Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Uninstall Aplikasi di Laptop dengan Mudah

Cara uninstall aplikasi di laptop - Melakukan pekerjaan dengan komputer atau laptop merupakan menjadi hal yang wajib di era digital sekarang. Dengan perangkat ini berbagai aktivitas pekerjaan, pembelajaran hingga hiburan dapat dilakukan oleh para pengunanya.

Hampir mirip seperti ponsel, pengguna laptop juga bisa menginstal berbagai aplikasi yang dibutuhkan melalui browser atau melalui aplikasi resmi dimana aplikasi tersebut didapatkan.Bagi Anda pengguna Windows 10 bisa mendapatkan berbagai macam aplikasi dari Microsoft Store atau penyedia lainnya.

Tentu, ada kalanya pengguna ingin menghapus aplikasi yang sudah terpasang karena alasan tertentu, contohnya untuk mengosongkan ruang penyimpanan atau karena alasan lainnya seperti sudah jarang digunakan.

Pada kesempatan artikel ini kami akan membahasan cara uninstall aplikasi di laptop untuk Anda dan tentunya caranya sangat mudah untuk di ikuti. Simak ulasan kami dibawah ini !

 

Langkah Cara Uninstall Aplikasi di Laptop

Ada beberapa cara uninstall aplikasi di laptop yang bisa Anda lakukan. Khususnya bagi Anda pengguna Windows 10. Berikut kami rangkum bagaimana 3 cara uninstal aplikasi di laptop yang bisa Anda lakukan.

1#  Uninstall aplikasi Windows melalui Control Panel

Cara uninstall aplikasi di laptop Windows 10 yang pertama bisa melalui fitur control panel pada Windows. Control Panel merupakan fitur bawaan dari Windows sebelumnya yang masih disertakan di Windows 10. Fungsi dari fitur ini secara garis besar adalah untuk memanajemen berbagai macam aplikasi yang terinstall di windows.

Pada aplikasi Kontrol Panel terdapat daftar semua aplikasi yang terinstal di komputer, beserta ukurannya, tanggal penginstalan, dan berbagai macam  informasi lainnya. Untuk lebih jelasnya berikut langkah-langkah selengkapnya yang bisa anda ikuti.

  • Klik ikon pencarian / search di taksbar menu
  • Cari fitur "Control Panel", kemudian klik.
  • Kemudian pilih "Programs" > "Programs and features" > "Uninstall a program"
  • Cari aplikasi yang ingin Anda hapus.
  • Klik dua kali pada aplikasi yang ingin Anda hapus
  • Konfirmasi dengan mengklik "ya"

2# Uninstall aplikasi di Laptop melalui fitur Setting

Cara kedua yang bisa Anda lakukan adalah melalui pegaturan setting. Berikut langkah yang bisa di ikuti. Pengguna juga bisa meng-uninstall aplikasi di laptop Windows 10 melalui menu Apps & Features di Setting. Begini caranya:

  • Klik menu Start
  • Lalu pilih Setting > Apps> Apps & features.
  • Dari daftar yang ditampilkan, pilih aplikasi yang ingin Anda hapus
  • Selanjutnya klik tombol "uninstall" di bawah nama aplikasi
  • Terakhir, konfirmasi dengan mengklik "uninstall" lagi

3# Uninstall aplikasi Windows melalui menu Start

Cara terakhir yang bisa Anda gunakan dengan mudah untuk menghapus aplikasi dari laptop adalah melalui start menu. Berikut langkah yang bisa Anda ikuti.

  • Klik menu Start
  • Scroll kursor ke bawah panel untuk mencari aplikasi yang ingin Anda uninstall.
  • Klik kanan ikon aplikasi, lalu klik "uninstall" dari menu yang muncul
  • Konfirmasikan dengan mengklik "uninstall" lagi

Dari beberapa cara diatas bisa Anda praktekan untuk melakukan uninstall aplikasi dari sistem windows Anda. Dengan melakukan penghapusan aplikasi tentu ruang penyimpanan pada laptop kita akan lebih banyak dan performa laptop juga semakin kencang karena tidak perlu memproses banyak aplikasi.

Demikian ulasan kampustekno mengenai langkah cara uninstall aplikasi di laptop windows 10 yang bisa kami berikan, semoga ulasan kami diatas bermanfaat buat Anda yang ingin melakukan penghapusan aplikasi di perangkat laptop atau komputer yang Anda miliki.

 

 

Posting Komentar untuk "Cara Uninstall Aplikasi di Laptop dengan Mudah"