Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Blogger Gratis untuk Pemula

 

Cara Membuat Blogger Gratis untuk Pemula - Pada kesempatan artikel kali ini kami akan mengulas secara teknis bagaimana cara membuat blogger secara gratis dan mudah untuk pemula. Sebelumnya sudah kami jelaskan mengenai apa itu blog dan platform apa saja yang bisa digunakan untuk ngeblog serta cakupan pengertian tentang domain hosting.

Agar Anda tidak bingung mengenai langkah cara membuat blogger secara teknis ini, ada baiknya Anda membaca dahulu artikel yang kami ulas sebelumnya dengan judul Cara Membuat Blog Mudah dan Gratis .

Setelah Anda membaca artikel diatas dan memahami tentang fundamental blog, kelanjutannya adalah pembahasan secara teknis untuk mengetahui cara membuat blogger dengan langkah demi langkah.

Platform yang kita gunakan untuk membuat blog kali ini kita menggunakan blogger atau blogspot, seperti yang sudah kami jelaskan pada artikel sebelumnya untuk cara membuat blogger ini Anda harus memiliki email gmail. Ada baiknya Anda mempersiapkan gmail yang sudah login pada browser Anda.

 

Cara Membuat Blogger Pribadi

Cara Bembuat Blogger 1# - Login dan Menentukan Alamat Blog

Cara membuat blogger langkah pertama untuk membuat blog menggunakan blogger Anda bisa mengunjungi situs blogger.com, setelah Anda mengunjungi situs blogger Akan ditampilkan halaman untuk membuat blog seperti dibawah ini.

 

Cara Membuat Blogger

 

Langsung saja cara membuat blogger selanutnya klik tombol buat blog Anda, maka Anda harus masuk menggunakan email gmail yang Anda miliki. Silahkan lanjutkan masuk melalui email yang Anda miliki.

Setelah Anda login melalui email Anda akan di hadapkan untuk mengisi nama blog yang Anda inginkan sebagai judul blog Anda pada contoh kali ini kami memberikan contoh kepada Anda dengan judul blog Info Seputar Pertanian.

Lihat contoh dibawah ini.

 

Cara Membuat Blogger

 

 

Klik selanjutnya untuk melanjutkan, maka Anda akan dihadapkan untuk mengisi url alamat blog sesuai dengan ide menarik Anda. Pada contoh kali ini kita menggunakan url domain ilmutentangtani.blogspot.com , usahakan untuk memilih nama ini tidak lebih dari 3 kata agar mudah diketik dan di ingat.

 

Cara Membuat Blogger

Untuk pemilihan nama ini akan di cek terlebih dahulu uoleh blogger, jika nama sudah tidak tersedia (sudah digunakan orang lain) maka Anda harus mengganti nama url blog tersebut. Klik berikutnya untuk melanjutkan ketahapan selanjutnya.

Selanjutnya untuk informasi nama yang ditampilkan, tuliskan saja judul yang sama dengan nama Info Seputar Tani, kemudian klik Selesai.

Cara Membuat Blogger

 

Setelah selesai dibuat Anda akan ditampilkan pada halaman dasboard blogger seperti dibawah ini.

 

Cara Membuat Blogger

Blog yang kita buat sudah selesai, dan sudah bisa diakses secara online pada alamat ilmutentangtani.blogspot.com , namun pada blog tersebut masih kosong dan tentu kita harus mengisi konten dan pengaturan mengenai menu halaman dan lainnya.

 

Cara Membuat Blogger

 

Cara Membuat Blogger 2# - Mengganti Tema Blogger

Cara membuat blogger selanjutnya jika Anda ingin mengganti tema Anda bisa masuk kemenu tema, dihalaman tersebut terdapat pilihan beberapa tema yang bisa disesuaikan sesuai dengan kebutuhan Anda.

Sebagi informasi buat Anda setiap blog yang dibuat akan menampilkan tampilan template blog secara bawaan, tentu tampilan bawaan ini apa adanya, jika Anda ingin memiliki tampilan yang bagus dan maksimal Anda harus membeli template berbayar yang banyak dijual di internet.

Berikut adalah tampilan halaman pilihan tema.

 

Cara Membuat Blogger

Untuk melakukan pergantian tema Anda tinggal pilih tema yang di inginkan, kemudian klik tombol terapkan. Maka tampilan halaman blog Anda agar berganti. Sebagai contoh kali ini kita menggunakan tema dengan judul Travel Flight.

 

Cara Membuat Blogger

Cara Membuat Blogger 3# - Melakukan Pengaturan Menu Blog

Untuk membuat menu pada blog yang kita miliki ini Anda harus belajar basaha HTML dan CSS untuk kedepannya, kode HTML dan CSS ini berfungsi untuk melakukan edit tampilan pada blog yang kita miliki. HTML dan CSS ini wajib Anda pelajari untuk cara membuat blogger.

Dengan mengetahui kode HTML dan CSS akan lebih mengasah ketarampilan Anda dalam  mengelola blog yang Anda miliki.

Untuk melakukan pengaturan menu Anda bisa masuk kehalaman menu tata letak pada dasboard blogger, selanjutnya kita akan membuat menu pada blog yang kita miliki. Lihat seperti gambar dibawah ini

 

Cara Membuat Blogger

Untuk tema bawaan blogger Travel Flight ini lokasi untuk memasukan kode menu berada pada gadget seluruh kolom seperti yang terlihat pada gambar nomor 2 diatas. Setelah itu Anda pilih piligan gadget HTML/Javascript untuk memasukan kode menu.

