Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mendapatkan Uang Dari YouTube Bagi Pemula

 

Cara mendapatkan uang dari Youtube - Youtube merupakan platform berbagi video yang paling populer di dunia. Banyak jenis video tersedia dalam Youtube yang dibuat oleh para konten creator. Dengan aplikasi tersebut kreatifitas diberbagai bidang dikemas dalam bentuk video yang bisa memberikan informasi dan hiburan bagi para penonton.

Selain itu dari Youtube juga bisa mendapatkan penghasilan yang sangat menjanjikan jika ditekuni. Banyak orang yang sukses mengembangkan karir di Youtube atau bisa disebut sebagai Youtuber. Dengan kinerja yang konsisten dan kreatifitas bukan tak mungkin Anda menjadi kaya hanya dengan menjadi seorang konten kreator Youtube. Banyak sekali yang ingin belajar cara mendapatkan uang dari Youtube ini.

Pada kesempatan kali ini kami akan mengulas tentang cara mendapatkan uang dari Youtube bagi pemula, anggap saja sebelum Anda terjun kedunia Youtuber ada banyak hal yang harus Anda ketahui sebelum melangkah lebih jauh.

 

Cara Mendapatkan Uang dari Youtube -  Membuat Akun

Langkah pertama cara mendapatkan uang dari Youtube sebelum Anda terjun di dunia peryoutuban tentu Anda harus memiliki sebuah akun channel untuk berbagi video. Caranya cukup mudah, Anda tinggal membuat email gmail yang disediakan oleh Google. Setelah Anda membuat email langsung saja login ke email tersebut lalu masuk ke situs studio.youtube.com untuk membuat channel Youtube.

 

Cara Mendapatkan Uang Dari YouTube Bagi Pemula

 

Halaman diatas adalah halaman youtube studio yang nantinya berfungsi untuk mengupload hasil video Anda di Youtube, memonetisasi, melihat subsriber, analytic channel dan lainnya. Untuk hal teknis mengenai fitur dan fungsi halaman studio youtube Anda bisa membelajari lebih lanjut dengan mencari informasi lebih dalam di Google.

 

Tentukan Topik Pembahasan Video

Setelah Anda memiliki channel di Youtube langkah selanjutnya cara mendapatkan uang dari Youtube yang paling penting adalah Anda harus menentukan tentang video Anda ingin membahas tentang apa. Kami sarankan untuk hal ini jangan asal-asalan untuk memilik topik video atau diisi dengan konten secara acak.

Langkah awal ini akan berpengaruh pada kenaikan subcriber dan jumlah jam tayang yang ditonton oleh audien Anda. Carilah topik video yang banyak di minati masyarakat, biasanya penonton video banyak meminati hal seperti konten edukasi dalam bidang pertanian, peternakan, teknik mesin, las, outomotif, budidaya, hiburan, hobi, inspirasi wirausaha dan lainnya.

Jika Anda masih bingung carilah topik yang berhubungan dengan hobi Anda karena hal tersebut akan mendorong kreatifitas Anda untuk membuat video. Sebelum membuat video tentu harus memiliki ilmu untuk Anda bagikan kepada para penonton, contohnya jika Anda hobi memlihara burung kicau, buatlah video tentang hobi Anda tersebut mulai dari, cara merawat burung, video kicau burung dan lainnya.

 

Cara Mendapatkan Uang di Youtube - Buat video rutin

Langkah terberat menjadi youtuber adalah konsisten dan harus meluangkan waktu, cara mendapatkan uang dari Youtube tidak bisa instan, selain membuat video Anda harus belajar editing video. Untuk melakukan pengeditan video Anda bisa melakukan edit video melalui ponsel menggunakan aplikasi seperti Kinemaster atau Capcut.

Anda harus rutin menghasilkan video baik itu satu minggu sekali atau perdua minggu sekali. Semakin sering Anda membuat video semakin cepat pula langkah untuk memonetisasi video Anda. Gunakan judul video yang sering dicari banyak orang, jangan menggunakan judul video dengan spesifikasi khusus kecuali Anda sudah memiliki subsriber yang rutin menonton video Anda.

Sebagai contoh jika Anda memiliki channel tentang ternak burung murai lalu membuat video tentang perawatan burung maka buatlah video dengan judul "cara memberi pakan murai batu" jangan memberi judul "Cara saya memberi pakan murai batu" atau "Cara pak joko memberi pakan murai batu" .

