Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengecilkan Ukuran Foto dengan Mudah

Cara mengecilkan ukuran foto - Foto merupakan sarana untuk menggambarkan sesuatu objek secara visual baik berupa  momen, gambaran suatu benda atau maupun citra diri sesorang. Tujuan dari adanya foto adalah agar sesuatu objek dapat digambarkan secara jelas meskipun tidak melihat wujudnya secara langsung.

Di zaman modern ini banyak teknologi atau alat untuk membuat sebuah foto contohnya adalah melalui kamera ponsel maupun kamera fotografi untuk mengabadikan setiap momen yang ada. Berbagai kebutuhan foto di zaman modern ini banyak sekali kegunaannya seperti mengabadikan momen, mengabadikan peristiwa, sebagai sarana potret seseorang dan lain sebagainya.

Sebagai contohnya adalah kegunaan foto untuk melamar pekerjaan, tentu dibutuhkan spesifikasi khusus untuk melampirkan foto diri dengan ukuran tertentu atau dengan kata lain mengecilkan ukuran resolusi foto.

Pada kesempatan kali ini kami akan berbagai kepada Anda bagaimana cara mengecilkan ukuran foto dengan mudah untuk berbagai kebutuhan disekitar kita.

 

Cara Mengecilkan Ukuran Foto

Banyak tools atau aplikasi yang bisa Anda gunakan untuk mengecilkan ukuran foto yang Anda miliki. Berbagai aplikasi yang dibutuhkan untuk mengecilkan ukuran foto tersebut mudah didapat secara gratis. Berikut adalah beberapa aplikasi yang bisa digunakan untuk mengecilkan ukuran foto.


Mengecilkan Ukuran Foto dengan Paint

Paint adalah aplikasi bawaaan microsoft windows yang bisa Anda gunakan untuk mengecilkan ukuran foto. Aplikasi sederhana ini dibuat sebagai aplikasi tambahan untuk menggambar secara sederhana di microsoft windows. Selain fungsi untamanya tersebut tidak banyak yang mengetahui aplikasi paint ini juga bisa digunakan untuk mengecilkan ukuran foto.

Cara untuk mengecilkan foto melalui paint sangat mudah dilakukan. Pertama-tama Anda harus mempersiapkan foto yang Anda miliki untuk dikecilkan. Selanjutnya buka aplikasi paint pada program microsoft windows Anda dengan menekan icon windows  -> all program - > accessories -> Paint.

Baca juga Game yang Menghasilkan Uang Menjanjikan


Langkah selanjutnya setelah aplikasi paint terbuka, drag and drop foto tersebut ke layar muka aplikasi paint seperti gambar dibawah ini.

Cara Mengecilkan Ukuran Foto


Contoh gambar diatas merupakan foto bawaan windows dengan ukuran resolusi 1024 x 768 piksel . Untuk mengecilkan ukuran foto Anda cukup menekan icon resize seperti icon yang sudah diblok kotak warna merah pada gambar diatas.

Anda akan ditampilkan halaman untuk mengatur ukuran resolusi piksel pada foto. Pilih piksel seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini. Pada contoh kasus ini kami memberikan ukuran terbaru menjadi 500 x 281 piksel. Tekan tombol ok untuk melanjutkan.

Cara Mengecilkan Ukuran Foto


Setelah ukuran foto Anda kecilkan langkah selanjutnya tinggal merapikan foto Anda dengan cara melakukan crop foto. Untuk melakukannya Anda pilih menu select seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini, kemudian drag and drop lokasi foto yang ingin Anda lakukan cropinng.

Setelah selesai kemudian Anda tekan icon crop yang terletak pada samping kanan menu select tersebut.

 

Cara Mengecilkan Ukuran Foto


Maka hasil dari croping foto akan terlihat seperti pada gambar dibawah ini.

Cara Mengecilkan Ukuran Foto


Langkah selanjutnya adalah Anda tinggal melakukan save as foto yang sudah jadi dengan memilih Menu --> Save As --> JPEG Picture . Kemudian pilih lokasi untuk menyimpan fotonya. Untuk lebih jelasnya Anda bisa simak seperti pada gambar dibawah ini.


Cara Mengecilkan Ukuran Foto

Jika sudah tersimpan maka ukuran resolusi foto serta berat kapasitasnya akan berubah. Yang sebelumnya ukuran  kapasitasnya 762 kb sekarang menjadi 60 kb . Bagaimana mudah bukan cara mengecilkan ukuran foto dengan paint ini ?

 

Mengecilkan Foto Melalui Situs Online

Langkah selanjutnya selain melalui cara diatas untuk mengecilkan ukuran foto Anda bisa melalui situs website online. Banyak situs yang menyediakan untuk mengecilkan ukuran foto secara online yang bisa Anda lalukan kami akan memberikan rujukan beberapa situs untuk  mengecilkan ukuran foto yang bisa Anda gunakan.


