Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Usaha Sampingan di Desa Menjanjikan yang Bisa Anda Coba

Usaha sampingan di Desa menjanjikan - Memiliki sebuah usaha sendiri tentu tidak mudah, banyak hal yang harus di pelajari dan di lalui sebelum kita sukses menjalankan sebuah usaha terutama bagi Anda yang tinggal di Desa.

Sebelum memiliki usaha sampingan di Desa yang akan Anda jalankan, banyak faktor yang harus diperhatikan, terutama faktor lokasi, populasi dan minat belanja masyarakat di Desa tempat Anda tinggal. Hal ini akan sangat berpengaruh nantinya jika Anda menjalankan usaha di Desa.

Faktor populasi tentu akan berpengaruh pada traffik atau kunjungan calon pembeli ke usaha Anda dimana semakin banyak penduduk di Desa tempat Anda tinggal semakin tinggi pula potensi orang yang melirik usaha yang Anda jalankan.

Faktor minat belanja masyarakat yang tinggi pula tentu juga akan berpengaruh pada daya beli pada setiap usaha yang di jalankan, dimana faktor minat beli masyarakat ini juga ditentukan dengan penghasilkan masyarakat disekitar. Jika di Desa Anda dekat dengan pabrik dan mayoritas masyarakatnya bekerja di baprik tersebut tentu biasanya daya beli msyarakat juga akan tinggi, karena mereka rata-rata memiliki penghasilan tetap perbulannya.

Berbeda jika mayoritas masyarakat di dekitar Anda bekerja sebagai seorang petani atau nelayan tentu akan berbeda pula minat daya beli masyarakatnya, dan Anda pula harus memutar otak usaha apa yang patut dijalankan ditengah-tengah masyarakat yang mayoritasnya petani atau nelayan tersebut.

Pada artikel Usaha Sampingan di Desa menjanjikan yang Bisa Anda Coba ini akan kita ulas satu-persatu usaha apa yang bisa Anda jalankan di Desa sehingga dapat menjadikan income tambahan di keluarga. Mari simak ulasan kami selanjutnya pada artikel ini.

 

Usaha Sampingan di Desa


Tentukan jenis usaha Anda

Hal pertama sebelum Anda memulai usaha sampingan di Desa adalah yang terpenting Anda harus bisa menentukan bidang usaha yang ingin Anda buka, apakah di bidang jasa atau penjualan produk. Jika Anda ingin membuka jasa maka Anda harus investasi skill atau keahlian terlebih dahulu, ini bisa Anda dapat dengan mengikuti kursus atau magang ditempat orang yang mempunyai usaha jasa tersebut yang sudah berjalan.

Banyak usaha dibidang jasa yang bisa Anda jalankan di Desa yang bisa menjadikan income tambahan bahkan jika Anda serius menekuni bisa jadi kedepannya menjadi usaha utama Anda yang bisa Anda kerjakan dirumah. Berikut akan kami berikan gambaran usaha di bidang jasa apa saja yang bisa Anda mulai dan bagai mana strategi untuk memulainya.

 

Usaha sampingan di Desa dibidang jasa

Usaha jasa potong rambut atau salon

Usaha sampingan di Desa yang satu ini pasti dibutuhkan di semua tempat dan lokasi, karena setiap orang pasti minimal setiap 2 bulan sekali memangkas rambut agar lebih rapi terutama bagi laki-laki. Hal utama yang harus di pelajari adalah Anda harus memiliki keahlian memotong terlebih dahulu, Anda bisa kursus di tempat pemotongan rambut atau salon, perlu di ingat investasi ilmu adalah investasi yang bisa Anda gunakan seumur hidup.

Setelah Anda memiliki keahlihan potong rambut ini Anda tinggal kembangkan dengan memulai membuka jasa potong rambut. Anda tidak perlu berekspektasi terlalu tinggi dengan harus menyewa tempat dengan lokasi yang strategis dan bagus dahulu. Buka saja dirumah dengan memanfaatkan lahan ukuran 2x2 meter Anda sudah bisa membuka usaha potong rambut.

