Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manajemen Pemasaran Menurut Para Ahli

Manajemen pemasaran menurut para ahli - Ilmu manajemen pemasaran merupakan ilmu yang membidangi tentang berbagai macam hal yang berhubungan dengan pemasaran baik dari sisi konsumen maupun perusahaan. Dalam teori yang berkembang ilmu manajemen merupakah pilar secara akademik yang wajib dimiliki oleh sebuah perusahaan terutama melalui sumber daya manusia yang dimiliki sebuah perusahaan.

Tanpa adanya ilmu manajamen tentu perusahaan tidak akan berjalan dengan maksimal dan tidak ada perencanaan secara jelas mau dibawah kemana perusahaan itu berdiri.

Secara umum manajemen pemasasaran adalah ilmu yang membidangi tentang pemasaran dimana dalam penerapannya mencakup berbagai aspek meliputi proses analisis pemasaran, perencanaan, penerapan startegi dan pengendalaian pengawan pemasaran yang berjalan untuk mencapai sebuah tujuan pemasaran yang efektif dan efisien.

Dampak dilakukannya manajemen pemasaran tentunya adalah tujuan perusahaan mengenai penjualan produk tercapai dengan laba yang dihasilkan sesuai dengan target yang ditentukan.

 

Manajemen Pemasaran Menurut Para Ahli

Manajemen Pemasaran Menurut Para Ahli

Dalam teori yang berkembang akademik, banyak prespestif mengenai definisi manajemen pemasaran menurut para ahli, berikut ini kami rangkum berbagai pengertian manajemen pemasaran menurut para ahli.

Buchori Dan Djaslim

Berpendapat manajamen pemasaran adalah aktivitas yang meliputi proses perencanaan dan melaksanakan konsep, merancang startegi promosi, penetapan harga dan melakukan distribusi barang atau jasa serta gagasan untuk menghasilkan pertukuran yang memuaskan bagi individu untuk memenuhi tujuan orgnaisasi.

 

Dharmmesta Dan Handoko (1982)

Perbendapat bahwa manajamen pemasaran adalah hal kegiatan didalam sebuah organisasi atau perusahaan untuk mempertahankan posisi dan kelangsungan hidup perusaan agar berkembang serta memperoleh keuntungan dari kegiatan pertukaran.

 

Ben M. Eniy (2007:130)

Mengemukakan pendapat bahwa ilmu manajemen pemasaran merupakan suatu proses yang bertujuan untuk menigkatkan efisiensi serta efektivitas dari berbagai aspek kegiatan pemasaran baik diakukan oleh individu maupun organisasi atau perusahaan.

 

Boyd, Walker, Larreche, (1998)

Berpendapat bahwa manajamen pemasaran adalah suatu proses yang meliputi anlisa, implementasi, perencanaan serta melakukan koordinasi pengendalian program pemasaran. Proses analisa dilakukan meliputi penentuan kebijakan produk berupa harga, startegi promosi, distribusi produk jasa dan ide yang diterapkan dengan tujuan dapat ditawarkan untuk menciptakan serta menigkatkan manfaat pertukaran dengan pasar yang sesuai sasaran untuk pencapaian tujuan organisasi.

 

American Marketing Association (1960)

Berpendapat bahwa manajemen pemasaran adalah hasil kinerja dari buah prestasi yang dilakukan melalui kegiatan usaha yang berkaitan dengan proses distribusi barang dan jasa dari prosuden ke konsumen.

 

Philip Kotler dan Armstrong (2002:14)

Mengemukakan pendapat bawah manajemen pemasaran merupakan proses analisis yang meliputi perencanaan, pelaksanaan serta pengendalian atas program yang telah dirancang untuk menciptakan dan membangun pertukaran yang menguntungkan dengan maksud untuk mencapai sasaran sebuah organisasi atau perusahaan.

 

Buchari Alma (2004:130)

Berpendapat bahwa manajemen pemasaran adalah proses untuk melakukan perencanaan, pengawasan serta pengarahan terhadap seluruh kegiatan pemasaran dalam perusahaan maupaun bagian pemasaran.

 

Lupiyo Adi (2006:6)

Berpendapat bahwa manajemen pemasaran merupakan suatu proses analisa, perencanaan dan pelaksanaan serta melakukan kontrol dalam program perencanaan ang berhubungan dengan pertukaran terhadap keinginan konsumen yang akan dituju untuk memerpoleh keuntungan bagi individu maupun organisasi.

 

Philip Wiliam J. Shultz

Berpendapat bawah manajemen pemasaran dalah suatu proses perencanaan, pengarahan dan proses pengawasan terhadap seluruh kegiaan pemasaran dalam sebuah perusaaan.

 

Manajemen pemasaran menurut para ahli - John W. Mullins

Mengemukakan bahwa manajemen pemasaran adalah proses berjalannya penerapan, analisa dan koordinasi untuk mengendalikan program yang melibatkan konsep, penetapan harga, strategi promosi, ide serta distribusi barang dan jasa. Tujuannya adalah dirancang untuk menciptakan dan memelihara proses pertukaran yang saling menguntungkan sesuai target pasar untuk tujuan perusahaan atau organisasi.

 

William J. Stanton

Mempunyai pendapat bahwa manajemen pemasaran adalah proses menganalisa, perencanaan dan pengawasan program yang direncanakan dengan tujuan untuk mengadakan pertukaran pasar yang dituju untuk suatu tujuan organisasi maupun perusahaan.

 

Manajemen pemasaran menurut para ahli - Winardi

Mengemukakan pendapat bahwa manajemen pemasaran adalah suatu proses dalam pengambilan keputusan yang meliputi perencanaan pengawasan serta aspek pemasaran yang berhuungan dengan perusahaan didalam sebuah sistem pemasaran.

 

Sofyan Assauri (2004)

Berpendapat bahwa manajemen pemasaran adalah kegiatan yang meliputi analisa perencanaan dan koordinasi serta mengendalikan semua kegiatan yang berkaitan dengan perancangan produk, promosi, distibusi dan penetapan harga. Dengan tujuan untuk mendapatkan kepuasan konsumen sekaligus mencapai sebuah tujuan organisasi atau perusahaan dalam jangka panjang.

 

Manajemen pemasaran menurut para ahli - Peter R. Dickson

Berpendapat bahwa manajemen pemasaran adalah kegiatan organisasi atau perusahaan untuk memahami kebutuhan konsumen yang diinginkan dengan melihat perilaku konsumen.

 

Manajemen pemasaran menurut para ahli - Swastha (1995:5)

Memiliki pendapat bahwa manajemen pemasaran adalah proses analisis serta perencanaan untuk melaksanakan pengawasan program yang bertujuan untuk menimbulkan pertukaran pasar yang dituju dengan maksud tujuan organisasi atau perusahaan tercapai.

 

Demekian adalah pengertian manajemen pemasaran menurut para ahli yang kami rangkum, tentu dalam menjalankan proses pemasaran dizaman modern ini banyak fasilitas dan teknik pemasaran yang bisa dilakukan baik pemasaran secara langsung maupun melalui berbagai media internet dengan teknik digital marketing.

 

 

Posting Komentar untuk "Manajemen Pemasaran Menurut Para Ahli"