Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kredit Tanpa Agunan dan Manfaatnya

 

Kredit tanpa agunan adalah pinjaman berupa uang yang diberikan kepada nasabah oleh pemberi pinjaman atau perbankan tanpa harus memerlukan sebuat aset sebagai jaminan dari peminjam sebagai jaminan pinjaman yang diberikan.

Kredit tanpa agunan ini biasajuga disebuat dengan istilah KTA. Manfaat dan keunggulannya tentu sangat banyak dirasakan oleh calon nasabah. Namun untuk mendapatkannya harus melalui syarat dan ketentuan yang berlaku sesuai dengan peraturan masing-masing bank yang mengeluarkan pinjaman.

Secara umum kredit tanpa agunan diberikan dengan melihat riwayat calon nasabah apakah memiliki track record yang buruk atu tidak dari segi finansial, sebagai contoh riwayat yang dilihat yaitu  seperti riwayat kredit mobil, kredit motor, pengambilan KPR penggunaan kartu kredit dan pinjaman atau pembelian dengan sistem kreditlainnya.

 

kredit tanpa agunan adalah

Manfaat Kredit Tanpa Agunan

Lalu apa manfaat jika Anda mengajukan kredit tanpa agunan tersebut ? tentu seperti yang kita ketahui manfaat utama dari program KTA ini adalah Anda tidak perlu perlu repot mempersiapkan aset yang harus dijadikan jaminan yang akan diberikan ke bank nantinya.

Selain itu jika Anda mengajukan pinjaman KTA ini dana yang Anda gunakan juga bebas fleksibel digunakan dalam hal apapun, segingga tidak ditentukan oleh pihak bank dalam penggunaannya. Tenor yang diberikan dalam kredit tanpa agunan ini juga bervariatif mulai dari jangka 1 hingga lima tahun, serta bunga yang ditawarkan juga sangat kompetitif dibawah 1 % untuk tenor tertentu.

Jika Anda melakukan pengajuan pinjaman KTA, proses pengajuannya juga relatif cepat dalam rentang waktu 2-3 hari dana bisa cair kereking Anda, dengan catatan semua syarat dan ketentuan dari pihak debitur terpenuhi. Limit yang diberikan pun bervariasi dan tentunya limit pemberian pinjaman hingga ratusan juta rupiah.

 

Jenis Suku Bunga Program KTA

Program pinjaman KTA sendiri terdapat dua jenis suku bunga yaitu suku bunga flat dan suku bunga efektif. suku bunga flat adalah suku bunga yang ditetapkan dan nilainya tetap setiap bulannya dihitung sesuai dengan jangka waktu kredit.

Sedangkan suku bunga efektif adalah suku bunga yang proses perhitungannya disesuaikan dengan saldo akhir pinjaman setiap bulannya sehingga bunga dihitung sesuai dengan saldo pokok pinjaman yang belum dibayar.

 

Syarat Mengajukan Kredit Tanpa Agunan

Program KTA ini mengajukan syarat yang tiak terlalu rumit untuk dipenuhi, semua tergantung dari masing-masing calon kreditur apakah memiliki catatan merah sebelumnya selama melakukan kredit pinjaman atau barang.

Kredit tanpa agunan sendiri bisa diajukan oleh karyawan swasta, wirausaha hingga profesional sekalipun dengan syarat ketentuan sesuai dengan bidang masing-masing. Berikut adalah syarat dan ketentuan jika Anda mengajukan pinjaman KTA.

Syarat KTA bagi karyawan

  1. Fotokopi KTP
  2. Tanpa bukti penghasilan slip gaji
  3. Foto kopi kartu kredit
  4. NPWP
  5. Usia Minimum 21 - 55 tahun

Syarat KTA bagi wirausaha

  1. Fotokopi KTP
  2. Fotokopi kartu kredit
  3. Fotokopi buku tabungan 3 bulan terakhir
  4. NPWP
  5. Fotokopi pendirian usaha / TDP / SIUP
  6. Usia minimum 21 - 55 tahun

Syarat KTA bagi profesional

  1. Fotokopi KTP
  2. Bukti penghasilan / SKP / SPT
  3. Fotokopi kartu kredit
  4. Fotokopi surat izin profesi
  5. NPWP

Syarat diatas adalah syarat secara umum jika Anda melakukan pengajuan kredit tanpa agunan, syarat khusus bisa ditambahkan sesuai dengan dimana tempat pengajuan kredit Anda.

 

Dimana bisa mendapatkan pinjaman KTA ?

Untuk melakukan pengajuan pinjaman KTA Anda bisa melakukan riset informasi dimana saja bank yang bisa mengajukan program pinjaman tanpa agunan ini. Banyak bank yang menawarkan program pinjaman kredit tanpa agunan ini, contohnya adalah seperti Bank BCA, Bank BRI, Bank BNI, Bank Mandiri, Permata Bank dan lainnya.

Baca juga : Cara Pengajuan Pinjaman Tanpa Agunan BCA

Persyaratan, bunga dan tabel cicilan untuk program kredit tanpa agunan ini tentu juga bervariasi untuk setiap masing-masing bank. Jadi Anda harus aktif mencari informasi dan bank mana saja yang menguntungkan bagi Anda untuk pengajuan program KTA.

 

Biaya-biaya dalam pengajuan KTA

Jika Anda sudah pernah mengajukan kredit di perbankan tentu terdapat biaya-biaya yang dikeluarkan yang harus Anda bayar. Atau secara umum bisa disebut dengan biaya administrasi. Sama seperti pengajuan pinjaman pada umumnya pengajuan pinjaman kredit tanpa agunan juga terdapat biaya yang harus Anda keluarkan. Berikut adalah biaya apa saja yang harus Anda bayar untuk proses pengajuan kredit tanpa agunan atau KTA ini.

Biaya materai : biaya materai ini berfungsi untuk penggantian pembelian materai yang digunakan sebagai tanda tangan berkas-berkas persyaratan yang diajukan.

Biaya asuransi : biaya asuransi biasanya dibawarkan diawal, biaya asuransi bertujuan memberikan proteksi kepada kreditur sebagai jaminan kesehatan selama rentang waktu yang telah ditentukan. Biaya asuransi biasanya dibayarkan sekali di muka saat pencairan.

Biaya provisi : biaya provisi merupakan biaya administrasi yaang dikeluarkan bank sebagai tanda balas jasa ke bank karena pinjaman yang diajukan telah disetujui. Biaya provisi bisa juga disebut dengan biaya administrasi, besaran biaya provisi tergantung dari jumlah pinjaman yang diajukan dan tergantung masing-masing bank dan biasanya biaya provisi dibayar diawal saat pencarian dengan rentang antara 1 - 3.5 % dari jumlah pinjaman.

 

Posting Komentar untuk "Kredit Tanpa Agunan dan Manfaatnya"