Lalu bagaimana cara mendapatkan pelanggan ? Tidak perlu khawatir akan hal ini, inti dari sebuah usaha Adalah bagaimana Anda bisa menarik pelanggan dengan keadaan seminimal mungkin dengan memanfaatkan potensi sekitar. Di zaman yang serba digital ini Anda bisa memanfaatkan sosial media untuk promosi jasa potong rambut Anda, kenalkan pada sanak saudara bahwa Anda membuka jasa tersebut. Perlu di garis bawahi hal ini tidak bisa instan Anda harus membangun branding bahwa Anda di kenal sebagai orang yang ahli dalam bidang ini.

Jika Anda membaca artikel ini dalam kondisi kepepet ingin mendapatkan uang dengan cepat tentu tidak akan menemukan solusi. Segala sesutu butuh proses tentunya, dalam kurun waktu 6 bulan sampai satu tahun nama Anda akan mulai dikenal. Kuncinya adalah Anda harus ramah dan supel pada setiap pelanggan yang datang, buat mereka nyaman pada kesan pertama saat datang dan yang terutama adalah kualita satau hasil pada potong rambut.

 

Usaha jasa jahit baju

Usaha sampingan di Desa ini hampir sama seperti potong rambut di atas, setiap orang pasti butuh akan jasa jahit baju, polanya hampir sama seperti yang telah saya ulas pada usaha jasa potong rambut. Hal utama Anda harus mempunyai skill di bidang ini, nilai plus dari usaha jasa jahit ini adalah Anda bisa membuka dirumah tanpa harus sewa kios.

Anda harus memiliki passion di bidang jahit ini, karena dengan minat Anda terhadap jasa jahit ini tentu akan berpengaruh bada kualitas hasil jahitan baju Anda. Buka usaha jahit baju sebenarnya tidak berpatok pada membuat baju dari awal, tetapi Anda bisa juga menjadit baju-baju sobek atau permak baju yang hasilnya juga lumayan dengan biaya permak atau jahit baju sobek bisa mulai dari Rp. 5.000 dengan pengerjaan tidak lebih dari 15 menit jika Anda sudah Ahli.

Hal utama yang menjadi permasalahan secara umum usaha di bidang ini adalah, tidak sesuainya waktu pengerjaan ketika ada pesanan baju, Anda harus menghindari ini sebisa mungkin jika Anda sudah berjanji kepada pelanggan bisa selesai pengerjaannya dalam waktu 2 minggu, maka Anda harus menepati waktunya, jangan sampai keseringan molor waktunya karena akan berdampak pada larinya pelanggan Anda.

 

Usaha jasa tambal ban motor

Usaha sampingan di Desa satu ini bisa menjadi alternatif Anda akan tetapi butuh tenaga dan keahlian kusus jika Anda ingin memulainya, selain itu faktor utama dari usaha ini adalah Anda harus mempunyai lokasi di pinggir jalan utama biar pelanggan melihat jasa tambal ban Anda.

Jika Anda penghobi di dunia otomotif tidak ada salahnya memulai usaha ini bisa juga Anda sandingkan dengan keahlian khusus lainnya seperti servis kendaraan bermotor, tetapi tentu membutuhkan keahlian tambahan juga. Jika Anda termasuk orang yang memiliki banyak teman tongkrongan di Desa usaha ini sangat cocok untuk Anda mulai, dan tentu modalnya juga tidak sedikit karena harus membeli peralatan bengkel terutama kompresor untuk mengisi Angin dan perlengkapan kunci-kunci bengkel lainnya.

 

Usaha sampingan di Desa pengisian ulang air galon

Semakin majunya pola pikir masyarakat akan kebutuhan air minum yang bersih dengan membuka jasa pengisian air ulang galon ini bisa menjadi alternatif usaha sampingan di Desa yang bisa Anda terapkan.  Kunci dari suksesnya usaha ini adalah Anda mencari pelanggan sebanyak-banyaknya di tempat Anda. Caranya dengan memberikan pelayanan ekstra dengan sistem pesan antar.