Ini harus dihindari jika Anda belum memiliki jumlah subscriber yang banyak. Karena orang yang cari dipencarian Youtube pasti lebih memilih kata kunci secara umum. Dan mereka belum kenal dengan Anda/Pak joko, jadi tujuannya agar video Anda muncul di pencarian Youtube dan video Anda ditonton oleh banyak orang.

 

Konsisten Membuat 30 Video Diawal

Jika channel youtube Anda masih baru fokuslah pada kualitas konten Anda, cara mendapatkan uang dari Youtube tidak bisa instan dan jangan terburu-buru untuk langsung monetisasi video dengan mengesampingkan kualitas video. Buatlah video dengan jumlah sampai 30 video untuk menganalisa channel Anda. Tujuannya adalah dari ke 30 video tersebut paling banyak viewernya secara alami berada dalam video yang berjudul apa harus Anda perhatikan.

Dari video yang paling banyak ditonton audien dengan searching kata kunci pencarian di Youtube secara alami tersebut bisa dilakukan langkah analisa untuk membuat video yang mirip dengan video tersebut. Tujuannya adalah untuk memenuhi kebutuhan penonton, semakin banyak Anda membuat video yang serupa semakin banyak pula potensi ditonton oleh banyak orang dan secara otomatis mereka berpotensi untuk subscribe channel Anda.

Saya sarankan Anda untuk meminimalisir share video atau minta subscribe teman atau saudara Anda karne hal ini akan sia-sia. Lebih baik mencari audien yang memang membutuhkan informasi dari video Anda dari pada share video yang kepada mereka hanya menonton sesekali tanpa loyalitas yang rutin jika Anda mengupload video baru.

 

Membuat video lebih dari 10 menit

Cara mendapatkan uang dari Youtube tidak ada yang mustahil bagi mereka yang mau bekerja keras dan kreatif membuat ide-ide untuk di sajikan kepada para penonton. Selain kualitas video, durasi panjang video adalah satu hal yang perlu Anda pertimbangkan.

Saya menyarankan pada setiap video yang Anda buat usahakan minimal 10 menit, hal ini bertujuan untuk menambah durasi tayang Anda. Untuk informasi tambahan bagi Anda, Youtube membuat aturan untuk channel yang bisa dimonetiasasi / pasang iklan adalah yang memiliki minimal 1000 subsriber dan jam tanyang / video yang sudah ditonton minimal 4000 jam dari total video yang Anda miliki.

Semakin banyak dan panjang video yang Anda bikin, semakin cepat pula Anda mencapai 4000 jam penanyangan sebagai syarat mendaftar Google Adsense (platform dari google untuk memasang iklan), cara mendapatkan uang dari Youtube yang satu ini adalah dengan menayangkan iklan dalam video Anda.

 

Cara Mendapatkan Uang Dari Youtube - Daftar Google Adsense Youtube

Setelah channel Anda memiliki minimal 1000 subsrciber dan 4000 jam tayang dalam setahun terakhir, baru channel Anda bisa didaftarkan untuk dipasang iklan. Kembali lagi dalam dasboard studio.youtube.com akan terdapat menu monetiasasi video. Di halamann tersebut nantinya Anda akan mendaftarkan channel Anda untuk dipasang iklan oleh Google.

 

Cara Mendapatkan Uang Dari YouTube Bagi Pemula

 

Adsense adalah salah satu cara mendapatkan uang dari Youtube bagi pemula yang bisa memberikan pembayaran rutin setiap bulan jika iklan yang tayang pada video Anda sudah mencapai saldo minimum pengambilan uang. Saldo minimum Adsense sendiri adalah jika channel Anda sudah mendapatkan sekitar Rp. 1.300.000 perbulan.

Yang perlu digaris bawahi adalah Anda harus menghindari pembuatan video plagiat atau menjiplak atau mencuri video orang lain, memberikan backsound/musik video yang illegal dan konten yang dilarang oleh Youtube lainnya. Hal ini akan percuma karena channel Anda tidak akan bisa didaftarkan di Goole Andsense Youtube atau dengan kata lain channel akan di tolak oleh pihak google untuk menanyangkan iklan.

Pembahasan diatas adalah tips pemula bagi Anda yang ingin belajar bagaimana cara mendapatkan uang dari Youtube bagi pemula. Selain cara diatas tentu banyak cara mendapatkan uang dari Youtube salah satunya adalah dengan bekerja kerjasama untuk mereview produk atau yang lainnya namun cara tersebut tentu harus memiliki subsribe yang banyak. Semoga tips ini bermanfaat bagi Anda.

 

Posting Komentar untuk "Cara Mendapatkan Uang Dari YouTube Bagi Pemula"