Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Akun Google Play Console Terbaru

 

Google Play Console merupakan platform bagi para developer atau programmer Android untuk melakukan publikasi aplikasi mobile yang mereka buat. Melalui halaman dasboard Google Play Console, developer dapat melakukan publikasi berbagai macam jenis aplikasi mobile dengan syarat tidak melanggar aturan yang diberikan oleh pihak Google.

Bagi Anda seorang programmer Android tentu harus mempelajari cara melakukan publikasi aplikasi Android melalui platform Google Play Console ini karena fungsinya sangat dibutuhkan agar aplikasi mobile yang Anda buat bisa dilihat banyak orang dan dapat di unduh melalui Play Store. Dengan demikian aplikasi yang Anda buat dapat dinikmati oleh masyarakat dan dapat dikembangkan sesuai dengan kebutuhan user setelah dilakukan uji coba ke publik.

 

Google Play Console

Cara Membuat Akun Google Play Console

Bagi Anda yang belum pernah sama sekali melakukan publikasi aplikasi Android atau baru mau melakukan percobaan. Langkah yang akan kami ulas ini nanti bisa Anda praktekan untuk membuat akun Google Play Console.

Untuk membuat akun developer play console Anda harus menyiapkan kartu kredit karena pembayaran akun selain menggunakan visa bisa melalui kartu kredit. Pembayaran akun hanya dilakukan sekali pembayaran dan akun bisa Anda gunakan untuk selamanya.

 

1# Login Akun Gmail

Sebelum melakukan registrasi ada baiknya Anda melakukan login akungmail yang Anda miliki, saya asumsikan Anda sudah memiliki akun gmail untuk dijadikan alamat registrasi pada play console. Dengan email ini nantinya semua informasi tentang akun play console dan pengembangan developer aplikasi yang Anda buat akan terkirim pada email ini.

Setelah Anda login akun gmail langkah selanjutnya adalah masuk ke halaman platform play console dengan membuka alamat https://play.google.com/apps/publish . Setelah masuk ke halaman play console langkah selanjutnya adalah Anda harus memilih akun sebagai akun bisnis atau pribadi. Setelah itu Anda harus mengisi formulir dan penyetujui persyaratan seperti gambar dibawah ini.

Google Play Console

 

Isikan semua data sesuai dengan informasi perusahaan yang Anda miliki mulai dari nama perusahan, lokasi kota nomor kontak dan lainnya. Selain itu juga Anda juga harus mengisikan informasi pribadi Anda sebagai pemegang akun developer Google Play Console.

 

2# Pembayaran Akun

Setelah Anda melakukan registrasi formulir langkah selanjutnya adalah ceklist persetujuan dari Google Play dan melakukan pembayaran dengan menekan tombol buat akun dan bayar atau Create akun and pay .

Google Play Console

 

Untuk melakukan pembayaran Anda bisa melalui kartu kredit atau visa. Jumlah pembayaran untuk akun Google Play Console sebesar 25 dollar atau jika dirupiahkan jika 1 dollar sekarang sama dengan 14.800, maka 14.800 x 25 sama dengan 370.000 rupiah. Untuk melakukan pembayaran melalui kartu kredit pilih metode pembayaran melalui kartu kredit dan berikut adalah halaman pembayaran melalui kartu kredit.

 

Google Play Console

Isikan data nomor dan nama kartu kredit yang Anda miliki, setelah semua terisi klik tombol buy untuk melakukan pembelian akun.

Google Play Console


Setelah Anda melakukan pembayaran melalui kartu kredit maka terdapat notifikasi sukses pembayaran kemudian cek email Anda akan terdapat informasi tentang pembayaran yang Anda lakukan.

 

Google Play Console
Berikut adalah notifikasi invoice pembayaran melalui email yang didaftarkan. Sesui dengan jumlah pembayaran dan metode pembayaran yang digunakan.

Google Play Console



3# Verifikasi Identitas Akun Google Play Console

Langkah selanjutnya setelah akun Play Console Anda jadi adalah Anda harus melakukan langkah verfikasi edentitas pemegang akun. Verifikasi identitas bisa Anda lakukan dengan menggunakan E-KTP yang Anda miliki. Setelah Anda melakukan pembayaran tadi langsung saja masuk ke halaman play console dengan menekan tombol Go to Play Console atau melalui url https://play.google.com/console.

Google Play Console

 

Pada halaman dasboard terdapat tampilan halaman perintah untuk melakukan verifikasi id, klik tombol Verify ID untuk melakukan verifikasi.

 

Google Play Console

Kemudian klik begin verification untuk memulai verifikasi ID.

 

Google Play Console

Selain menggunakan E-KTP Anda bisa melakukan verifikasi menggunakan SIM atau paspor. Masukan nama Anda sesuai identitas yang Anda gunakan dan kemudian upload foto identitas Anda. Setelah selesai melakukan upload langkah selanjutnya klik tombol next untuk melanjutkan.

 

Google Play Console

 

Setelah itu Anda harus mengisi alamat lokasi Anda sesuai dengan identitas yang Anda miliki, isikan data alamat, kota kode pos dan lainnya. Kemudian setelah selesai klik tombol Submit.

 

Google Play Console

Setelah Anda melakukan submit identitas pribadi, maka sistem Google akan melakukan proses verifikasi. Proses verifikasi identitas memerlukan waktu paling lama hingga 2 hari.

Jika proses verifikasi idenitas Anda sudah selesai maka Anda akan mendapatkan email notifikasi verifikasi identitas bahwa identitas Anda disetujui. Berikut adalah hasil verifikasi identitas yang sudah disetujui.

 

Google Play Console


Demikian cara membuat akun Google Play Console terbaru langkah selanjutnya adalah Anda tinggal mempelajari cara melakukan upload aplikasi mobile yang siap untuk rilis dan dilakukan publikasi agar bisa di download di aplikasi Play Store.

 

 

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Akun Google Play Console Terbaru"