Tentu pelanggan akan senang jika galon air yang mereka pesan mau di antarkan kerumahnya tanpa repot ngangkat ke lokasi jualan Anda. Kualitas air juga perlu Anda perhatikan dari segi kebersihan dan kejernihan Air. Usaha pengisian air galon ini dibutuhkan kerja keras.

jika Anda tipikal orang yang pemalas keluar rumah tentu usaha ini tidak cocok Anda lakukan. Banyak pelaku usaha sampingan di Desa yang menjalankan usaha ini maju dan berkembang dengan menerapkan konsep pesan antar ini karena kebanyakan pola dari usaha ini adalah repeat order atau order berulang minimal dalam waktu satu minggu sekali.

 

Usaha sampingan di Desa membuka jasa les private

Bagi Anda seorang perempuan dan pandai dalam hal pendidikan usaha sampingan di Desa satu ini bisa menjadi alternatif bagi Anda. Anda bisa mengajari anak-anak belajar di rumah atau les private dengan mata pelajaran tingkat sekolah dasar karena mapel tingkat SD masih mudah untuk di pahami. Biaya les per jam bisa Anda pasang tarif dari harga Rp, 20.000 - 35.000 .

Usaha sampingan di rumah satu ini memang tergolong sangat minim modal karena modal utama sesungguhnya terletak di otak Anda, jika Anda tipikal orang yang sabar pintar dan pendidik. Sampingan ini sangat cocok untuk Anda kerjakan dirumah untuk dijadikan alternatif tambahan penghasilan. Semakin banyak Anda promosi semakin banyak pula potensi murid yang bisa Anda dapatkan.

Promosinya cukup mudah, bisa Anda promosi melalui grup komunitas facebook di sekitar Anda, atau jika mental Anda sudah terbentuk Anda bisa promosi langsung di depan sekolah-sekolah SD pada saat jam pulang sekolah dengan cara menyebar brosur. Brosurnya pun dibuat simpel saja buat di microsoft word tulis jasa les private, biaya dan nomor whatsapp dengan jelas, lalu di fotokopi menjadi banyak dan tinggal Anda bagikan ke sekolah-sekolah di sekitar Anda.

 

Jasa perbaikan kompor gas dan alat elektronik

Usaha sampingan di Desa satu ini juga banyak di butuhkan baik di kota maupupun di Desa. Di zaman sekarang ini sudah jarang satu rumah tangga memasak memakai kayu, Anda bisa manfaatkannya dengan membuka jasa perbaikan kompor gas. Jasa satu ini jika Anda tekuni juga sangat menjanjikan kedepannya.

Selain keahlian berbaikan kompor gas, Anda juga bisa mengepakan sayap di bidang elektronik seperti perbaikan magickom , blender, oven , televisi dan alat elektronik lainnya. Konsepnya juga sama seperti yang telah saya ulas di atas memulai dengan mempelajari ilmunya terlebih dahulu, baru kemudian Anda membuka jasa dengan promosi melalui sosial media, keluarga atau teman-teman Anda.

 

Jasa perbaikan lampu bekas

Usaha sampingan di Desa satu ini tergolong unik, karena memperbaiki lampu yang sudah mati/tidak menyala. Setiap rumah pasti banyak lampu yang terpasang minimal 5 buah. Jika kebanyakan orang yang lampunya sudah mati pasti dibuang begitu saja, padahal aslinya bisa diperbaiki dan bisa menyala lagi.

Dengan tarik Rp. 10.000 untuk sekali perbaikan lampu hingga menyala tentu sangat menguntungkan jika Anda sudah memiliki banyak pelanggan dan dikenal di Desa tempat Anda tinggal. Selain itu sampingan satu ini juga tidak membutuhkan lahan yang luas dan bisa Anda buka pada waktu sore hingga malam hari. Anda hanya membutuhkan keahlian elektro dasar untuk bisa menjadi seorang teknisi perbaikan lampu satu ini.

