Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Emiten Adalah ? Berikut Pengertian dan Contohnya

Emiten adalah bahasa yang sering kita dengar dari dunia investasi terutama investasi saham. Istilah ini sering digunakan untuk menyebut individu atau perusahaan yang melakukan penjualan efek di pasar modal. Emiten juga dapat melakukan penawaran efek seperti surat berharga, obligasi, pengakuan utang dan setiap derivatif dari efek.

Emiten Adalah

Dalam kamus besar Bahasa Indonesia (KBBI) sendiri emiten adalah badan usaha dalam hal ini pemerintah yang mengeluarkan kertas berharga untuk di jual belikan. Selain itu didalam keterangan resmi Otoritas Jasa Keuangan atau OJK  menjeaskan bahwa emiten adalah  pihak yang melakukan penawaran umum untuk menjual efek kepada masyarakat sesuai dengan peraturan perundangan.

Lalu sebenarnya aapa itu emiten ? Berikut kami akan mencoba mengulasnya mengenai apa itu emiten beserta contohnya agar anda lebih memahaminya.

Baca juga Cara Bermain Saham dengan Modal 100 Ribu

 

Pengertian Emiten Adalah

Emiten adalah pihak yang melakukan penawaran umum berupa penjualan efek kepada masyarakat baik berupa perseorangan maupun perusahaan. Dalam setiap proses jual beli dilakukan sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku.

Selain digunakan dalam investasi saham emiten juga dapat menawarkan efek seperti obligasi, surat berharga komersial,kontrak berjangka dan efek lainnya. Emiten melakukan kinerjanya dengan menawarkan efek di pasar modal melalui saham, sukuk dan obligasi.

Baca juga Perusahaan Sekuritas Terbaik OJK

 

Contoh Emiten

Contoh emiten yang sering dikenal masyarakat adalah seperti PT. Bank Rakyat Indonesia atau BRI dengan kode emiten BBRI di bursa saham. Selain itu terdapat juga emiten lainnya yang banyak dikenal masyarakat seperti PT. Unilever dengan kode emiten saham UNVR.

Selain kedua contoh emiten diatas terdapat juga emiten lainnya yang melantai di bursa efek yang dapat di beli secara umum oleh masyarakat Berikut adalah contoh emiten yang populer dikenal oleh masyarakat.

  • Bank Cetral Asia (Bank BCA) dengan kode saham BBCA.
  • Bank Negara Indonesia (Bank BNI) dengan kode saham BBNI.
  • Bukalapak.com dengan kode saham BUKA.
  • PT. Gudang Garam dengan kode saham GGRM.
  • PT. Sido Muncul dengan kode saham SIDO.
  • PT. Telkom Indonesia dengan kode saham TLKM.
  • Ace Hardware Indonesia dengan kode saham ACES.
  • PT. Garuda Food dengan kode saham GOOD.
  • PT. Indofood dengan kode saham INDF.
  • PT. Mayora dengan kode saham MYOR.
  • dan lainnya.

Dengan mengenal berbagai macam emiten diatas tentu anda akan mendapatkan gambaran bagaimana emiten bekerja di bursa pasar modal atau saham. Dari beberapa emiten diatas anda bisa ikut berpartisipasi untuk melantai di pasar modal dengan membeli dan memiliki saham sesuai dengan target saham yang ingin anda beli.

Untuk mempelajari dan ikut masuk di bursa saham banyak cara yang bisa anda pelajari terutama dalam melakukan analisa saham melalui target emiten yang ingin anda beli nantinya. Semakin ahli dalam menganalisa saham baik secara fundamental maupun teknikal, semakin besar pula anda mendapat kuntungan di pasar saham.

Baca juga Cara Membeli Saham BCA Bagi Pemula

Penutup

Demikian adalah penjelasan mengenai apa itu emiten yang bisa kampustekno sampaikan. Dengan memahami pondasi dasar mengenai dunia investasi saham terutama mengenai arti dari emiten akan membuat anda semakin yakin dan memahami tentang seluk beluk dunia investasi yang ingin anda pelajari.

Sekian artikel kampustekno yang berjudul Emiten Adalah ? Berikut Pengertian dan Contohnya ini semoga artikel yang kami ulas ini bermanfaat buat anda yang sedang mempelajari tentang dunia investasi. 

 

Posting Komentar untuk "Emiten Adalah ? Berikut Pengertian dan Contohnya"