Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menghitung Diskon dengan Mudah

Cara menghitung diskon - Banyak usaha yang menerapkan sistem diskon untuk menarik minat beli para pelanggannya. Strategi diskon ini diterapkan karna sangat efektif untuk menarik pelanggan baru sehingga dapat meningkatkan penjualan produk dan nama usaha akan lebih dikenal oleh para pelanggan.

Strategi diskon ini banyak juga diterapkan diperusahaan perusahaan berbasis digital seperti shopee, lazada, tokopedia, perusahaan layanan transportasi berbasis aplikasi seperti gojek, grab dan lain sebagainya sebagai strategi marekting mereka. Namun tahukah Anda bagai mana cara untuk menghitung diskon tersebut?

Cara Menghitung Diskon

Pernahkah Anda berfikir apakah untung jika perusahaan menerapkan diskon pada produk yang mereka miliki. Tentu dengan adanya diskon produk tersebut ada cara menghitung diskon tersendiri yang dilakukan perusahaan agar perusahaan tetap untung meski dilakukan diskon pada produk yang mereka miliki.

 

Macam-macam Jenis Diskon

Sebelum kami membahas lebih lanjut tentang cara menghitung diskon kami akan memberikan kepada Anda pengetahuan tentang macam jenis diskon yang perlu Anda ketahui. Tujuannya tentu agar Anda lebih mengerti tentang strategi penerapan diskon yang dilakukan banyak perusahaan yang sering Anda lihat.

Baca juga Contoh Strategi Pemasaran Produk Makanan

 

1# Diskon dalam Bentuk Persen

Teknik penerapan diskon yang pertama adalah dengan menerapkan diskon harga produk dalam bentu persen. Jenis diskon ini sangat umum digunakan dan pastinya sering Anda lihat ditoko swalayan. Banyak toko swalayan yang melakukan strategi diskon dengan cara ini dan biasanya bertujuan untuk menghabiskan sebuah produk agar cepat laku.

Contoh diskons seperti ini adalah jika terdapat diskon promo hingga 50% persen untuk pembelian baju anak-anak pada akhir tahun. Contoh tersebut merupakan salah satu jenis diskon yang menggunakan teknik persen dari harga jual.

 

2# Diskon Cashbak

Jenis diskon cashback ini sebenarnya hampir sama dengan diskon persen, bedanya adalah diskon casback lebih sering diterapkan pada produk yang memiliki nilai harga yang tinggi sehingga casback akan sangat dirasakan oleh pembelinya.

Contohnya adalah membeli kulkas mendapat casback 100.000 ribu, dimata konsumen pengembalian uang 100.000 ribu tentu sangat lumayan untuk didapatkan. Maka dari itu pelanggan akan lebih tertarik untuk membelinya.

Kulkas yang dibeli nilainya lebih dari 1 juta rupiah sehingga meski diberikan cashback kepada pelanggan perusahaan akan tetap untung. Cara menghitung diskon satu ini tentu sudah dilakukan perhitungan yang matang oleh perusahaan.

Baca juga Pinjaman Online Bunga Rendah Pencairan Cepat

 

3# Diskon Potongan harga

Cara yang ketiga adalah jenis diskon potongan harga dimana teknik ini sering dilakukan untuk memberikan diskon jika terdapat pelanggan yang membeli sesuai dengan minimal pembelian yang ditentukan oleh toko. Contohnya adalah Akan mendapatkan potongan harga 25 ribu jika membeli baju dengan minimal pembelian 500 ribu.

Strategi ini cocok diterapkan agar pelanggan mau secara sukarela membeli produk sesuai batas minimal yang ditentukan toko.  Dengan sistem potongan harga ini diharapkan terjadi penjualan sesuai target yang diharapkan oleh toko atau perusahaan.

Ketiga teknik potongan diskon diatas adalah strategi diskon yang sering dilakukan oleh berbagai perusahaan dan toko swalayan. Selanjutnya kita akan membahas cara menghitung diskon agar Anda lebih memahami teknik yang harus dilakukan ketika Anda memiliki produk yang harus dijual.

 

Cara Menghitung Diskon

Ada rumus tersendiri untuk cara menghitung diskon. Rumus tersebut nantinya dapat dijadikan acuan untuk menghitung berbagai macam produk yang akan diberikan diskon untuk Anda jual. Berikut adalah rumus cara menghitung diskon secara umum.

Nilai Diskon = Harga Jual x Jumlah presentase diskon

Harga Beli = Harga Jual - Nilai Diskon

Dari rumus diatas kita akan analogikan kedalam sebuah studi kasus agar Anda lebih mudah dalam memahaminya. Jika Samsudin membeli senjata keris untuk koleksi dirumahnya dengan harga 1.000.000 lalu mendapatkan diskon sebesar 20% berapa uang yang harus dibayarkan samsudin kepada penjual dan berapa nilai diskon yang didapatkan.

Dari contoh kasus diatas kita akan menghitung dengan rumus diatas sebagai berikut.

Nilai Diskon = 1.000.000 x 20 %
Nilai Dikon = 200.000
Harga Beli = 1.000.000 - 200.000
Harga Beli = 800.000

Dari hasil diatas bisa diketahui bawa nilai diskon yang didapatkan samsudin adalah Rp 200.000 dan samsudin harus membayar keris seharga Rp 800.000 setelah mendapatkan potongan diskon sebesar 20%.

Bagaimana mudah bukan cara menghitung diskon yang kita lakukan ini ? Anda bisa mencobanya dengan melihat harga diskon yang ada disekitar Anda untuk dilakukan perhitungan diskonsesuai dengan rumus diatas.

Baca juga Cara Jualan di Shopee Tanpa Stok Barang Tips Pemula

 

Rangkuman Cara Menghitung Diskon

Dari berbagai tips yang kami berikan diatas semoga dapat bermanfaat bagi Anda dan yang perlu Anda perhatikan adalah dalam menentukan diskon Anda harus memperhatikan keuntungan yang didapatkan oleh perusahaan. Sehingga jika sewaktu-waktu Anda memiliki produk usaha yang ingin Anda berikan diskon kepada pelanggan Anda akan tetap mendapatkan keuntungannya.

Sekian ulasan kami mengenai cara menghitung diskon ini semoga ulasan kami dapat memberikan pencerahan bagi Anda yang sedang mencari informasi tentang cara melakukan perhitungan diskon.

 

Posting Komentar untuk "Cara Menghitung Diskon dengan Mudah"