Kuncinya adalah Anda harus perbanyak pelanggan dan utamakan kualitas perbaikan dan berani menggaransi setiap ada servisan yang masuk. Dengan demikian tingkat kepercayaan pelanggan terhadap Anda juga semakin tinggi dan yakin akan menghasilkan kualitas yang bagus dengan jasa Anda tersebut.

 

jasa pembuatan plat nomor, stiker dan jog motor

Usaha sampingan di Desa satu ini cocok bagi Anda penggemar otomotif atau Anak muda yang memiliki relasi atau pertemanan yang banyak. Anda dapat memanfaatkan peluang pertemanan tersebut untuk mempromosikan keahlian usaha jasa Anda satu ini.

Hampir setiap rumah pada zaman sekarang memiliki kendaraan bermotor, dengan banyaknya pemilik kendaraan bermotor tersebut dapat menjadi peluang untuk membuka jasa pembuatan plat nomor cantik, pemasangan stiker motor dan modifikasi jog motor. Jasa ini jika Anda tekuni bisa menjadikan income tambahan yang menjanjikan bagi Anda.

Untuk langkah awal promosi memang di butuhkan lokasi yang strategis yang dapat dijangkau banyak orang, jika tidak demikian Anda bisa membuka jasa di rumah dengan memanfaatkan promosi di media sosial dan kenalan Anda mulai dari keluarga hingga teman-teman Anda.

 

Jasa rias pengantin

Usaha sampingan di Desa satu ini hampir tidak Ada matinya, karena akan selalu digunakan sampai kapanpun, mengingat semakin beraneka ragamnya kebutuhan acara pernikan kebutuan MUA pengantin juga semakin berkembang. Jasa satu ini cocok bagi Anda seorang ibu rumah tangga atau Anak perempuan muda yang hobi dengan dunia tata rias kecantikan.

Dengan mematok paket rias pengantin mulai dari Rp. 250.000 dan waktu kerja yang terbilang singkat, usaha sampingan satu ini tentu sangat menjanjikan. Anda hanya perlu mengasah skill kualitas rias Anda. Semakin banyak nama Anda dikenal semakin banyak pula pelanggan yang datang kepada Anda.

 

 

Usaha sampingan di Desa dibidang penjualan produk

Setelah saya mengulas beberapa usaha di bidang jasa yang bisa Anda praktekan di Desa sekarang tiba saatnya kita mengulas di bidang penjualan produk. Usaha di bidang penjualan produk ini tentu sangatlah luas dan di bagi menjadi beberapa kategori bidang yang ingin Anda jalani.

Usaha sampingan di Desa yang bisa Anda jalankan di bidang penjualan produk ini antara lain bidang pertanian, peternakan, kuliner, retail alat rumah tangga dll. Namun yang paling sering di jalankan bagi pemula yang memulai usaha apalagi berlokasi di Desa pada umumnya adalah di bidang kuliner.

 

Usaha Sampingan di Desa bidang Kuliner

Dunia kuliner sangatlah luas mulai dari makanan ringan seperti cemilan hingga makanan berat keseharian seperti berjualan bakso, mie ayam, penyetan dll. Hampir semua usaha kuliner membutuhkan modal yang cukup banyak terutama di peralatan masak gerobak dan sewa lahan. karena jika Anda ingin memulai usaha ini faktor utama yang perlu di perhatikan adalah Desa tempat Anda tinggal memiliki salah satu jalan yang ramai yang selalu di lintasi kendaraan.

Memulai usaha kuliner tidaklah mudah, karena berhubungan dengan produksi yang memakan waktu dan persiapan yang tidak sebentar, apalagi jika Anda memulainya dari nol. Saya menyarankan jika Anda ingin memulai usaha kuliner sebagai ide usaha sampingan di Desa, lebih baik memulai dari kuliner yang sederhana seperti berjualan gorengan, jamur crispy, sosis bakar dan dibidang minuman seperti sub buah, es boba, es rumput laut dll. Karena dengan menjual produk kuliner tersebut Anda hanya menyewa lahan bulanan yang tidak mahal dan tidak perlu tempat besar.

