta fotokopi 2 lembar.
  4. Faktur pembelian mobil bermaterai 10.000 beserta fotokopi (bisa Anda buat sendiri dengan kwintansi).

Setelah semua berkas Anda bawa ke samsat tujuan selanjutnya adalah kita akan membahas prodesur  dan biaya balik nama mobil yang Anda miliki.

 

Biaya Balik Nama Mobil

Proses banyak tidaknya biaya balik nama mobil tergantung  mobil yang Anda miliki karena dalam proses balik nama dikenakakan biaya balik nama atau BBN yang besarannya 1% dari harga mobil. Jika mobil Anda seharga 200 juta maka Anda akan dikenai biaya BBN sebesar 2.000.000 (1% dari nilai 200 juta). Berikut adalah biaya balik nama mobil selengkapnya.

 

BBN ( Bea Balik nama )Rp 200.000.000 x 1% Rp 2.000.000
PKB (Pajak Kendaraan Bermotor)Rp 200.000.000 x 2% Rp 4.000.000
SWDKLLJRp 143.000
Biaya admin STNKRp 50.000
Biaya penerbitan STNKRp 200.000
Penerbitan BPKBRp 350.000
PendaftaranRp 100.000
Penerbitan TNKBRp 100.000
Total biaya balik nama mobilRp 6.943.000

 

Biaya diatas merupakan simulasi balik kendaraan mobil dengan harga Rp 200.000.000.Anda bisa menerapkan simulasi diatas sesuai dengan mobil yang Anda miliki. Anda hanya perlu mengganti besaran nilai harga mobil untuk melakukan perhitungan biaya balik nama mobil diatas.

 

Tata Cara Balik Nama Mobil

Unutk melakukan proses balik nama mobil terdapat langkah yang harus Anda kerjakan. Caranya sangat mudah untuk dilakukan. Kuncinya Anda tidak perlu malu bertanya saat di lokasi samsat yang Anda tuju jika Anda bingung prosedurnyat.

Untuk melakukan proses balik nama terdapat 2 tahap cara yang harus dilakukan yaitu proses mutasi berkas dari samsat mobil terdaftar sebelumnya dan proses balik nama mobil di samsat tujuan yang baru. Berikut adalah alur proses yang harus Anda lalui.

Baca juga Game yang Menghasilkan Uang Menjanjikan

 

Proses Cabut Berkas dari Samsat Asal ( Mutasi Keluar )

  1. Datang ke samsat asal dengan membawa semua persyaratan yang sudah ditentukan.
  2. Datang kebagian pendaftaran cek fisik mobil, minta berkas pendaftaran.
  3. Lakukan cek fisik mobil.
  4. Setelah cek fisik selesai minta tanda tangan verifikasi cek fisik mobil.
  5. Setelah proses administrasi cek fisik selesai bawa berkas ke bagian loket pendaftaran mutasi keluar disamsat.
  6. Anda akan diarahkan untuk melakukan pembayaran biaya balik nama mobil cabut berkas di loket pembayaran proses cabut berkas.
  7. Setelah Anda melakukan pembayaran Anda akan diarahkan ke bagian BPKB di satlantas polres dengan membawa berkas yang sudah diverifikasi di bagian loket pembayaran.
  8. Setelah sampai dibagian BPKB Anda akan diarahkan untuk mengisi formulir permohohan cabut berkas biodata kendaraan yang Anda miliki. Isikan data kendaraan sesuai dengan yang tertera di STNK dan BPKB lama.
  9. Setelah selesai Anda akan di minta untuk kembali lagi kesamsat untuk melakukan pembayaran penerbitan STNK sementara (surat jalan). Setelah itu kembali lagi ke bagian BPKB di satlantas polres.
  10. Setelah Anda sampai ke bagian BPKB satlantas Anda akan diberikan STNK sementara (masa berlaku 2 bulan ) dan Anda harus meninggalkan nomor whatsapp yang Anda miliki untuk dibertahu jika proses cabut berkas selesai sepenuhnya.
  11. Proses cabut berkas selesai dalam waktu 1-4 minggu. Jika sudah selesai Anda akan diberitahu melalui SMS atau whatsapp.

Untuk melakukan proses cabut berkas ini setidaknya Anda harus kembali ke samsat sebanyak 2 kali untuk kepengurusannya. Setelah semua berkas selesai nanti akan diberitahu dari pihak samsat asal kendaraan. Selanjutnya kita akan membahas proses balik nama mobil disamsat tujuan.

 

Proses Balik Nama Mobil ke Samsat Tujuan ( Mutasi Masuk )

  1. Bawa semua berkas dari samsat asal beserta persyaratan untuk dilakukan balik nama.
  2. Bawa STNK sementara.
  3. Ambil formulir cek fisik dan lakukan cek fisik mobil ke bagian cek fisik.
  4. Setelah cek fisik selesai kemudian ambil formulir pendaftaran mobil (biasanya dibawa satpam).
  5. Isikan biodata mobil diformulir pendaftaran yang disediakan lakukan verifikasi bagian admin.
  6. Verifikasi berkas cek fisik, formulir pendaftaran dan berkas mutasi keluar dari samsat sebelumnya dibagian petugas cek fisik.
  7. Setelah semua verifikasi selesai bawa semua berkas ke loket pendaftaran mutasi masuk.
  8. Anda akan diarahkan ke loket bank BRI untuk melakukan proses pembayaran penerbitan BPKB sebesar Rp 350.000.
  9. Setelah selesai melakukan pembayaran Anda akan diarahkan kebagian BPKB satlantas polres untuk melakukan pendaftaran BPKB baru dan plat nomor baru.
  10. Setelah selesai dari bagian BPKB satlantas, Anda akan mendapatkan nomor antrian pengambilan BPKB baru biasanya 2 bulan setelah melakukan pendaftaran mutasi masuk. Setelah itu Anda akan diarahkan kembali ke loket pendaftaran mutasi masuk.
  11. Setelah proses verifikasi mutasi masuk dibagian loket selesai selanjutnya akan diarahkan ke loket pembayaran biaya balik nama mobil sesuai dengan yang tertera di STNK Baru atas nama Anda.
  12. Selanjutnya adalah Anda tinggal menunggu loket bagian pembagian STNK baru atas nama Anda. Nama Anda akan dipanggil jika STNK baru sudah jadi.
  13. Setelah STNK jadi selanjutnyaAnda pergi kebagian pengambilan plat nomor di samsat.
  14. Proses balik nama selesai.

Baca juga Cara Mendapatkan Uang Dari YouTube Bagi Pemula

 

Memang terlihat rumit alurnya tetapi jika Anda praktek secara langsung kelokasi samsat sangat mudah untuk dilakukan. Sebagai informasi tambahan buat Anda. Jika Anda pergi kesamsat ada baiknya Anda melakukan fotokopi berkas dibagian fotokopi yang disediakan oleh samsat.

Hal ini akan mempermudah Anda untuk melakukan kepengurusan berkas karena bagian foto kopi sudah tahu alurnya nantinya Anda akan diarahkan harus kemana saja ketika mengurus berkas balik nama kendaraan.

 

Penutup

Sekarang Anda sudah tahu berpa biaya balik nama mobil berserta proses melakukan balik nama mobil. Selanjutnya Anda tinggal praktek sendiri kesamsat untuk prose keengurusan balik nama mobil. Demikian artikel kami mengenai biaya balik nama mobil beserta cara melakukan balik nama mobil ini semoga bermanfaat buat Anda.

 

Posting Komentar untuk "Biaya Balik Nama Mobil dan Cara Balik Nama Mobil"