1# Cara Mengecilkan Ukuran Foto Melalui Picresize

Untuk melakukan editing rosulusi ukuran foto secara online Anda bisa melalui situs picresize.com . Dalam situ tersebut menyajikan kemudahaan melakukan resize ukuran foto dengan mudah. Caranya Anda kunjungi situs picresize sesuai dengan alamat url diatas.

Cara Mengecilkan Ukuran Foto


Setelah itu Anda cukup memilih foto yang ingin dikecilkan ukurannya melalui fitur menu yang sudah disediakan dengan cara drag and drop. Selanjutnya tinggal menekan tombol lanjut untuk mengedit gambar dan ikuti instruksi selanjutnya.

Cara Mengecilkan Ukuran Foto


Dari halaman diatas Anda dapat melakukan berbagai pengaturan foto yang diinginkan seperti melakukan croping foto, melakukan pemutaran foto dan memilih resolusi foto mau dikecilkan berapa persen nilainya. 

Selain itu juga terdapat fitur untuk membuat efek foto yang lebih menarik sehingga memperlengkap fitur yang diberikan dalam situs picresize ini.

Dengan cara mengecilkan ukuran foto ini Anda dapat dengan mudah melalukan editing resolusi foto tanpa harus melakukan download aplikasi untuk mengecilkan ukuran foto.

 

2# Cara Mengecilkan Ukuran Foto Melalui IloveImg

Cara mengecilkan ukuran foto selanjutnya adalah dengan melalui situs iloveimg.com . Hampir sama caranya dengan cara sebelumnya Anda cukup mengunjungi situs tersebut dan memersiapkan foto yang ingin Anda kecilkan ukurannya.

Cara Mengecilkan Ukuran Foto


Anda cukup melalukan drag and drop foto yang sudah Anda siapkan kemudian situs akan memprosesnya dengan cepat sesuai dengan ukuran yang Anda inginkan. Setelah foto Anda masukan lakukan setting ukuran foto yang di inginkan kemudian lakukan proses untuk melakukan resize gambar.

Cara Mengecilkan Ukuran Foto


Selain itu melalui situs ini juga terdapat fitur lainnya seperti konversi gambar ke dalam bentuk JPEG , compress gambar, cropping gambar dan melakukan editing foto lainnya yang dapat dilakukan dengan mudah melalui online. Terdapat juga pilihan untuk megecilkan foto berdasarkan presentase ukuran foto aslinya.

Tentu dengan kemudahan fitur tersebut dapat Anda manfaatkan secara maksimal untuk melakukan berbagai macam manipulasi ukuran foto yang Anda miliki

Baca juga Cara mengecilkan ukuran foto menjadi 200 kb

 

3# Cara Mengecilkan Ukuran Foto Melalui Adobe Express

Cara meengecilkan ukuran foto terakhir yang bisa Anda lakukan adalah melalui Adobe Express. Situs ini merupakan situs layanan dari perusahaan raksasa Adobe untuk kemudahaan para pengguna foto dalam melakukan resize ukuran foto yang miliki.

Cara untuk melakukan foto melalui Adobe Express ini cukup mudah dilakukan pertama-tama kunjungi situs express.adobe.com/tools/image-resize . Dan siapkan foto yang Anda miliki.

Cara Mengecilkan Ukuran Foto


Langkah selanjutnya adalah upload foto dikolom yang sudah disediakan pada situs tersebut dengan cara drag and drop foto yang Anda miliki.

Cara Mengecilkan Ukuran Foto


Anda bisa melakukan kebutuhan resize foto sesuai dengan yang sudah disediakan dalam situs adobe express. Pilihannya adalah seperti untuk kebutuhan instagram, facebook, twitter, youtube dan lainnya yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan.

Selain pilihan setting ukuran foto diatas Anda juga bisa melakukan setting ukuran custom sesuai dengan kebutuhan ukuran yang Anda miliki. Setelah selesai Anda cukup menekan tombol download untuk melihat hasil akhir foto.

 

Cara Mengecilkan Ukuran Foto
Untuk melakukan resize foto melalui adobe express ini memang tujuan utama dibuat adalah untuk melakukan manipulasi foto untuk kebutuhan sosial media. Fiturnya sangat cocok bagi Anda yang ingin melakukan resize foto untuk kebutuhan sosial media.


Penutup

Ulasan kami diatas merupakan cara mengecilkan ukuran foto sesuai dengan artikel yang Anda cari. Perlu kami rangkum beberapa poin dari teknik cara untuk mengecilkan ukuran foto agar Anda lebih mudah dalam mengingatnya. Dan berikut adalah rangkuman cara mengecilkan ukuran foto diatas.

  1. Mengecilkan ukuran foto melalui aplikasi windows paint.
  2. Mengecilkan ukura foto melalui situs online picresize.
  3. Mengecilkan ukuran foto melalui situs online iloveimg.
  4. Mengecilkan ukuran foto melalui situs online adobe express.

Demikian adalah ulasan kami mengenai cara mengecilkan ukuran foto, semoga ulasan yang kami berikan dapat bermanfaat buat Anda.

 

 

Posting Komentar untuk "Cara Mengecilkan Ukuran Foto dengan Mudah"