Selain ide kuliner diatas, Anda juga bisa membuka usaha sampingan di Desa catering, akan tetapi perlu di ingat usaha katering ini juga hanya dibutuhkan ketika ada acara-acara tertentu seperti hajatan, rapat-rapat kantor, acara sekolah dll. Jadi Anda harus pandai dalam mencari target pasar di sekitar Desa Anda tinggal.

Jika Anda ingin memulai usaha sampingan di desa bidang kuliner yang hampir tanpa modal atau dengan sistem kuliner produksi rumahan. Anda bisa membuat makanan saji dengan sistem titip barang ke warung-warung, Untuk lebih jelasnya Anda bisa baca artikel yang sudah kami ulas pada artikel yang berjudul Usaha Kuliner Rumahan Tanpa Modal  .

 

Usaha sampingan di Desa buka toko kelontong

Usaha sampingan di Desa satu ini sudah banyak yang menjalankan, akan tetapi tidak ada salahnya jika Anda mencobanya. Yang perlu diperhatikan adalah Anda harus mengamati di sekitar Anda apakah sudah ada pesaing sejenis apa belum, jika sudah ada seberapa banyak pesaing tersebut dan seberapa jauh jaraknya dari lokasi sekitar rumah Anda.

Dengan menjual berbagai kebutuhan rumah tangga seperti perlengkapan sabun mandi hingga bahan makanan kebutuhan keseharian tentu akan menjadi potensi yang menjanjikan jika Anda tekuni.

Di sisi lain warga sekitar rumah Anda juga tidak perlu repot-repot jauh untuk membeli kebutuhan keseharian. Kunci keberhasilan dari usaha sampingan di Desa ini adalah harus ramah dalam pelayanan pembelian dan harga harus berani miring meski seisih 100-200 rupiah dari toko lainnya.

 

Usaha sampingan toko pertanian / perlengkapan nelayan

Usaha sampingan di Desa satu ini bisa Anda terapkan jika lokasi disekitar Anda mayoritas adalah petani atau nelayan. Anda bisa menjual berbagai perlengkapan pertanian mulai dari jualan pupuk, berbagai macam bibit sayuran perlengkapan pertaninan seperti cangkul, polibag, alat spray dan yang lainnya yang berhubungan di dunia pertaninan.

Jika lokasi Anda dekat dengan pesisir pantai yang mayoritas masyarakatnya bermata pencarian sebagai nelayan bisa juga Anda manfaatkan untuk menyediakan kebutuhan nelayan speerti berjualan jaring, seser ikan, keramba perlengkapan pancing dan lainnya.

Semakin lengkap toko Anda maka barang yang di cari calon pelanggan bisa di dapatkan di toko Anda. Dengan demikian akan dapat mendapatkan pendapatan tambahan setiap harinya dengan mengambil margin keuntungan dari masing-masing barang yang Anda jual, usaha sampingan di Desa ini tentu harus dijalankan dengan keseriusan dan kedisiplinan yang tinggi.

 

Usaha sampingan di Desa jual beras

Beras merupakan makanan pokok masyarakat Indonesia yang di masak menjadi nasi, ide usaha sampingan di Desa ini bisa Anda coba dengan menjual berbaagai macam jenis beras. Mengingat setiap rumah tangga pasti butuh akan beras, Anda cukup menyediakan jenis beras yang seringa dikonsumsi oleh masyarakat disekitar Anda dan sediakan dari kualitas sedang hingga kualitas bagus.

Konsep jualan beras ini bisa Anda jalankan dirumah tanpa membuat toko dan sebagai alternatif usaha sampingan di Desa, yang penting ada ruangan untuk bisa menyimpan beras agar kualitasnya tetap terjaga. Untuk langkah awal Anda harus mencari pelanggan dari orang-orang disekitar Anda dari mulut-kemulut.