Cara Membuat Blogger

 

Setelah Anda memilih kode gadget HTML/Javascript masukan kode menu HTML dibawah ini sebagai contoh untuk blog yang Anda miliki pada kolom kode HTML/Javascript.

<ul>
<li><a href="#">Home</a></li>
<li><a href="#">Info Pertanian</a></li>
<li><a href="#">Contact</a></li>
<li><a href='#'>About me</a></li>
</ul>

Jika sudah Anda masukan kemudian klik simpan untuk melihat hasil blog Anda yang sudah diberi menu pada blog.

 

Cara Membuat Blogger

Menu ini bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan blog yang Anda miliki, pada halaman menu diatas adalah beberapa contoh menu pada blog pertanian yang kita buat. Pada menu diatas jika Anda klik masih tidak memiliki respon karena menu tersebut belum dihubungkan ke antar halaman yang kita tuju.

Untuk menghubungan antar halaman Anda harus membuah halaman postingan tentang Info pertanian, contact, dan about me terlebih dahulu untuk kemudian url link nya Anda copy dan pastekan ke tanda # pada kode menu diatas.

 
Cara Membuat Blogger

Cara Membuat Blogger 4# - Membuat Halaman pada Blogger

Cara membuat blogger selanjutnya adalah membuat halaman pada blogger Anda, carannya Anda masuk kemenu halaman pada dasboard blogger, jika Anda sudah masuk Anda tinggal melakukan klik tombol halaman baru seperti pada gambar dibawah ini.

 

Cara Membuat Blogger

 

Isikan judul dan konten sesuai dengan kebutuhan yang Anda miliki, pada contoh kali ini kita membuat halaman contact dengan contoh konten seperti gambar dibawah ini. Jika sudah selesai lakukan simpan dengan menekan tombol publikasikan pada sisi kanan layar Anda.

Cara Membuat Blogger

 

Lakukan cara yang sama untuk membuat halaman about me, dan berikut adalah data halaman yang sudah kita buat semuanya.

Cara Membuat Blogger

 

Untuk melihat hasil halaman yang Anda buat. Anda tinggal klik icon berlogo mata pada sisi kanan masing-masing judul halaman. Url yang terdapat pada masing-masing halaman nantinya akan kita hubungkan ke menu blog yang sudah kita buat sebelumnya.

 

Cara Membuat Blogger 5# - Membuat Postingan Artikel pada Blogger

Tahapan selanjutnya dalam teknik cara membuat blogger adalah kita akan membuat postingan pada blog, postingan yang kita bahas ini nantinya adalah tentang pertanian dimana url label / kategori pada postingan tersebut akan kita masukan pada menu blog.

Untuk membuat postingan Anda langsung saja masuk ke menu postingan kemudian tekan tombol postingan baru seperti gambar dibawah ini.

 

Cara Membuat Blogger

Pada contoh postingan dibawah adalah artikel fiktif yang kita buat, isikan judul dan konten yang Anda bahas pada halaman ini, yang perlu diperhatikan adalah pemberian label pada artikel ini, label bisa diartikan juga dengan kategori artikel. Pada contoh ini kita memberi label Info Pertanian yang nantinya url nya akan kita masukan ke halaman menu.

Klik publikasikan jika postingan sudah selesai dibuat.

 

Cara Membuat Blogger

Untuk melihat hasilnya, Anda bisa melihat di halaman utama blog dengan alamat blog yang Anda miliki, atau pada contoh kita kali ini bisa dilihat pada url https://ilmutentangtani.blogspot.com/ .

 

Cara Membuat Blogger 6# - Menghubungkan Link Menu Blogger

Setelah kita selesai membuat semua url atau link pada masing-masing halaman, tahapan selanjutnya dalam cara membuat blogger adalah menghubungkan link pada menu. Cara membuat blogger dengan teknik menghubungkan link ini cukup mudah dilakukan, Anda tinggal melakukan copy paste url pada masing-masing halaman dan label pada kode HTML menu yang sudah kita buat diatas.

Dan berikut adalah hasil kode menu HTML terbaru setelah dilakukan perubahan untuk menghubungkan link.

<ul>
<li><a href="https://ilmutentangtani.blogspot.com">Home</a></li>
<li><a href="https://ilmutentangtani.blogspot.com/search/label/Info%20Pertanian">Info Pertanian</a></li>
<li><a href="https://ilmutentangtani.blogspot.com/p/contact.html">Contact</a></li>
<li><a href='https://ilmutentangtani.blogspot.com/p/about-me.html'>About me</a></li>
</ul>

 

Lakukan copy paste kode HTML diatas pada menu tata letak, dan lakukan edit data cutstom HTML/Javascript yang telah kita buat sebelumnya, laku lakukan simpan kode tersebut. Setelah Anda simpan maka link menu sudah aktif dan untuk menguji cobanya Anda bisa melakukan klik pada masingg-masing menu yang sudah dibuat.

Berikut adalah hasil akhir tampilan blog pribadi kita yang sudah dibuat.

 

Cara Membuat Blogger

Dari penjalasan kami dari awal sampai titik ini sangat mudah bukan cara membuat blogger ini ?

Demikian adalah penjelasan singkat mengenai cara membuat blogger dengan mudah dan gratis, semoga bermanfaat buat Anda.

 

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Blogger Gratis untuk Pemula"