Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Screenshot Laptop dengan Mudah

Cara Screenshot Laptop dengan Mudah - Bagi Anda yang sering bekerja dengan menggunakan laptop atau PC tentu harus menguasai berbagai teknik pengoperasionalan laptop secara dasar. Setidaknya pengguna laptop harus terbisa dengan tools yang tersedia dimasing-masing sistem operasi yang digunakan pada laptop tersebut.

Salah satu kebutuhan yang sering digunakan dalam pengoperasionalan laptop adalah melakukan screenshot layar untuk kebutuhan laporan atau lainnya. Hasil tangkapan screenshoot layar ini nantinya berupa file gambar yang dapat digunakan untuk berbagai macam kebutuhan salah satunya untuk membuat laporan atau hanya untuk sekedar berbagi kepada teman.

Fitur screenshot sendiri sudah ada dalam bawaan laptop atau PC yang Anda miliki, namun banyak orang yang belum mengetahui bagaimana cara mengoperasikan layar screenshot tersebut untuk berbagai keperluan.

Pada kesempatan ulasan artikel kali ini kami akan berbagi kepada Anda bagaimana cara screenshot laptop dengan mudah menggunakan beberapa cara, simak ulasan kami selanjutnya.

 

Cara Screenshot Laptop

Pada umumnya sistem operasi pada laptop yang sering digunakan adalah sistem operasi milik windows seperti windows 7, windows 8, windows 10 dan windows 11. Didalam sistem operasi windows tersebut pada dasarnya memliki cara kerja yang sama untuk melakukan screenshot pada layar laptop. Berikut kami ulas beberpa teknik untuk melakukan screenshot laptop.

 

Screenshot Laptop dengan Tombol FN + PrintScreen

Cara yang pertama ini adalah cari yang paling mudah untuk dilakukan karena sudah tersedia pada keyboard laptop untuk melakukan screenshot pada layar laptop Anda. Untuk melakukan proses screenshot dengan memanfaatkan tombol printcreen Anda harus menekan bersamaan dengan tombol FN (function) pada keyboard.

 

Siapkan layar yang ingin Anda lakukan screenshot pada laptop, setelah Anda siapkan layarnya kemudian tekan tombol FN dan Print Scr (FN + Print Scr atau Prtsc sysrq ) secara bersamaan.

 

cara screenshot laptop

 

Untuk melakukan paste Anda bisa menggunakan Microsoft Word atau Paint bawaan windows. Buka Windows -> all program --> accessoris -> Paint .

Kemudian lakukan paste dengan menekan tombol ctrl + v pada halaman paint.

 

cara screenshot laptop

Setelah itu Anda tinggal melakukan croping sesuai dengan kebutuhan gambar layar yang diinginkan, kemudian simpan dalam format JPEG atau PNG pada aplikasi paint. 

 

cara screenshot laptop

Bagaimana mudah bukan cara yang kami berikan ini ?

 

Menggunakan Tombol ALT + PrintScreen

Selain menggunakan teknik diatas, Anda bisa juga menggunakan dengan memanfaatkan tombol ALT + Print Scr (PrintScreen ). Langkahnya sama dengan cara diatas Anda tinggal melakukan tekan tombol secara bersamaan lalu menggunakan aplikasi Paint untuk melakuan paste dan simpan kedalam bentuk gambar.

Untuk cara Screenshot yang satu ini tidak bisa digunakan untuk seluruh laptop, hanya beberpa laptop saja yang kompatibel dengan sara ini.

 

Menggunakan Tombol Windows + PrintScreen

Cara ini juga bisa Anda lakukan untuk melakukan screenshot pada layar laptop yang Anda miliki, caranya sama dengan langkah pertama yang sudah kami ulas, Anda tinggal menekan tombol berlogo windows pada keyboard yang Anda miliki secara bersamaan menekan tombol printscreen (Logo Windows + Prnt Scr ),

Setelah layar Laptop yang Anda miliki berkedip satu kali artinya proses screenshot sudah dilakukan. Untuk melihat hasilnya Anda bisa melihat pada windows explorer pada direktori C:\Users\nama_user\Pictures\Screenshots.

 

cara screenshot laptop

Menggunakan tombol Windows + Volume Down

Cara screenshot satu ini juga dapat Anda lakukan dengan mudah, hampir sama dengan cara menggunakan windows + prnt scr cara menggunakan screenshot dengan cara ini Anda tinggal menekan tombol Windows + Volumen Down dengan cara bersamaan.

Untuk hasilnya screenshot yang sudah dilakukan Anda tinggal melihat pada folder screenshot yang terdapat pada windows explorer.

 

Cara Screenshot Laptop Menggunakan Tools

Cara yang terakhir ini adalah cara yang membutuhkan proses panjang untuk melakukannya, Anda bisa menggunakan tool pihak ketiga untuk melakukan screenshot . Banyak tool yang tersedia di internet yang bisa Anda gunakan.

Beberapa rekomendasi tools yang bisa Anda gunakan untuk melakukan screenshot layar pada laptop Anda seperti Screenrec, Greenshot dan Lightshot. Tentu masih banyak lagi tools yang bisa Anda gunakan selain yang kami sebutkan tadi.

Demikian adalah tips cara dari kami untuk melakukan screenshot laptop yang bisa Anda praktekan sesuai dengan berbagai keperluan. Semoga bermanfaat.

 

Posting Komentar untuk "Cara Screenshot Laptop dengan Mudah"