Dengan mengunggulkan kualitas beras yang Anda jual dengan pelayanan terbaik, lama-lama pasti Anda akan mendapatkan pelanggan yang selalu repeat order kepada Anda. Tentu proses ini membutuhkan waktu yang tidak sebentar untuk membangun usaha sampingan di Desa.

 

Usaha sampingan di Desa jual daging ayam / ikan konsumsi

Usaha sampingan di Desa satu ini bisa Anda terapkan sebagai alternatif pilihan sebagai usaha sampingan. Banyak masyarakat yang suka mengonsumsi daging ayam paupun ikan segar seperti ikan lele, nila, bawal dan lainnya sebagai lauk pauk.

Peluang ini bisa Anda manfaatkan untuk memulai berjualan dari rumah, atau Anda mencarai tempat dipinggir jalan dengan posisi yang ramai untuk Anda sewa setiap bulannya. Lokasi yang Anda butuhkan juga tidak terlalu besar, cukup dengan meja ukuran 1x2 meter Anda sudah bisa berjualan daging ayam atau ikan segar untuk konsumsi untuk menjalankan usaha sampingan di Desa.

 

Usaha sampingan di Desa jual paket data / pulsa

Ide usaha sampingan di Desa ini memang sudah tidak hal yang baru lagi, tetapi tidak ada salanya Anda coba mengingat pada teknologi sekarang banyak orang sudah memiliki ponsel untuk kebutuhan komunikasi, banyak juga anak sekolah yang sudah mulai belajar secara online untuk mengakses informasi yang mereka butuhkan.

Selain berjualan pulsa dan paket data, bisa juga Anda tambahkan produk lainnya seperti membuka jasa transer ke bank, atau menjual voucher internet dengan sistem RT/RW Net dengan catatan rumah Anda sudah dipasangi wi-fi untuk di jual kembali ke orang-orang disekitar rumah Anda.

 

Usaha sampingan di Desa budidaya jamur tiram

Ide usaha sampingan satu ini masih sedikit pesaingnya, sehingga sangat terbuka lebar dan menjadi peluang bagi Anda untuk dijalankan. Jamur tiram sudah banyak dikenal masyarakat dengan harga mulai Rp. 15.000 sampai Rp. 30.000 perkilo tergantung lokasi tempat Anda tinggal.

Olahan jamur tiram pun beragam salah satunya adalah diolah menjadi jamur crispy selain diolah menjadi sayuran dan pepes. Rasanya yang hampir mirip seperti daging dan permintaan pasar yang begitu banyak menjadikan budidaya jamur tiram ini sangat berpeluang untuk Anda kembangkan.

Selain itu resiko kegagalan juga minim, asalkan Anda serius menjalaninya. Anda hanya butuh membeli bibit jamur tiram atau baglog dari harga mulai Rp. 1.800 sampai Rp, 2.500 per baglog. Lalu tinggal Anda tunggu sampai masa panen sekitar 40 hari. Untuk masa produktifnya sendiri bibit jamur ini bisa sampai 4 bulan.

Menurut riset kami, jika Anda memiliki sekitar 1000 bibit/baglog maka setiap hari Anda bisa panen rata-rata minimal 4 sampai 7 kg. Dan setiap hari bisa Anda panen sampaimasa produktif minimal 4 bulan. Tinggal Anda kalikan hasilnya sesuai dengan harga masing-masing di daerah Anda perkilonya.

Jika Anda tertarik ingin mempelajari cara budidaya jamur tiram ini, bisa Anda baca pada artikel Budidaya Jamur Tiram dan Analisis Usahanya. Dalam artikel tersebut sudah kami ulas cara budidaya dan perawatan jamur tiram, menghitung keuntungan hingga cara pemasaran tentang jamur tiram.

