Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengecek Nomor BPJS Kesehatan dengan NIK KTP

Cara mengecek nomor BPJS Kesehatan dapat dilakukan dengan berbagai cara dengan mudah. Bagi Anda yang baru memiliki kartu BPJS Kesehatan pasti ingin mengetahui bagaimana cara mengecek nomor BPJS kesehatan untuk berbagai kebutuhan.

Cara untuk melakukan pengecekan nomor BPJS Kesehatan adalah menggunakan NIK KTP yang Anda miliki yang bisa dilakukan secara online maupun offline. Bagi masyarakat Indonesia memiliki jaminan BPJS Kesehatan merupakan kewajiban yang harus dimiliki sesuai dengan aturan pemerintah.

Cara Mengecek Nomor BPJS Kesehatan

Dengan memiliki jaminan BPJS Kesehatan akan meringankan biaya pengobatan bagi seseorang yang dirawat dirumah sakit ata klinik sehingga tanpa pusing memikirkan biaya pengobatan yang besar. Tentu hal ini merupakan salah satu usaha dari pemerintah dalam menjamin kesehatan bagi masyarakat Indonesia.

Bagi Anda yang sering melupakan nomor BPJS Kesehatan jangan khawatir, kami akan memberikan tips dan cara bagaimana cara mengecek no BPJS Kesehatan dengan mudah melalui berbagai cara. Simak ulasan kami dibawah ini.

Baca juga AXA Mandiri Asuransi Jiwa dengan Beragram Solusi

 

Cara Mengecek Nomor BPJS Kesehatan

1# Melalui Aplikasi

Cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk mengecek nomor BPJS Kesehatan adalah melalui aplikasi mobile JKN. Dengan aplikasi ini Anda bisa melakukan pengecekan nomor BPJS setiap saat. Tidak hanya itu Anda juga bisa melihat fitur lainnya dalam aplikasi ini seperti melihat biodata Anda melakukan pebayaran dan lain sebagainya.

Caranya sangat mudah pertama-tama Anda harus mengunduh aplikasi mobile JKN di playstore kemudian instal aplikasi tersebut. Selanjutnya lakukan pendaftaran sesuai dengan petunjuk aplikasi yang diberikan kemudian login ke aplikasi tersebut.

Baca juga Asuransi Pendidikan Anak Terbaik dan Manfaatnya

Untuk melakukan pengecekan nomor BPJS Kesehatan masuk ke menu Peserta. Anda akan melihat nomor BPJS Kesehatan yang tertera pada kartu digital dalam halaman tersebut.

Cara ini sangat mudah untuk dilakukan dan kelebihan melakukan dengan cara ini adalah Anda dapat menikmati berbagai fitur layanan dari BPJS Kesehatan melalui aplikasi mobile JKN ini.

 

2# Melalui SMS

Cara lainnya untuk mengecek nomor BPJS Kesehatan adalah melalui layanan SMS. Cara ini juga mudah untuk dilakukan yang Anda perlukan hanya pulsa SMS untuk mengirim permintaan SMS nomor BPJS Kesehatan. Layanan SMS ini akan secara otomatis dibalas oleh sistem BPJS Kesehatan dengan layanan SMS gatway-nya.

Langkah untuk melakukannya adalah buka layanan aplikasi SMS pada ponsel Anda kemudian ketik SMS dengan format : NIK[spasi]Nomor NIK . Kirimkan SMS tersebut ke nomor 08777-5500-400.

Jika sinyal dan pulsa mencukupi maka sistem akan merespon balasan SMS dari Anda dengan menginformasikan nomor BPJS Kesehatan yang Anda miliki.

Baca juga Asuransi Kesehatan Allianz Kelebihan dan Manfaatnya

 

3# Melalui Whatsapp

Cara ketiga yang bisa Anda lakukan untuk mengecek nomor BPJS Kesehatan adalah melalui pesan wahtsap. Cara ini hampir mirip dengan menggunakan SMS diatas yang berbeda adalah teknis penggunaan aplikasinya saja.

Pelayanan Administrasi Melalui WhatsAp atau disingkat PANDAWA ini merupakan program dari BPJS Kesehatan untuk memberikan pelayanan untuk setiap cabang BPJS Kesehatan. Jadi jika Anda ingin menggunakan layanan ini Anda harus mengetahui nomor layanan PANDAWA untuk setiap cabang BPJS Kesehatan yang Anda daftarkan.

Selain melakukan cek nomor BPJS Kesehatan melalui layanan ini Anda juga bisa melakukan perubahan biodata dan melakukan perubahan data lainnya dalam layanan ini. Sayangnya layanan ini hanya buka saat jam kerja saja senin-jumat dengan waktu jam 08.00 - 15.00 WIB.

 

4# Cara Mengecek No BPJS Kesehatan melalui Kantor Cabang

Cara terakhir yang bisa Anda lakukan adalah dengan datang langsung kekantor cabang. Cara ini biasanya dilakukan bagi orang yang belum mengetahui cara mengecek nomor BPJS menggunakan NIK.

Anda bisa datang langsung kekantor BPJS Kesehatan terdekat dengan menggunakan KTP yang Anda miliki untuk menanyakan langsung mengenai informasi BPJS Kesehatan yang Anda miliki.

Untuk menggunakan cara ini tentu Anda harus meluangkan waktu untuk datang secara langsung ke kantor cabang BPJS Kesehatan dengan menanyakannya secara langsung kepada petugas BPJS Kesehatan.

Demikian ulasan kampustekno mengenai langkah melakukan pengecekan nomor BPJS Kesehatan yang Anda perlukan. Anda bisa mencoba tips kami diatas untuk mengetahui nomor BPJS Kesehatan yang Anda butuhkan untuk berbagai keperluan.

Posting Komentar untuk "Cara Mengecek Nomor BPJS Kesehatan dengan NIK KTP"