 

Usaha sampingan di Desa pertaninan Hidroponik

Usaha sampingan di Desa ini sangat menarik,  jika kebanyakan para petani di Desa bertani dengan cara konvensional dan identik dengan lumpur, maka dengan sistem hidroponik ini Anda tidak perlu repot atau susah payah mencangkul tanah dan kotor terkena lumpur.

Banyak jenis tanaman yang bisa Anda tanam dengan sistem Hidroponik ini, mulai dari sayuran kangkung, sawi, selada, bayam dan lainnya. Tidak hanya itu sistem hidroponik juga bisa Anda manfaatkan untuk menanam padi dan bawang merah. Anda bisa mencari informasinya lebih dalam dan memulai mempelajarinya.

Tentu hal ini sangat menjadi peluang bagi Anda yang tinggal di pedesaan dan bisa menjadi usaha sampingan di Desa dengan sistem pertaninan terbaru tanpa repot dan capek mencangkul tanah.

 

Usaha sampingan di Desa ternak puyuh

Telur puyuh sangat banyak digemari oleh masyarakat terutama jika diolah menjadi sate telur bacem yang banyak di jumpai di warung soto atau angkringan. Anda dapat memanfaatkan peluang satu ini untuk dijadikan usaha sampingan di Desa dengan berternak telur puyuh mengingat harga jualnya yang relatif stabil.

Langkah pertama Anda harus mempelajari ilmu tentang berternak burung puyuh. Usaha sampingan di Desa ini sangat cocok buat Anda, jika Anda adalah seorang penyayang binatang. Selain itu Anda juga harus mempersiapkan kandang burung puyuh yang bisa Anda buat dari kayu.

Setelah Anda mempelajari semua ilmu tentang berternak burung puyuh dan bagaimana cara merawatnya sambil berjalan mulailah promosi ke orang sekitar atau Anda bisa olah langsung menjadi sate telur puyuh dan Anda titip jual ke warung-warung. Ini bisa menjadi alternatif bagi Anda untuk dijadikan usaha sampingan di Desa.

 

Usaha sampingan di Desa budidaya ikan lele atau nila

Usaha budidaya lele atau nila ini sudah banyak diketahui masyarakat namun tidak ada salahnya jika Anda coba untuk dijadikan usaha sampingan di Desa. Untuk memulainya Anda harus memiliki kolam baik dalam bentuk kolam tanah, terpal maupun kolam permanen dari semen.

Pasaran ikan konsumsi lele dan nila juga banyak permintaan dari masyarakat. Yang harus Anda pelajari adalah bagaimana cara membudidayakan ikan lele atau nila ini dari usia bibit sampai panen. Anda harus bisa merencanakan secara matang tingkat resiko dan hasil panen yang didapat jika Anda menjalani budidaya ikan ini.

 

Jual pakan burung dan perlengkapannya

Jika Anda menikmat atau penghobi butung kicau ide usaha sampingan di Desa satu ini cocok untuk Anda jalankan. Dengan menyediakan berbagai macam pakan burung baik pakan pabrik maupun pakan dari hewan seperti ulat, jangkrik magot dan lainnya tentu akan menjadikan usaha ini sebagai income tambahan sebagai usaha sampingan di Desa.

Selain pakan burung Anda juga bisa menjual pakan ternaik lainnya seperti pakan ikan dan pakan ayam atau unggas lainnya, peluang ini layak Anda praktekan jika Anda memang hobi di bidang pelihara burung ini. Selain itu Anda juga bisa menjalankan jual beli burung kicau serta perlengkapan burung lainnya seperti kandang, tempat makan burung dan berbagai macam perlengkapan lainnya.

 

Demikian adalah ulasan kami mengenai ide usaha sampingan di Desa yang bisa Anda terapkan, dan perlu di garis bawahi semua ide-ide diatas tidak akan berjalan tanpa di dasari niat tekat dan ketekunan.Tentu butuh proses yang panjang untuk berhasil menjalankan usaha yang ingin Anda rintis.

 

 

Posting Komentar untuk "Usaha Sampingan di Desa Menjanjikan yang Bisa Anda Coba"